Kesehatan Seksual

Hati-Hati, Ini Penyebab Sakit Kepala dan Mual setelah Berhubungan Seksual!

March 18, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ketika berhubungan seks, kamu dapat merasakan banyak hal seperti tubuh jadi lebih rileks, merasa puas, berkeringat, dan terkadang lapar. Namun, ada juga beberapa orang justru merasakan kepala pusing dan mual setelah berhubungan seksual. Lalu apa penyebabnya? Simak penjelasannya yuk. 

Penyebab sakit kepala dan mual setelah berhubungan seksual 

Mual setelah berhubungan seks bisa jadi akibat kondisi medis akut dan kronis. Begitu juga dengan sakit kepala yang mendadak muncul setelah berhubungan seksual hal itu dapat menandakan adanya hal serius. 

Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala dan mual setelah berhubungan seksual seperti dilansir dari laman Healthline

Dehidrasi

Dehidrasi terjadi jika tubuh tidak mendapatkan cukup air. Tubuh hampir 60 persen terdiri dari air. Kamu membutuhkan air untuk pernapasan, pencernaan, dan setiap fungsi dasar tubuh. Kamu juga bisa kehilangan air dengan cepat karena terlalu banyak berkeringat saat berhubungan seksual. 

Vertigo

Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) adalah salah satu vertigo yang dapat terjadi saat kamu mengubah posisi kepala, misalnya dari berbaring ke duduk. Umumnya kondisi vertigo seperti ini hanya berlangsung beberapa menit, tapi kemudian dapat datang dan pergi.

Sinkop vasovagal

Ketika seseorang merasa mual setelah berhubungan seks, kondisi tersebut mungkin mengalami episode sinkop vasovagal. Hal ini bisa terjadi ketika pasangan melakukan penetrasi sangat dalam, mengenai leher rahim. Leher rahim memiliki banyak ujung saraf yang dapat memicu respons vasovagal.

Respons vasovagal adalah saat tubuh menstimulasi saraf vagus. Kondisi ini kemudian menghasilkan detak jantung dan tekanan darah yang lebih rendah, dan dapat menyebabkan kamu merasa mual. 

Episode vasovagal biasanya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika sering mengalami episode ini saat berhubungan seks, sangat disarankan untuk meminta pasangan melakukan penetrasi yang tidak terlalu dalam di lain waktu.

Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan yang mirip dengan jaringan yang membentuk lapisan rahim tumbuh di luar rongga rahim. Hasilnya bisa berupa kram, perdarahan, dan nyeri saat berhubungan seks. 

Beberapa orang dengan kondisi ini juga akan merasakan mual karena rasa sakit atau ketidaknyamanan setelah berhubungan seks saat mereka mengalami endometriosis.

Reaksi alergi

Meskipun penyebab yang satu ini jarang terjadi, tetapi ada kemungkinan kamu mengalami reaksi alergi terhadap air mani pasangan atau beberapa komponen di dalamnya.

Selain mual, tanda reaksi alergi terhadap air mani antara lain:

  • Kelelahan
  • Kulit gatal, terutama di dalam atau di sekitar titik kontak
  • Sesak napas mulai dari yang ringan sampai yang berat
  • Pembengkakan kelamin.

Sindrom penyakit pascaorgasme

Post orgasmic illness syndrome (POIS) adalah kondisi medis yang paling sering menyerang pria, tetapi dapat terjadi pada sebagian kecil wanita, menurut penjelasan dari jurnal Translational Andrology and Urology:

Kondisi tersebut menyebabkan seseorang mengalami gejala segera setelah ejakulasi atau mengalami orgasme. Gejala-gejala tersebut antara lain: 

  • Penglihatan kabur
  • Kelelahan ekstrem
  • Demam
  • Perubahan mood
  • Nyeri otot 
  • Masalah berkonsentrasi.

Beberapa orang dengan sindrom penyakit pascaorgasme ini merasa seperti terserang flu segera setelah orgasme, dan itu terkadang dapat menyebabkan mual.

Kecemasan

Terkadang penyebab mual setelah berhubungan seks bukan karena fisik. Kecemasan dan kegugupan saat berhubungan seksual dapat menyebabkan perasaan mual dan sakit perut.

Terkadang, kamu merasa tidak nyaman saat berhubungan seks dengan pasangan, dan hal ini semua dapat memicu tubuh menjadi mual.

Baca juga: Takut atau Fobia Berhubungan Seksual? Mungkin Ini Penyebabnya!

Sexual aversion disorder

Ada juga kondisi yang disebut dokter sebagai sexual aversion disorder atau enggan untuk berhubungan seksual. Ini adalah kondisi kesehatan mental di mana seseorang mengalami perasaan cemas dan takut yang parah terkait dengan seks. Pria dan wanita sama-sama bisa mengalami kondisi ini.

Seks dimaksudkan untuk membuat kamu merasa lebih baik. Jika ternyata sebaliknya, mungkin inilah saatnya untuk berbicara dengan ahli kesehatan mental atau dokter. Sekalipun merasa malu, jangan biarkan emosi itu menghalangi kamu mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Cara mengatasi sakit kepala dan mual setelah berhubungan seksual 

Minum air putih 

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit kepala dan mual setelah berhubungan seksual, oleh sebab itu pastikan kamu minum cukup air demi memenuhi kebutuhan tubuh dan terhindar dari dehidrasi setelah berhubungan seksual.

Berbaring 

Ketika tetap memaksakan diri untuk berhubungan seksual saat mengalami pusing atau mual justru akan membuat kondisi semakin parah.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk beristirahat dengan berbaring atau bersandar sambil duduk jika kamu merasakan pusing atau mual. Usahakan agar posisi kepala lebih tinggi dari bagian tubuh lain.

Namun apabila dengan cara tersebut keluhan pusing yang disertai mual tidak kunjung membaik, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti keluhan yang kamu alami, dan dapat mendapatkan perawatan yang tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius. 

Baca Juga: Sulit Terangsang sebelum Berhubungan Seksual? Jangan Diabaikan dan Cari Tahu Penyebabnya!

Cara mencegah agar tidak sakit kepala dan mual setelah berhubungan seksual 

Pastikan tubuh tetap terhidrasi 

Disarankan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 hingga 9 gelas setiap hari. Dengan melakukannya, diharapkan keluhan pusing yang disertai mual bisa dicegah.

Lakukan hubungan seksual dengan lembut 

Pastikan penetrasi seksual tidak terlalu sulit. Ini mencakup penggunaan jari, penetrasi penis ke vagina dan segala bentuk penetrasi vagina. Selain itu, pastikan posisi yang kamu coba tidak terasa terlalu dipaksakan.

Kamu juga bisa membicarakan hal ini dengan pasangan sebelum berhubungan seksual agar terhindar dari rasa mual dan sakit kepala.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 17 Maret 2021. What Causes Nausea After Sex?
  2. Healthline.com (2019) diakses pada 17 Maret 2021. What Causes Dizziness After Sex?
  3. Marieclaire.co.uk (2021) diakses pada 17 Maret 2021. Feeling sick after sex? Doctors say it’s a symptom you really shouldn’t ignore 
    register-docotr