Puasa

Penting! Begini Cara Tepat Menggunakan Obat Kumur Saat Puasa

April 28, 2020 | Nik Nik Fadlah
no-image

Penggunaan obat kumur saat puasa masih sering dipertanyakan oleh sebagian orang. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa hal yang diperbolehkan dan dilarang saat kita menjalani ibadah puasa.

Obat kumur sendiri sejatinya merupakan cairan pembersih mulut yang biasanya kita gunakan agar napas kita menjadi lebih segar.

Namun, sudah tahukah kamu apa saja yang harus dilakukan dan dihindari dalam menggunakan obat kumur saat berpuasa? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Bolehkah menggunakan obat kumur saat puasa?

Ketika berpuasa, tak jarang mulut kita mengeluarkan aroma yang tidak sedap, meskipun kita sudah menggosok gigi. Lalu, apa penyebab hal tersebut?

Dokter gigi Omar Aldaoudi dari Dr. Michael’s Dental Clinic, Dubai, menjelaskan bahwa penyebab bau mulut adalah berkurangnya intensitas air liur di dalam mulut.

Ia mengatakan bahwa air liur memiliki peranan yang penting dalam melindungi mulut serta mengurangi pertumbuhan bakteri.

“Berkurangnya aliran air liur saat berpuasa adalah alasan utama bau mulut. Setelah iftar atau berbuka puasa, kelenjar air liur akan terstimulasi dan produksi air liur menjadi normal lagi,” kata Aldaoudi.

Oleh karena itu, saat berbuka puasa aroma tidak sedap dari mulut dapat menghilang. Hal ini terjadi karena kelenjar air liur kembali memproduksi air liur saat kita makan dan minum setelah berbuka puasa.

Untuk menghindari terjadinya bau mulut orang-orang biasanya menggunakan obat kumur. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah obat kumur diperbolehkan saat puasa?

Hukum menggunakan obat kumur sendiri sebenarnya sama saja dengan hukum menggunakan sikat gigi. Dokter gigi merekomendasikan untuk mencuci mulut dengan menggunakan air atau obat kumur.

Mereka menjelaskan bahwa, secara teknik menggunakan obat kumur tidak akan membatalkan puasa selama kamu tidak menelan cairan dari obat kumur itu sendiri.

Ada beberapa obat kumur yang mengandung antiseptik dan memiliki rasa yang kuat. Menggunakan obat kumur jenis ini pun sama saja tidak akan membatalkan puasa selama kamu tidak menelannya.

Anjuran menggunakan obat kumur saat puasa

Eits, meskipun obat kumur boleh digunakan saat berpuasa, namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih dalam menggunakan obat kumur saat berpuasa, apa saja itu?

Yang harus dilakukan

1. Pilihlah obat kumur yang tepat

Memilih obat kumur yang tepat akan membuatmu mendapatkan manfaat dari obat kumur itu sendiri.

Larutan antiseptic yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan mulut adalah larutan Povidone-Iodine 1%, larutan ini merupakan zat anti mikroba yang memiliki yang memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan mulut dan tidak menimbulkan resistensi.

Dr. Melly Sulastri menjelaskan bahwa Povidone-Iodine terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri dan virus sebesar 99,4% dengan waktu yang singkat dan efektifitas yang tinggi.

Oleh karenanya, jika kamu ingin mendapatkan manfaat maksimal dari obat kumur, kamu dapat memilih menggunakan obat kumur yang mengandung larutan Povidone-Iodine 1%.

2. Perhatikan pemakaian obat kumur dengan benar

Penggunaan obat kumur juga harus diperhatikan dan tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya. Sebaiknya, bersihkan gigi dengan menggunakan sikat dan benang gigi sebelum menggunakan obat kumur.

Hal tersebut digunakan agar plak yang terdapat di gigi bisa terangkat, sehingga memudahkan obat kumur dalam melakukan tugasnya.

Kemudian langkah selanjutnya adalah berkumur selama 30-60 detik, upaya ini dilakukan untuk membunuh bakteri yang bersembunyi di dalam mulut.

Yang harus dihindari

1. Jangan terlalu sering menggunakan obat mulut

Penggunaan obat kumur yang terlalu sering sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu pertumbuhan jamur dan kekeringan.

Dr. drg, Rina Permatasari, Sp.KG, menyarankan untuk menggunakan obat kumur dua kali dalam seminggu agar terhindar dari masalah kekeringan mulut serta kandungan yang dapat merugikan gigi tidak menempel terlalu lama di permukaan gigi.

Tak hanya itu saja, ia juga lebih menyarankan untuk menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi dan melakukan flossing.

2. Jangan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol

Jenis-jenis obat kumur yang dijual dipasaran sangat beragam, sebaiknya pada saat berpuasa janganlah memilih obat kumur yang mengandung alkohol, karena hal tersebut dapat menyebabkan aroma mulut yang semakin tidak sedap.

“Larutan kumur yang beralkohol itu malah mempercepat pengeringan mulut dan karena itu, aroma mulut pun akan semakin tidak sedap. Jadi, kalau terbiasa dengan kumur-kumur, pilih saja cairan yang tak beralkohol, atau kalau memang adanya yang beralkohol.” kata dokter gigi Felice Kin Lie.

Menjaga kesehatan mulut saat berpuasa memang penting. Tak hanya untuk mengurangi bau yang tidak sedap di dalam mulut, obat kumur pun juga dapat menghilangkan plak pada gigi. Tapi kamu harus tetap memperhatikan anjuran obat kumur yang benar ya agar puasamu tidak batal.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Khaleej Times. Diakses pada tanggal 22 April 2020. How to Maintain Oral Hygiene Whilst Fasting

Bustle. Diakses pada tanggal 22 April 2020. How to Use Mouthwash Properly, According to Science

 

    Berita Terkait
    register-docotr