Puasa

Menu Sahur Sehat yang Bikin Lebih Lama Kenyang Selama Puasa!

April 19, 2021 | Nanda Hadiyanti
feature image

Sahur adalah salah satu waktu makan yang harus dipergunakan dengan baik selama menjalankan puasa di bulan Ramadan. Menu sahur sehat perlu kamu perhatikan agar tubuh tetap fit beraktivitas walau sedang berpuasa. 

Agar tidak salah pilih menu, yuk intip apa saja sih sebetulnya yang sebaiknya dikonsumsi. Sekaligus mencari tahu makanan seperti apa yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam menu sahur yang sehat selama puasa. 

Makan sahur penting selama puasa Ramadan

Sebelum lebih lanjut membahas tentang menu sahur sehat, sedikit mengingatkan bahwa sahur adalah salah satu waktu makan yang penting dilakukan di sepanjang Ramadan.

Usahakan untuk tidak melewatkannya. Walaupun pastinya sebagian orang susah bangun lebih awal untuk makan atau terasa sulit sahur karena tidak memiliki nafsu makan. 

Tetapi jika kamu melewatkan makan sahur, dapat memengaruhi energimu selama satu hari penuh. Cobalah untuk makan sehat, agar kondisi tubuh tetap terjaga. 

Pentingnya menu sahur sehat

Pentingnya memilih menu sahur sehat. Jangan sampai kamu salah memilih makanan.

Menu sahur sehat adalah sejumlah makanan yang dapat memberikanmu kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga mampu memberikan rasa kenyang yang cukup panjang, agar kamu bisa bertahan hingga berbuka puasa.

Sayangnya, karena alasan mengantuk dan tidak nafsu makan, kamu jadi terpaksa makan sahur seadanya. Misalnya hanya mengonsumsi karbohidrat sederhana, seperti roti.

Padahal, karbohidrat sederhana seperti roti tidak akan membuatmu kenyang dalam waktu yang lama. Seperti yang diungkapkan seorang ahli sekaligus penulis buku ‘The Healthy Ramadan Guide‘, Nazima Qureshi, RD, MPH.

“Seringnya orang beralih ke karbohidrat sederhana untuk makan pagi,” kata Qureshi. “Tapi karbohidrat sederhana tidak memberikan energi jangka panjang,” lanjutnya lagi, dilansir dari Healthline.

Lalu seperti apa yang termasuk menu sahur sehat? 

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu pilih dan kamu masukkan ke dalam menu sahur selama bulan puasa. 

Makanan kaya akan serat

Menu dari makanan kaya serat akan membantumu merasa kenyang lebih lama. Karena serat dapat memperlambat pengosongan lambung dan meningkatkan waktu pencernaan. 

Selain itu serat juga baik untuk pencernaan dan membantu melawan sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah. 

Berikut beberapa makanan kaya serat yang bisa kamu konsumsi di waktu sahur. 

  • Oat
  • Quinoa
  • Kacang merah
  • Kacang polong
  • Lentil
  • Kale
  • Bayam
  • Brokoli
  • Kubis brussel
  • Wortel
  • Pisang
  • Apel
  • Raspberry
  • Stroberi
  • Pir
  • Biji chia.

Menu sahur sehat yakni makanan tinggi protein

Protein adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu studi menunjukkan bahwa protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan. 

Makanan tinggi protein cocok dikonsumsi saat sahur, untuk membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Berikut yang termasuk makanan tinggi protein yang bisa kamu masukkan ke dalam menu sahur harianmu:

  • Telur
  • Dada ayam
  • Oat
  • Keju cottage
  • Yoghurt
  • Susu
  • Brokoli
  • Daging sapi tanpa lemak
  • Ikan tuna
  • Quinoa
  • Ikan
  • Udang.

Makanan yang mengandung banyak air

Makanan yang mengandung banyak air dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Mengingat kamu akan tetap beraktivitas walau sedang puasa, penting untuk menjaga cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. 

Mengonsumsi makanan kaya air akan membantu menyediakan cairan untuk tubuh. Karenanya makanan kaya air perlu dimasukkan ke dalam menu sahur sehat selama bulan Ramadan. 

Berikut daftar makanan dengan kandungan air yang tinggi yang bisa kamu konsumsi di waktu sahur.

  • Blewah
  • Stroberi
  • Semangka
  • Jeruk
  • Mentimun
  • Selada
  • Kaldu dan sup
  • Zucchini
  • Seledri
  • Yoghurt tanpa rasa
  • Tomat
  • Paprika
  • Kembang kol
  • Kol.

Makanan yang sebaiknya dihindari untuk sahur

Menurut situs sehatnegeriku.kemkes.go.id, makanan yang harus dihindari saat sahur adalah yang mengandung banyak garam. Alasannya, makanan asin atau tinggi kandungan garamnya, dapat mempercepat keluarnya cairan tubuh. 

Jika cairan tubuh tidak terjaga seharian penuh, kamu bisa kekurangan cairan. Itu juga sebabnya di saat sahur bukan hanya cukup minum tetapi konsumsi juga makanan yang mengandung banyak air, untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa. 

Selain memilih menu sahur yang sehat dan menghindari makanan tinggi garam, jangan lupa untuk minum air yang cukup ya. Demikian informasi tentang menu sahur sehat untuk mendukung kesehatanmu selama berpuasa. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 15 April 2021
Practical Tips to Safely Fast During Ramadan
Healthline, diakses 15 April 2021
15 Foods That Are Incredibly Filling
Healthline, diakses 15 April 2021
19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated
Healthline, diakses 15 April 2021
20 Delicious High Protein Foods
Sehat Negeriku, diakses 15 April 2021
Sahur Sehat

    register-docotr