Puasa

Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Organ Tubuh

April 29, 2020 | Nanda Hadiyanti
no-image

Tahukah kamu jika berpuasa memiliki banyak manfaat? Ya, berpuasa tak sekadar menjalankan ibadah, lho. Apa saja manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh?

Selain baik bagi kesehatan pencernaan, puasa juga membantu menyehatkan psikis. Kamu jadi lebih belajar sabar dan melatih emosi. Yuk intip informasi lengkapnya berikut ini!

Manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh

1. Manfaat bagi otak

Puasa dapat melindungi sel-sel pada otak. (Foto: Shutterstock)

Melakukan puasa telah terbukti meningkatkan fungsi otak. Di mana dengan berpuasa dapat memproduksi protein bernama brain-derived neurotrophic factor (BDNF). 

Secara singkat, BDNF ini dapat memacu peningkatan kesehatan saraf. Selain itu protein tersebut juga dapat melindungi sel-sel otak

Sel-sel otak akan lebih terlindungi dari dampak yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Alzheimer adalah jenis demensia yang menyebabkan masalah dengan ingatan, pemikiran dan perilaku.

Gejala Alzheimer biasanya berkembang perlahan, kemudian bertambah buruk seiring waktu. Ketika sudah mencapai tahap yang parah akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Sedangkan Parkinson adalah gangguan otak yang mengarah pada gerakan tubuh dan kesulitan berjalan, keseimbangan, dan koordinasi.

2. Manfaat bagi liver dan ginjal

Puasa dapat menjaga fungsi organ tetap baik untuk tubuh. (Foto: Shutterstock)

Lemak berlebih dalam tubuh manusia biasanya akan menumpuk di sekitar organ seperti liver dan ginjal. Ini bisa berakibat terganggunya fungsi organ tersebut. 

Dengan berpuasa tubuh akan mengalami ketosis, atau yang biasa disebut sebagai pembakaran lemak cadangan atau lemak berlebih. 

Ketosis ini akan meningkatkan metabolisme lemak pada manusia, serta melindungi fungsi organ dalam tubuh.

Namun, jika ingin melakukan puasa khusus untuk mengurangi lemak dalam tubuh, ada baiknya konsultasikan kepada dokter dulu, ya. 

3. Manfaat bagi jantung

Puasa berkaitan dengan menurunkan faktor resiko penyebab penyakit kardiovaskular. (Foto: Shutterstock)

Berpuasa dapat berkaitan dengan kardiovaskular. Kardiovaskular merupakan gangguan kesehatan yang melibatkan fungsi jantung dan pembuluh darah.

Berpuasa secara teratur dapat dikaitkan dengan metabolisme kolesterol dan gila. Salah satunya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Dengan begitu ini dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan dan diabetes. Di mana keduanya merupakan faktor penyebab resiko penyakit kardiovaskular. 

4. Manfaat bagi usus

Organ yang ada di sistem pencernaan dapat mengatur proses kerja saat manusia menjalankan puasa. (Foto: Shutterstock)

Pernahkah kamu berpikir jika puasa ternyata adalah waktunya organ tubuh untuk beristirahat? Misalnya, untuk organ yang ada di sistem pencernaan, seperti usus. 

Dengan berpuasa dapat mengatur proses kerja pencernaan dan meningkatkan fungsi usus yang sehat. Sehingga dapat meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh manusia.

5. Manfaat bagi organ dalam sistem imun

Ternyata ada manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh yang bisa lebih spesifik, yaitu manfaat meningkatkan kekebalan tubuh, yang diperlukan bagi penderita kanker

Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa puasa yang serupa dengan diet, ketika dilakukan bersama dengan obat kemoterapi berdampak positif. 

Hasilnya dapat meningkatkan kadar sel sumsum tulang. Ini akan membantu adanya sel sistem kekebalan dan memuat sel kanker kelaparan. 

Di luar itu dengan berpuasa ternyata dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang terjadi akibat radikal bebas. 

Nah, khusus bagi wanita ada lagi manfaat sehat dari berpuasa. Salah satunya yakni menurunkan gula darah, di mana hal tersebut berkaitan dengan kandungan kolagen yang akan menjaga kecantikan kulit kamu. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org diakses 22 April 2020 Fasting diet: Can it improve my heart health?
  2. Healthline.com diakses 22 April 2020 8 Health Benefits of Fasting, Backed by Science
  3. Globalhealing.com diakses pada 22 April 2020 20 Health Benefits of Fasting for Whole Body Wellness
    Berita Terkait
    register-docotr