Diet dan Nutrisi

Yuk Mulai Terapkan 4 Pola Makan untuk Mencegah Kanker

April 29, 2020 | Santi Andriani | dr Heru Tri Purwanto
feature image

Beberapa makanan ada yang bisa menjadi pemicu kanker. Karenanya sedini mungkin kamu harus mulai menerapkan pola makan untuk mencegah kanker. Seperti diketahui risiko kanker bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Sebelum masuk ke jenis makanannya, bahasan soal pola makan juga tidak kalah penting. 

Baca Juga: Enak Tapi 5 Makanan Ini Pemicu Hipertensi, Yuk Mulai Hindari

Pola makan baik versus pola makan tidak baik

pola makan untuk mencegah kanker
Mencegah kanker, kamu harus memerhatikan pola makan. Foto: https://www.shutterstock.com

Secara umum ada dua golongan pola makan yang bisa dijabarkan. 

  1. Pola makan yang baik adalah mengonsumsi makanan yang bersumber dari sayuran, buah, ikan, ayam, susu rendah lemak, dan sumber serat penuh.
  1. Kedua, pola makan tidak baik yang biasanya tidak disadari malah menjadi kebiasaan. 

Pola makan ini biasanya lebih banyak mengonsumsi daging merah, makanan atau daging yang diolah, gula fermentasi, kentang, makanan manis, makanan tinggi lemak, minuman beralkohol dan sejenisnya.

Pola makan tidak baik inilah yang bisa meningkatkan risiko kanker. Makan dengan baik dan sehat seharusnya menjadi kebiasaan harian.

Pola makan untuk mencegah kanker 

Jika kamu sudah terbiasa makan tidak sehat, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mulai mengubah pola makan. Berikut pola makan untuk mencegah kanker.

 1. Pilih jumlah makanan dan minuman yang bisa mempertahankan atau mendapatkan berat badan ideal

Selama ini kamu cuek dengan label kandungan nutrisi makanan, padahal hal ini bisa menentukan asupan vitamin hingga kalori harian. Coba perhatikan lagi label kandungan nutrisi makanan, ketahui juga bahwa label “Rendah Lemak” atau “Tidak Berlemak” tidak selalu berarti rendah kalori.

Kamu selalu bisa mengontrol porsi makan, jadi cobalah konsumsi makanan berkalori tinggi dalam porsi kecil. Pilih sayuran, buah utuh, kacang polong, dan kacangan – kacangan. Hindari makanan yang padat kalori seperti kentang goreng, es krim, donat, dan lainnya.

Nah, hal yang satu ini mungkin luput dari perhatian kamu. Cobalah untuk membatasi asupan minuman manis seperti minuman bersoda, minuman olahraga, dan minuman rasa buah. Selain itu saat harus makan di luar, ingatlah untuk memilih makanan rendah kalori, lemak, gula, dan makan dalam porsi besar.

2. Batasi jumlah daging olahan dan daging merah

pola makam mencegah kanker
Hindari daging untuk mencegah kanker. Foto: https://pixabay.com

Kurangi asupan daging olahan seperti bacon, sosis, kornet, dan jenis lainnya. Berbagai makanan yang terbuat dari tepung murni dan berasa manis atau dari daging yang diproses secara berlebihan meningkatkan faktor risiko kanker prostat, kanker kolorektal, dan kanker pankreas. 

Makanan yang diasap dan diasamkan dalam bentuk acar juga meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung.

3. Pilih biji – bijian daripada produk biji olahan

Selalu pilih produk biji – bijian asli daripada produk biji olahan misalnya pasta. Kamu juga bisa mengganti nasi putih menjadi nasi merah yang lebih tinggi serat.

Batasi asupan makanan karbohidrat olahan seperti kue kering, permen, sereal, dan makanan tinggi gula lainnya.

Baca Juga: 7 Langkah Mengatasi Flu saat Musim Hujan, Nomor 6 Paling Nikmat

4. Pola makan untuk mencegah kanker, batasi minuman beralkohol

pola makan untuk mencegah kanker
Hindari alkohol. Foto: https://www.shutterstock.com

Kamu yang terbiasa mengonsumsi alkohol juga harus membatasi untuk mengurangi risiko kanker. Sebaiknya konsumsi 2 kali per hari untuk pria dan 1 kali per hari untuk wanita. 

Khusus untuk wanita disarankan  mengonsumsi alkohol dengan porsi yang lebih kecil karena ukuran tubuh. Ketahuilah minuman beralkohol berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.

Setelah mendapat informasi tentang pola makan untuk mencegah kanker, apakah kamu siap mengubah pola makan yang sebelumnya tidak baik menjadi baik? Yuk mulai cintai kesehatan tubuh untuk jangka panjang, ketimbang kenikmatan lidah yang mungkin hanya untuk sececap dua cecap.

“Tanyakan masalah seputar kanker pada dokter profesional di Good Doctor, tanya langsung sekarang! Yuk, langsung beli vitamin untuk mengurangi risiko kanker, beli vitamin hari ini di sini!”

Reference

Medical Content and News Staff | American Cancer Society. Reduce Your Cancer Risk (2020). Diakses 22 Januari 2020.

Kementrian Kesehatan RI. Pedoman Teknis Pelayanan Paliatif Kanker. 2013.

Eva. Fitriyaningsih, Nurliana, Ummu Balqis. Hubungan Pola Makan dengan Kanker Payudara. Department of Veterinary Public Health, Syiah Kuala University, Banda Aceh. 2014.

    register-docotr