Kesehatan Pria

Ternyata Segini Lho Ukuran Penis Normal Orang Indonesia!

March 24, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ukuran penis terkadang menjadi hal paling penting bagi laki-laki, karena menunjukkan simbol kejantanan. Oleh sebab itu, fakta tentang penis pun bukanlah hal yang sepele bagi pria. Namun sebenarnya berapa ukuran penis normal untuk orang Indonesia? 

Seberapa penting ukuran penis untuk pria?

Banyak orang mengalami kecemasan tentang apakah penis mereka cukup besar dan apakah itu akan memuaskan pasangan seksualnya. Hal ini dapat memengaruhi kepercayaan diri dan citra diri seseorang. Namun, seringkali ketakutan ini tidak berdasar.

Sebuah artikel penelitian di 2019 mencatat bahwa kebanyakan pria percaya panjang rata-rata penis yang ereksi adalah sekitar 15,2 sentimeter (cm). Namun, fakta rata-rata yang ada jauh lebih kecil.

Meskipun ukurannya sangat bervariasi, panjang rata-rata mungkin 12,9–13,97 cm, dan kemungkinan besar mendekati ujung yang lebih kecil dari skala ini. Meskipun hasilnya sedikit berbeda, sebagian besar penelitian memperkirakan rata-rata berada dalam kisaran tersebut.

Berapa ukuran penis normal untuk orang Indonesia? 

Sebuah penghimpun data TargetMap, merilis peta ukuran penis di seluruh dunia. Ukuran panjang penis tersebut diukur saat keadaan sedang ereksi, yang diambil rentang rata-ratanya dan dibagi dalam kategori berikut ini:

Ukuran terbesar pertama

Ukuran penis terbesar dengan rentang 16,1 hingga 17,9 cm yaitu pria dari negara-negara di Benua Afrika dan Amerika, seperti Ghana, Gabon, Nigeria, dan Haiti. 

Ukuran terbesar kedua 

Posisi kedua yang memiliki ukuran penis terbesar dengan rentang 14,7 hingga 16,1 cm yaitu pria dari negara Australia, Italia, Norwegia, Meksiko, dan Afrika Selatan. 

Ukuran sedang 

Memiliki ukuran penis dengan rentang 12,9 hingga 14,7 cm diisi oleh Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris, dan Spanyol. 

Ukuran mendekati terkecil 

Memiliki ukuran dengan rentang 10,5 hingga 12,9 cm yaitu pria dari Indonesia Rusia, Jepang, Brasil, dan Yunani. 

Diketahui juga bahwa dari 88 negara yang dijadikan sampel, ukuran penis orang Indonesia menduduki peringkat ke-78 dengan rata-rata panjang penis mencapai 11,67 cm.

Ukuran terkecil 

Pada posisi terkecil dengan rentang 9,30 hingga 10,5 cm ditempati oleh India, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, dan Korea Selatan. 

Penelitian tentang ukuran penis

Penelitian yang sedang berlangsung terus menghasilkan temuan serupa tentang ukuran penis. Dari tinjauan di 2014 mengamati pengukuran yang dilakukan oleh para profesional perawatan kesehatan terhadap 15.521 pria berusia 17 tahun ke atas.

Hasil pengukuran rata-rata adalah sebagai berikut:

  • Panjang penis: 9,16 cm saat diregangkan
  • Lingkar penis: 9,31 cm 
  • Ereksi panjang penis: 13,12 cm
  • Ereksi ketebalan penis: 11,66 cm 

Lalu pada 2014, para peneliti menerbitkan temuan dari sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.600 pria di Amerika Serikat. Dalam penelitian ini, dimensi rata-rata penis adalah panjang 14,2 cm dan lingkar 12,2 cm.

Kemudian sebuah studi baru di 2019, menemukan banyak pria melebih-lebihkan ukuran penis mereka saat melaporkan diri sendiri. Terutama jika mereka pernah mengalami aktivitas seksual dengan orang lain.

Penelitian tersebut meneliti sebanyak 170 pria usia kuliah yang mengikuti kursus seksualitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki pengalaman seksual dengan orang lain lebih cenderung melebih-lebihkan dibandingkan mereka yang tidak memiliki pengalaman seksual.

Para penulis berspekulasi bahwa pria yang berpengalaman secara seksual memiliki rasa maskulinitas, kompetensi seksual, dan kecakapan yang lebih besar. 

Baca juga: Penis Bengkak Bisa Jadi Tanda Kamu Menderita Penyakit Tertentu Lho!

Jika masuk dalam kategori kecil, apakah pria membutuhkan obat pembesar penis?

Perawatan hormon, operasi, dan teknik lainnya dapat memperbesar ukuran penis yang sangat kecil. Namun, perawatan atau menggunakan alat pembesar penis ini justru membawa risiko.

Dokter biasanya tidak merekomendasikan pengobatan kecuali penis memiliki panjang di bawah 4 cm atau panjang saat ereksi kurang dari 7,5 cm. 

Para ahli menyoroti kekhawatiran tentang jumlah pria yang mencari operasi untuk memanjangkan penis mereka. Seringkali, orang-orang ini melebih-lebihkan berapa ukuran penis rata-rata.

Sebuah penelitian terhadap 67 pria yang mencari bantuan untuk memanjangkan penis yang pendek, sebenarnya justru ukurannya tidak terbilang masuk dalam rata-rata dan tidak terlalu kecil. 

Menurut laporan di 2019 dalam laman Medical News Today, dijelaskan juga bahwa motivasi untuk mencari pengobatan sering kali berfokus pada citra diri, ketakutan akan ketidakmampuan. Serta keinginan untuk mengesankan orang lain, dan faktor psikososial lainnya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2021) diakses pada 17 Maret 2021. What size is the average penis?
  2. Dailymail.co.uk (2016) diakses pada 17 Maret 2021. Map reveals average penis sizes from around the world and AFRICA is the big winner… so how does YOURS measure up?
  3. Sciencemag.org (2015) diakses pada 17 Maret 2021. How big is the average penis? 
    register-docotr