Kesehatan Pria

Penting untuk Reproduksi Pria, Ketahui Fungsi Kelenjar Prostat!

August 7, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Prostat merupakan kelenjar otot berukuran seperti aprikot. Kelenjar ini dapat terkena penyakit yang berdampak pada kesuburan pria. Apa ya sebenarnya fungsi kelenjar prostat?

Kelenjar prostat terdapat di depan rektum, tepatnya di bawah kandung kemih. Beratnya sekitar 1 ons (30 gram) dan mengelilingi uretra, yakni tabung yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. Kelenjar ini sangat penting untuk berfungsinya sistem reproduksi pria.

Apa fungsi utama kelenjar prostat?

Ada beberapa fungsi kelenjar prostat yang perlu kamu tahu, di antaranya adalah:

  • Mengeluarkan cairan prostat, salah satu komponen semen
  • Memproduksi cairan yang bersama dengan sel sperma dari testis, serta cairan dari kelenjar lain, yang nantinya membentuk semen
  • Otot prostat memastikan bahwa semen ditekan ke dalam uretra dan kemudian dikeluarkan selama ejakulasi

Dilansir dari Medical News Today, prostat juga mengeluarkan cairan yang membuat sperma tetap hidup sambil melindungi mereka dan kode genetik yang mereka bawa. Prostat berkontraksi selama ejakulasi dan menyemprotkan cairannya ke dalam uretra.

Selama ejakulasi, sperma bergerak sepanjang dua tabung, yang disebut vas deferens. Mereka membawa jutaan sperma dari testis (tempat mereka dibuat) ke vesikula seminalis. Vesikula seminalis melekat pada prostat dan menambahkan cairan ekstra ke air mani sebelum dikirim ke uretra.

Prostat sendiri berkontraksi selama ejakulasi, menutup celah antara kandung kemih dan uretra dan mendorong semen keluar dengan cepat.

Hal inilah yang menyebabkan tidak mungkinnya seorang pria buang air kecil dan ejakulasi pada saat yang bersamaan.

Fungsi lainnya kelenjar prostat

Dilansir NCBI, berikut adalah fungsi kelenjar prostat untuk diketahui lebih dalam.

Produksi cairan untuk semen

Salah satu bagian dari semen di produksi di prostat. Semen (air mani) sendiri merupakan cairan yang membawa sel sperma yang dikeluarkan oleh organ seksual pada pria.

Bersama dengan sel sperma dari testis, cairan dari vesikula seminalis dan sekresi yang dikeluarkan oleh kelenjar seukuran kacang dibawah prostat (kelenjar bulbouretral), cairan prostat kemudian membentuk semen. Semua cairan ini dicampur bersama di uretra.

Sekresi prostat sangat penting untuk berfungsinya sel-sel sperma serta untuk kesuburan pria. Cairan yang tipis seperti susu tersebut mengandung banyak enzim seperti prostate-specific antigen (PSA). Enzim ini membuat semen lebih tipis.

Menutup uretra hingga kandung kemih selama ejakulasi

Selama ejakulasi, prostat dan otot sfingter kandung kemih menutup uretra ke kandung kemih untuk mencegah semen memasuki kandung kemih. Selama buang air kecil, otot-otot zona pusat menutup saluran prostat sehingga urine tidak bisa masuk.

Metabolisme hormon

Di dalam prostat, hormon testosteron (hormon pria) diubah menjadi bentuk biologis aktif, DHT (dihydrotestosterone)

Kondisi-kondisi yang memengaruhi kesehatan prostat

Meskipun memiliki fungsi yang penting, terganggunya fungsi prostat juga dapat menyebabkan beberapa masalah medis. Dilansir Web MD, berikut adalah beberapa kondisi tersebut:

1. Pembesaran prostat

Kondisi ini merupakan kondisi di mana kelenjar prostat tumbuh ke ukuran yang tidak sehat. Peluang seorang pria untuk terkena kondisi ini naik seiring dengan bertambahnya usia.

Meskipun demikian, hanya sekitar setengah dari pria yang pernah mengalami pembesaran prostat yang membutuhkan perawatan. Kondisi ini tidak menyebabkan kanker prostat, meskipun keduanya umum terjadi pada pria yang lebih tua.

2. Kanker prostat

Kanker prostat merupakan kanker yang paling umum terjadi pada pria (selain kanker kulit). Kanker prostat sendiri memiliki perumbuhan yang lambat. Sama halnya seperti pembesaran prostat, risiko terkena kanker prostat juga akan meningkat seiring pertambahan usia.

Penyebab pasti kanker prostat tidak diketahui, akan tetapi ada beberapa faktor yang dikaitkan dengan kondisi ini, seperti riwayat keluarga.

Baca juga: Kanker Prostat: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati yang Perlu Diketahui

3. Prostatitis

Prostatitis merupakan peradangan atau infeksi prostat yang lebih sering terjadi pada pria muda atau setengah baya.

Itulah beberapa fungsi kelenjar prostat yang kamu tahu. Menjaga kesehatan prostat sangat penting bagi pria. Jika terdapat masalah pada kelenjar prostat, sebaiknya segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Live Science (2010). Diakses pada 03 Agustus 2020. What Does the Prostate Gland Do?

Medical News Today (2018). Diakses pada 03 Agustus 2020. What Is the Prostate Gland? 

NCBI (2016). Diakses pada 03 Agustus 2020. How Does the Prostate Work? 

Webmd (2019). Diakses pada 03 Agustus 2020. Prostate Problems 

    register-docotr