Kesehatan Pria

Mengenal Air Mani Kosong, Salah Satu Masalah Fertilitas Pria

January 21, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Azoospermia atau air mani kosong merupakan kondisi yang terjadi ketika tidak ada sperma yang keluar bersama dengan semen saat pria mengalami ejakulasi. Kondisi ini merupakan salah satu masalah fertilitas pada pria.

Menurut jurnal Clinics di Sao Paulo, masalah fertilitas pada pria merupakan 50 persen penyebab pasangan kesulitan mendapat momongan. Jurnal tersebut menyebut sekitar 1 persen pria mengalami masalah air mani kosong ini.

Apa itu air mani kosong?

Air mani kosong merupakan penyebab 10-15 persen kasus infertilitas pada pria. Penderita penyakit ini bisa mengalami ejakulasi, tapi tidak ada sperma yang terkandung di dalam semen yang keluar.

Air mani kosong merujuk pada kondisi tidak ada sperma di dalam semen. Berikut adalah tiga tipe azoospermia:

  • Pre-testicular azoospermia: Disebabkan oleh terganggunya hormon yang menghasilkan sperma
  • Testicular azoospermia: Disebabkan oleh tidak normalnya fungsi atau struktur testis
  • Post-testicular azoospermia: Disebabkan oleh adanya masalah ejakulasi karena adanya hambatan di bagian saluran reproduksi

Apa saja penyebab air mani kosong?

Penyebab atau kondisi yang memungkinkan azoospermia berbeda-beda tergantung dari tipenya. 

Meskipun demikian, mengutip Healthline, masalah genetik yang memengaruhi kromosom Y merupakan kondisi yang menyebabkan 10-15 persen kasus sperma sedikit atau kosong.

Dilansir Healthline, berikut penyebab air mani kosong berdasarkan tipe penyakitnya:

Penyebab pre-testicular azoospermia

Tipe air mani kosong tanpa hambatan ini kemungkinan disebabkan oleh kelainan gen tertentu. Misalnya sindrom Kallmann yang mengganggu kemampuan tubuh untuk menghasilkan hormon GnRH (gonadotropin-releasing hormone). Akibatnya, produksi sperma pun terpengaruh.

Masalah lain di otak, seperti kerusakan kelenjar hypothalamus atau pituitari juga bisa menyebabkan tipe azoospermia ini. Selain itu, beberapa pengobatan atau terapi radiasi untuk kanker pun bisa jadi penyebab kondisi ini.

Penyebab testicular azoospermia

Tipe air mani kosong jenis ini bisa terjadi karena:

  • Tidak ada testis (anorchia)
  • Testis tidak turun ke skrotum (cryptorchidism)
  • Kondisi saat testis tidak menghasilkan sperma
  • Testis tidak menghasilkan sperma matang

Selain itu, kemungkinan penyebab lain adalah sindrom Klinefelter yang menyebabkan pria lahir dengan kromosom XXY alih-alih XY.

Selain itu, beberapa penyebab lain adalah:

  • Memiliki penyakit gondok di akhir masa pubertas
  • Tumor
  • Radiasi
  • Diabetes
  • Operasi
  • Reaksi atas pengobatan tertentu
  • Varikokel (pembengkakan pembuluh vena di testis)

Penyebab post testicular azoospermia

Tipe azoospermia ini terjadi karena adanya hambatan. Mengutip Cleveland Clinic, kondisi ini terjadi pada sekitar 40 persen kasus azoospermia. Hambatan ini bisa terjadi di epididimis atau saluran vas deferens tempat penyaluran dan penyimpanan sperma.

Kondisi bawaan lahir biasanya menjadi satu penyebab hambatan ini. Contohnya adalah congenital bilateral absence of the vas deferens (CBAVD) yang merupakan kondisi genetik di mana saluran vas deferens yang menyalurkan sperma tidak ditemukan di testis.

Kondisi tersebut dikaitkan dengan adanya gen fibrosis kistik yang dibawa oleh pria. Selain itu, penyebab lain tipe azoospermia ini bisa jadi karena adanya infeksi, kista, cedera atau vasektomi.

Mengatasi azoospermia

Azoospermia yang disebabkan oleh adanya hambatan bisa diatasi dengan menyambungkan atau mengatur ulang saluran yang menyebabkan sperma tidak bisa mengalir. Itu berarti kamu membutuhkan operasi atau prosedur lainnya.

Kamu pun bisa mengatasinya dengan pengobatan hormon jika memang penyebabnya adalah produksi hormon yang rendah.

Bagaimana dengan air mani kosong tanpa hambatan?

Untuk azoospermia tanpa hambatan, mengatasinya dengan pengobatan tidak selalu membuahkan keberhasilan. Tapi berita baiknya, kamu masih bisa menghasilkan keturunan dengan bayi tabung atau injeksi sperma intracytoplasmic.

Caranya, dokter akan menyuntikkan jarum yang sangat kecil dan mengekstrak sperma dari testis. Prosedur ini bisa dilakukan, bahkan jika kamu hanya memiliki sedikit sperma di testis.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang air mani kosong yang bisa menimpa pria. Pastikan kamu selalu memeriksa dan menjaga kesehatan reproduksi, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 13 Januari 2021. Azoospermia: Treatment, Causes, Symptoms, and More
  2. Cleveland Clinic, diakses 13 Januari 2021. Azoospermia (No Sperm Count): Types, Causes, Tests & Treatments
  3. National Library of Medicine, diakses 13 Januari 2021. Update in the evaluation of the azoospermic male
    register-docotr