Kesehatan Pria

Air Mani Ada Bercak Cokelat? Ini 7 Penyebab yang Jarang Diketahui!

April 24, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Warna air mani bisa memberitahukan tentang kondisi kesehatanmu. Perubahan warna seperti kecokelatan dapat menjadi indikasi dari keadaan tertentu. Penting untuk mengetahui apa penyebab air mani ada bercak cokelat, agar kamu lebih mudah mengatasinya.

Lantas, apakah bercak cokelat pada air mani adalah sesuatu yang berbahaya? Apa saja penyebabnya? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Air mani ada bercak cokelat, berbahayakah?

Air mani adalah cairan semen yang diperlukan untuk membawa sperma dari testis. Normalnya, cairan semen mempunyai warna putih keabu-abuan dengan tekstur seperti jeli. Sehingga, perubahan warna pada air mani, termasuk adanya bercak cokelat, bisa menandakan kondisi tertentu.

Perubahan warna pada cairan semen yang berlangsung sementara tidak perlu dikhawatirkan, karena bisa dipengaruhi oleh faktor makanan dan diet. Namun, jika keadaan itu terjadi secara terus-menerus, sebaiknya kamu tak mengabaikannya.

Bicara soal berbahaya atau tidak, itu semua tergantung dari faktor pemicunya. Maka dari itu, penting untuk memeriksakan diri agar mengetahui penyebab pastinya.

Baca juga: Apakah Warna Sperma Mempengaruhi Kesehatan? Ini Penjelasannya!

Penyebab air mani ada bercak cokelat

Ada banyak kemungkinan mengapa air mani terdapat bercak cokelat. Bisa saja, bercak cokelat itu muncul karena adanya campuran darah yang berasal dari dalam tubuh. Warna cokelat atau oranye dapat mengindikasikan darah yang telah teroksidasi atau terpapar oksigen.

Berikut tujuh penyebab munculnya bercak cokelat pada air mani:

1. Peradangan pada prostat

Air mani ada bercak cokelat bisa disebabkan oleh prostatitis atau peradangan pada prostat. Kondisi itu terjadi ketika kelenjar prostat yang berada tepat di bawah kandung kemih terpapar oleh bakteri.

Selain munculnya bercak cokelat pada air mani, gejala paling umum dari prostatitis yang kerap dialami oleh sebagian pria meliputi:

  • Merasa ingin selalu kencing
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Sakit perut di bagian bawah
  • Nyeri di dekat rektum
  • Terasa nyeri ketika ejakulasi
  • Mudah lelah
  • Demam
  • Panas dingin

2. Biopsi atau bedah prostat

Tak hanya peradangan, biopsi dan prosedur bedah ternyata bisa membuat air mani ada bercak cokelat. Biopsi dilakukan dengan cara mengambil sedikit sampel jaringan dari kelenjar prostat.

Begitu juga dengan prosedur bedah, membuat darah bisa bocor ke saluran ejakulasi. Darah kemudian bercampur dengan zat yang ada di prostat. Hal tersebut akan menyebabkan air mani keluar disertai bercak berwarna lain, termasuk kecokelatan.

3. Tekanan darah tinggi

Salah satu penyebab munculnya bercak cokelat pada air mani yang jarang diketahui adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, terutama jika tidak diobati dengan tepat. Selain air mani ada bercak darah, pria yang mengidap hipertensi juga biasanya mengalami gejala lain, seperti:

  • Sesak napas
  • Hidung berdarah
  • Sakit kepala

4. Penyakit menular seksual

Jika kamu cukup aktif berhubungan seks, munculnya bercak cokelat pada air mani dikhawatirkan bisa menjadi indikasi dari penyakit menular seksual (PMS). Adanya darah pada air mani merupakan gejala utama dari beberapa PMS pada pria, seperti klamidia, herpes, dan gonore.

Tak hanya perubahan warna pada air mani, pengidap penyakit menular seksual juga biasanya mengalami gejala lain, seperti:

  • Muncul rasa nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Pembengkakan testis
  • Keluar cairan kuning atau berwarna yang tidak biasa dari penis
  • Muncul ruam, gatal, dan iritasi

Baca juga: 13 Jenis Penyakit Menular Seksual dan Gejala yang Menyertainya

5. Penyakit kanker

Meski jarang terjadi, air mani ada bercak cokelat bisa menjadi indikasi dari penyakit kanker. Kanker tersebut dapat berkembang di prostat, testis, atau uretra. Ketiga jenis kanker itu biasanya dapat diobati, meski sudah dalam stadium akhir.

Kanker tersebut juga bisa memunculkan rasa tidak nyaman pada skrotum, perut bagian bawah, punggung, dan area di sekitar alat kelamin.

6. Cedera sumsum tulang belakang

Cedera pada sumsum tulang belakang bisa membuat air mani berwarna cokelat tua atau bahkan hitam. Menurut sebuah penelitian, kondisi itu mungkin ada hubungannya dengan kerusakan vesikula seminalis, yaitu kelenjar yang menghasilkan beberapa zat pembentuk air mani.

7. Paparan logam

Sebuah riset pada 2013 menyebutkan, kadar logam berat yang tinggi di dalam darah seperti timbal, mangan, dan nikel, dapat membuat air mani tampak lebih gelap. Logam tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui paparan air, makanan, atau faktor lingkungan.

Nah, itulah beberapa penyebab air mani ada bercak cokelat yang perlu kamu tahu. Agar kondisinya tak bertambah buruk, jangan ragu untuk periksakan diri ke dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 14 April 2021, Yellow, Clear, Brown, and More: What Does Each Semen Color Mean?.
  2. Healthline, diakses 14 April 2021, Prostatitis.
  3. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 14 April 2021, Brown-colored semen in men with spinal cord injury.
  4. Wiley Online Library, diakses 14 April 2021, Dark‐coloured semen in nonobstructive azoospermia: a report of four cases.

    register-docotr