Kamus Penyakit

Stroke Iskemik Apakah Bisa Sembuh? Bisa, asalkan…

July 16, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Stroke merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Dari beberapa jenis stroke, stroke iskemik apakah bisa sembuh? Berikut penjelasan selengkapnya!

Baca Juga: Meskipun Bermanfaat, Vitamin C dapat Sebabkan Alergi Lho!

Pengertian stroke iskemik

Store iskemik merupakan stroke yang paling sering terjadi yang apabila tidak segera ditangani dapat berujung pada kerusakan otak dan menyebabkan kematian. Biasanya stroke iskemik ditandai dengan kehilangan suplai darah secara tiba-tiba di area otak.

Di mana suplai darah ke otak merupakan hal yang penting yang berfungsi untuk memberikan oksigen dan nutrisi bagi sel saraf, dan membuang karbon dioksida dan sisa metabolisme.

Jika suplai darah berkurang atau hilang, sel saraf otak akan kesulitan menghasilkan energi dan bahkan dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit.

Penyebab stroke iskemik

Stroke iskemik biasanya terjadi karena adanya penyumbatan oleh darah beku pada aliran darah menuju otak. Pembekuan darah pada aliran darah menuju otak disebabkan oleh timbunan lemak pada aliran darah. 

Hal tersebut biasanya disebabkan karena pola makan yang buruk seperti sering mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kolesterol.

Jika terjadi sumbatan dan penyempitan di aliran darah dapat membuat otak menjadi terganggu, padahal oksigen yang dibawa oleh darah sangat penting untuk kelangsungan hidup sel-sel di otak. 

Ketika bagian otak tidak menerima cukup asupan darah dan oksigen, maka fungsinya pun akan terganggu. Biasanya pasien stroke akan mengalami gangguan kognitif dan motorik, seperti sulit berbicara, kehilangan ingatan, atau tidak bisa berjalan.

Gejala stroke iskemik

Inilah gejala stroke yang biasanya timbul antara lain seperti:

  • Wajah terlihat lebih ‘turun’ atau terasa mati rasa pada satu sisi dan gejala ini juga bisa tampak saat tersenyum atau menjulurkan lidah (lidah miring ke satu sisi saat dijulurkan)
  • Adanya permasalahan pada bicara seperti pelo atau tidak bisa bicara dengan jelas
  • Sakit kepala
  • Seperti orang linglung
  • Gangguan penglihatan seperti halnya kebutaan di salah satu mata.

Baca Juga: Agar Bayi Tidak Sungsang, Simak Cara Efektif untuk Mengubah Posisinya

Stroke iskemik apakah bisa sembuh?

Pada dasarnya apakah stroke iskemik mungkin bisa sembuh, bisa tetapi harus dalam penanganan yang tepat. Baik stroke iskemik maupun stroke jenis lainnya.

Jadi sekarang bagi para pengindap stroke iskemik harus optimis untuk bisa sembuh. Dengan melakukan penanganan yang tepat, maka peluang untuk sembuh juga semakin besar. Segeralah konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut dan tidak terlambat menanganinya.                                                           

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. stroke.org diakses 10 Juli 2020. Ischemic Stroke (Clots). 10 Juli 2020 pukul 17.00.
  2. medlineplus.gov diakses 10 Juli 2020. Ischemic Stroke. 10 Juli 2020 pukul 17.30.
  3. heathline.com diakses 28 Januari 2021. Everything You Should Know About Ischemic Stroke
    register-docotr