Kamus Penyakit

Serangan Jantung Pada Anak Muda? Ini Penyebab dan Cara Pencegahannya!

July 8, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Serangan jantung pada anak muda bisa terjadi akibat pola hidup tidak sehat, lho! Anak muda yang tidak menerapkan pola hidup sehat berisiko tinggi terkena masalah kesehatan serius lainnya.

Penyakit jantung identik dialami oleh orang dengan usia paruh baya atau lanjut. Biasanya gejala yang akan dirasakan adalah nyeri pada dada, irama jantung cepat, serta tangan dan kaki terasa dingin.

Baca juga: Dijamin Manjur, Yuk Ikuti Senam untuk Mengecilkan Perut Berikut Ini!

Apa penyebab serangan jantung pada anak muda?

Selama serangan jantung, suplai darah yang biasanya menyehatkan akan terputus sehingga otot jantung mulai mati.

Beberapa orang yang mengalami serangan jantung memiliki tanda-tanda peringatan, sementara lainnya tidak. Karena itu, penyakit ini merupakan keadaan darurat medis yang memerlukan pertolongan medis segera.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. Salah satu penyebab paling umum adalah penumpukkan plak di arteri atau atherosclerosis yang mencegah darah agar tidak sampai ke otot jantung. 

Dalam kasus tertentu, serangan jantung akan terjadi akibat kejang pembuluh darah. Sementara itu, penyebab serangan jantung pada anak muda paling umum, antara lain sebagai berikut:

Kebiasaan merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai komplikasi serta efek jangka panjang, salah satunya adalah serangan jantung.

Orang yang merokok memiliki resiko terkena serangan jantung 2-4 kali lebih tinggi.

Mengalami obesitas

Selain merokok, gaya hidup buruk lainnya yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung adalah kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat. Obesitas terjadi ketika terlalu banyak mengonsumsi kalori dan jarang melakukan aktivitas fisik. 

Seiring berjalannya waktu, kalori ekstra akan terus bertambah dan menyebabkan penambahan berat badan tidak terkontrol. Jika dibiarkan, obesitas tak hanya akan mengakibatkan serangan jantung dan gangguan kesehatan lainnya.

Kadar kolesterol tinggi

Mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans dapat berisiko tinggi terkena serangan jantung pada anak muda. Kolesterol tinggi disebabkan oleh gaya hidup buruk.

Selain yang disebutkan di atas, stres, konsumsi alkohol yang berlebihan serta tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan serangan jantung.

Baca juga: Kamu Punya Masalah Pencernaan? Yuk Ketahui Jenis dan Cara Pencegahannya

Pencegahan terhadap serangan jantung pada anak muda

Jika kamu masih berada di usia muda, penting untuk mulai memikirkan kesehatan jantung. Hal ini dilakukan untuk mencegah peluang terkena serangan jantung di usia muda. Nah, beberapa pencegahan yang bisa dilakukan terhadap masalah jantung pada usia muda, yakni:

Turunkan tekanan darah

Usia muda dengan tekanan darah sedikit di atas normal memiliki kemungkinan masalah jantung di kemudian hari.

Karena itu, penting untuk memeriksakan tekanan darah setidaknya setahun sekali untuk mencegah masalah jantung. Jika tekanan darah tinggi, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Hentikan kebiasaan merokok

Semakin banyak anak muda yang tidak bisa terlepas dari kebiasaan merokok. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika merokok bisa menyebabkan masalah pernapasan hingga serangan jantung.

Karena itu, jika kamu merupakan seorang dewasa muda maka segera berkomitmen untuk berhenti merokok sebelum semuanya terlambat.

Selain itu, agar terhindar dari serangan jantung maka kamu perlu mengurangi stres.

Berolahraga, tidak merokok, diet sehat, dan mempertahankan sikap positif adalah cara terbaik untuk mengatasi stres dan menjaga kesehatan jantung.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 2 Juli 2020. Heart Attack
  2. Penn Medicine (2019), diakses 2 Juli 2020. Think You’re Too Young for a Heart Attack? Think Again.
  3. Hackensack Meridian Health (2019), diakses 2 Juli 2020. What Causes a Heart Attack at a Young Age?
    register-docotr