Kamus Penyakit

Kenali Faktor Risiko Penyebab Kanker Prostat: Usia hingga Faktor Keturunan

August 14, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Prostat adalah organ pada pria yang terletak di bawah kandung kemih dan berperan penting dalam pembentukan sperma. Namun, di organ ini dapat berkembang kanker yang akan memengaruhi proses ejakulasi pada pria dan menyebabkan gangguan saat buang air kecil.

Mengapa sel kanker dapat berkembang di organ ini dan apa yang menjadi penyebab kanker prostat? Berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab kanker prostat?

Pada dasarnya penyebab kanker prostat berawal dari terbentuknya sel yang tidak normal. Kemudian, sel tidak normal tersebut tumbuh dan terus hidup di luar kendali.

Pertumbuhan sel tidak normal atau sel abnormal tersebut lebih cepat melebihi sel normal. Sampai akhirnya membentuk tumor yang dapat menyerang jaringan di sekitarnya.

Dari tumor tersebut berkembanglah kanker prostat. Pada beberapa kasus, kanker prostat juga dapat menyebar ke organ tubuh lainnya atau dalam istilah medis disebut bermetastasis.

Faktor-faktor pembentuk sel abnormal

Sayangnya hingga kini belum dapat dipastikan apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel abnormal tersebut. Namun dilansir dari cancer.org, ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan seseorang mengidap penyakit ini.

Faktor risiko kanker prostat

Faktor risiko berikut ini tidak pasti akan menjadi penyebab kanker prostat. Sementara, pada beberapa orang yang memiliki faktor risiko, tidak pula dapat berkembang menjadi kanker.

Usia

Kanker prostat umumnya terjadi pada pria yang telah berusia 40 tahun ke atas. Kemungkinan terkena kanker jenis ini juga mungkin meningkat saat usia menginjak 50 tahun.

Semakin bertambahnya usia, nampaknya akan semakin menambah risiko terkena penyakit ini. Sekitar 6 dari 10 kasus kanker prostat ditemukan pada pria berusia 65 tahun.

Ras dan etnis

Meski tidak ada alasan jelas, namun ternyata kasus kanker prostat lebih sering ditemukan pada pria Afrika-Amerika dan pria Karibia keturunan Afrika. Sementara itu kanker prostat jarang ditemui pada pria Asia-Amerika dan pria latin Spanyol.

Faktor Geografis

Faktor lokasi juga memengaruhi berkembangnya kanker jenis ini. Penyakit ini lebih umum terjadi di lokasi seperti Amerika Utara, bagian barat laut Eropa dan di Kepulauan Karibia. Sementara kanker prostat lebih jarang ditemui di Asia, Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Meski belum ada alasan mendasar, namun diperkirakan hal ini terjadi karena skrining kanker di beberapa negara maju lebih intensif. Sehingga hasilnya juga lebih terlihat, dibandingkan negara-negara lain.

Selain itu perbedaan lifestyle juga bisa menjadi penyebab perbedaan ini, misalnya makanan yang di konsumsi.

Faktor keluarga

Ini adalah faktor risiko yang tidak bisa diubah karena diturunkan oleh keluarga. Misalkan, memiliki ayah atau saudara yang terkena penyakit ini, maka akan meningkatkan risiko dua kali lipat terkena penyakit ini.

Selain itu, kamu juga berisiko jika ternyata ada beberapa kerabat yang mengalami penyakit ini. Apalagi jika terdiagnosis kanker prostat semenjak berusia muda.

Perubahan gen

Beberapa perubahan gen yang terjadi pada keluarga, juga menjadi faktor risiko penyakit ini. Misalkan saja, memiliki keluarga dengan riwayat mutasi gen terkait kanker payudara dan ovarium. Ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat.

Selain itu pria dengan sindrom Lynch, yakni kondisi yang terjadi karena perubahan gen, juga memiliki risiko terkena beberapa jenis kanker. Salah satunya kanker prostat.

Faktor lain yang dikaitkan dengan faktor risiko dan penyebab kanker prostat

Beberapa faktor berikut ini sering dikaitkan dengan penyebab kanker prostat, meski belum ada bukti pasti mengenai pengaruhnya pada pembentukan sel kanker prostat.

Pola makan

Beberapa menyebutkan jika ada hubungan antara mengonsumsi susu tinggi lemak dengan risiko terkena kanker prostat. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai faktor risiko tersebut.

Obesitas

Meski tidak ada penelitian memadai, namun obesitas atau kegemukan seringkali dikaitkan dengan kemungkinan seorang pria terkena penyakit ini.

Sementara itu, ditemukan kaitan lain antara obesitas dengan kanker prostat. Seperti dilansir dari Mayoclinic, bahwa pria dengan obesitas yang terkena kanker prostat cenderung terkena penyakit lain yang lebih sulit diobati.

Merokok

Merokok diketahui dapat meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap kaitan langsung antara merokok dan pertumbuhan sel kanker jenis ini.

Beberapa hal yang dianggap menjadi penyebab kanker prostat

Hal-hal berikut ini seringkali dianggap menjadi penyebab kanker atau sebagai faktor risiko kanker prostat. Namun, dilansir dari Healthline.com, bahwa hal-hal ini tidak ada kaitannya dengan kanker prostat.

  • Aktivitas seksual
  • Vasektomi atau prosedur kontrasepsi permanen pada pria
  • Mengonsumsi alkohol

Demikian penjelasan mengenai penyebab kanker prostat dan juga faktor risikonya. Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai penyakit ini, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kami.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic diakses 11 Agustus 2020 Prostate cancer
  2. Healthline diakses 11 Agustus 2020 Prostate Cancer: Causes and Risk Factors 
  3. Cancer.org diakses 11 Agustus 2020 Prostate Cancer Risk Factors
  4. Cancer.org diakses 11 Agustus 2020 What Causes Prostate Cancer?
    register-docotr