Kamus Penyakit

Cantengan

September 17, 2020 | Husni Efendi | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam adalah masalah yang cukup umum terjadi. Kondisi ini biasanya sampai memicu nyeri, yang dikenal sebagai penyakit cantengan.

Jika tidak diatasi dengan tepat dan bersih, cantengan juga bisa sampai menimbulkan infeksi, lho. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu bagaimana cara yang tepat untuk menanganinya.

Apa itu penyakit cantengan?

Cantengan adalah kondisi saat kuku tumbuh ke dalam daging, bukan di atasnya. Penyakit cantengan biasanya terjadi pada kuku kaki, terutama jempol kaki.

Kuku kaki tumbuh ke dalam terjadi ketika tepi atau sudut kuku kamu tumbuh ke kulit di sebelah kuku, dan biasanya terasa sakit, orang kerap menyebutnya sebagai cantengan.

Kamu bisa merawat kuku kaki cantengan ini di rumah. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan komplikasi, yang mana kamu mungkin memerlukan perawatan medis lebih lanjut.

Risiko komplikasi lebih tinggi jika kamu menderita diabetes, atau kondisi lain terkait sistem sirkulasi dalam tubuh yang kurang baik.

Apa penyebab cantengan?

Cantengan di kuku terjadi karena banyak faktor, di antaranya adalah:

  • Memotong kuku jari kaki secara salah, misalnya memotong lurus, sehingga menyudut ke sisi kuku sehingga dapat mendorong kuku untuk tumbuh ke dalam kulit)
  • Postur atau bentuk yang tidak teratur, misalnya kuku kaki melengkung
  • Alas kaki yang memberi banyak tekanan pada jari kaki, seperti kaus kaki yang terlalu ketat, sepatu yang terlalu ketat atau rata untuk kaki
  • Cedera kuku kaki, misalnya menjatuhkan sesuatu yang berat di kaki, atau menendang bola berulang kali
  • Kebersihan kaki yang tidak terjaga, seperti tidak menjaga kaki tetap bersih atau kering
  • Keturunan, di mana banyak orang mewarisi kecenderungan untuk mengembangkan kuku kaki yang tumbuh ke dalam dari satu atau kedua orang tua
  • Sirkulasi yang buruk. Orang dewasa dengan penurunan sirkulasi arteri, lebih rentan terhadap kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam. Pun demikian jika seseorang memiliki riwayat diabetes atau penyakit jantung

Siapa saja yang lebih berisiko terkena cantengan?

Orang dengan kuku melengkung atau tebal biasanya paling rentan. Meski siapapun dapat menderita kuku yang tumbuh ke dalam, terutama akibat cedera, ukuran sepatu tidak pas, atau perawatan kaki yang tidak tepat.

Cantengan di kuku bisa terjadi pada pria dan wanita. Umum terjadi juga biasanya pada orang dengan kaki sering berkeringat, seperti remaja.

Namun, orang yang lebih tua juga berisiko karena pada usia tersebut kuku kaki menebal. Selain itu, kuku yang terlalu besar juga menjadi faktor risiko yang besar untuk menderita penyakit ini.

Artinya, kamu harus ekstra hati-hati saat memotong kuku supaya tidak menyebabkannya dapat tumbuh ke sisi jari kaki.

Apa gejala dan ciri-ciri cantengan?

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam bisa menyakitkan, dan biasanya memburuk secara bertahap. Gejala tahap awal meliputi:

  • Kulit di sebelah kuku menjadi lunak, bengkak, atau keras
  • Rasa sakit ketika tekanan ditempatkan pada jari kaki
  • Terdapat cairan di sekitar kaki, ini tanda awal cantengan bernanah
  • Jika jari kaki terinfeksi, gejalanya meliputi kemerahan, nyeri, berdarah, muncul nanah dan pertumbuhan berlebih kulit di sekitar jari kaki

Rawat kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam sesegera mungkin untuk menghindari gejala yang memburuk.

Apa saja komplikasi yang mungkin terjadi akibat cantengan?

Jika dibiarkan tanpa penanganan, kaki cantengan terutama yang sudah bernanah dapat menyebabkan infeksi di tulang jari kaki. Infeksi ini bisa semakin parah dan menjadi bisul atau juga borok, dan kehilangan aliran darah di area infeksi itu.

Jaringan di sekitar kaki yang terinfeksi karena cantengan bernanah pun bisa mati, lho. Infeksi ini dapat menjadi serius kalau kamu memiliki penyakit diabetes karena kurangnya aliran darah dan sensitivitas saraf di wilayah itu.

Kapan penyakit kaki cantengan perlu diperiksa ke dokter?

Kamu harus segera menemui dokter untuk mendapat tindakan medis jika cantengan di kaki kamu sudah menjadi seperti ini:

  • Rasa sakit dan bengkak sangat parah
  • Pemulihan di rumah tidak memperbaiki kondisi cantengan
  • Kamu memiliki reaksi alergi kulit terhadap obat rumahan
  • Kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang cara merawat kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam

Antibiotik oral umumnya tidak diresepkan secara rutin untuk kuku kaki yang tumbuh ke dalam jika tidak terinfeksi. Namun, jika kamu memiliki kuku yang terinfeksi atau sistem kekebalan yang melemah, kamu mungkin memerlukan antibiotik oral.

Beberapa tanda infeksi adalah:

  • Kulit pada jari semakin tampak kemerahan
  • Sakit berdenyut-denyut
  • Pembengkakan bertambah parah
  • Nanah
  • Kehangatan di kaki yang terkena dan daerah sekitarnya
  • Bau busuk

Bagaimana cara mengatasi dan mengobati cantengan?

Cantengan bisa ditangani dengan dua cara, perawatan di dokter serta mengatasinya secara alami di rumah.

Perawatan cantengan di dokter

Pengangkatan kuku parsial bisa efektif untuk mencegah kuku kaki tumbuh ke dalam di masa depan. Selama pencabutan kuku sebagian, sisi-sisi kuku dipotong sehingga ujung-ujungnya benar-benar lurus.

Pengangkatan kuku total dapat dilakukan jika kuku yang tumbuh ke dalam disebabkan oleh penebalan. Dokter akan mengangkat seluruh kuku dalam prosedur yang disebut matrixectomy.

Setelah operasi, dokter biasanya akan mengirim kamu pulang dengan kaki terbalut. Kamu perlu menjaga kaki tetap terangkat untuk satu atau dua hari ke depan dan mengenakan alas kaki khusus agar kaki sembuh dengan baik.

Kamu juga biasanya akan diberi resep obat pereda nyeri dan antibiotik untuk mencegah infeksi. Kuku kaki kemungkinan akan tumbuh kembali beberapa bulan setelah operasi pengangkatan kuku parsial.

Cara mengatasi cantengan secara alami di rumah

Berikut adalah beberapa perawatan untuk cantengan yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Rendam dalam air sabun hangat

Merendam kaki yang sakit dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Kamu bisa merendam kaki dengan air sabun hangat tiga kali sehari, masing-masing selama 20 menit.

2. Rendam dalam cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat tradisional yang juga dapat digunakan untuk perawatan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam. Cuka sari apel diyakini memiliki kemampuan antiseptik, anti-inflamasi, dan menghilangkan rasa sakit.

Untuk perawatan ini, siapkan baskom berisi air hangat yang dikombinasikan dengan 1/4 cangkir cuka sari apel. Rendam kaki yang sakit hingga 20 menit setiap hari, lalu keringkan kaki sampai bersih.

3. Oleskan salep antibiotik

Menggunakan salep atau krim antibiotik yang dijual bebas dapat meningkatkan penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Oleskan salep ke kuku kaki yang terkena dengan mengikuti instruksi pada label kemasan, biasanya sampai tiga kali sehari.

4. Kenakan alas kaki yang nyaman

Sepatu dan kaus kaki yang terlalu ketat bisa menekan jari kaki kamu. Ini dianggap sebagai penyebab utama kuku tumbuh ke dalam.

Untuk membantu mencegah kuku kaki tumbuh ke dalam atau memburuk, selama pengobatan lebih baik hindari sepatu atau gunakan sandal saja, ya.

5. Gunakan toe protector

Toe protector bisa memberikan pelindung bantalan untuk kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Pelindung kaki tersedia sebagai semacam cincin di sekitar area yang sakit atau sebagai penutup untuk seluruh jari kaki.

Beberapa merek pelindung kaki dilengkapi dengan gel obat untuk membantu melembutkan kuku kaki agar mudah dipangkas.

6. Gunakan toe brace

Toe brace biasanya terbuat dari bahan komposit tipis, direkatkan ke bagian atas jari kaki. Ini dimaksudkan untuk membantu melindungi kulit kamu dari kuku yang tajam dan tumbuh ke dalam, dan mengangkat ujung kuku saat kuku tumbuh.

Apa saja obat cantengan yang biasa digunakan?

Ada beberapa obat cantengan yang bisa kamu pakai, baik itu yang dapat ditemukan di apotek ataupun obat alami.

Obat cantengan di apotek

  • Acetaminophen: Untuk mengurangi rasa nyeri dan bisa dibeli tanpa resep dokter
  • NSAID: Untuk mengurangi pembengkakan, nyeri dan juga demam yang bisa terjadi, contoh obat ini adalah ibuprofen
  • Antibiotik: Untuk mencegah atau mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri

Obat cantengan alami

Gunakan obat alami berikut ini saat kamu cantengan:

  • Rendam dalam air hangat selama 20 menit
  • Letakkan kapas atau benang gigi di bawah sisi kuku yang cantengan

Apa saja makanan dan pantangan untuk penderita cantengan?

Sampai saat ini belum ada kaitan antara makanan dengan pertumbuhan kuku yang bisa menyebabkan penyakit cantengan. Tapi jika kamu ingin memiliki kuku yang sehat, kamu disarankan untuk banyak makan protein dan keratin.

Beberapa sumber makanan tersebut adalah daging, unggas, seafood, telur, susu dan kacang-kacangan.

Bagaimana cara mencegah cantengan?

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam dapat dicegah dengan melakukan beberapa perubahan dalam kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, di antaranya:

  • Potong kuku lurus ke depan dan pastikan ujungnya tidak melengkung
  • Hindari memotong kuku kaki terlalu pendek
  • Kenakan sepatu, kaus kaki, dan celana ketat yang pas
  • Kenakan sepatu bot baja jika kamu bekerja dalam kondisi berbahaya
  • Jika kuku jari kaki kamu melengkung atau tebal secara tidak normal, pembedahan mungkin diperlukan untuk mencegah kuku yang tumbuh ke dalam
  • Bergeraklah dengan hati-hati untuk menghindari trauma kuku kaki
  • Jika pekerjaan kamu meningkatkan risiko cedera kuku kaki, kenakan alas kaki pelindung
  • Gunakan gunting yang dirancang khusus untuk kuku kaki, karena ini adalah bentuk yang tepat dan memberikan kekuatan yang cukup untuk dengan cepat memotong kuku
  • Cuci gunting kuku sebelum dan sesudah digunakan, sebab menggunakan gunting yang kotor dapat menyebabkan bakteri dan infeksi masuk ke kulit di bawah kuku

Ingat, ya. Berulang kali kuku kaki tumbuh ke dalam dapat menandakan adanya kondisi masalah kesehatan. Terutama jika disertai dengan infeksi, ini penanda kamu harus segera ke dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr