Kamus Penyakit

Enak Tapi 5 Makanan Ini Pemicu Hipertensi, Yuk Mulai Hindari

April 17, 2020 | Santi Andriani | dr. Sumeet Vasandan
feature image

Ditulis oleh : dr. Sumeet Vasandan

Tanpa garam, makanan favorit kamu seperti kentang goreng, steak, keripik dan makanan lainnya semua akan terasa hambar. Namun tahukah kamu, makanan dengan kadar garam yang tinggi  termasuk dalam makanan pemicu hipertensi.

Garam membuat makanan terasa lezat dan bahkan berguna karena kandungannya berupa natrium sangat berguna untuk proses metabolisme di tubuh. 

Baca Juga: Bekas Luka Bakar Bikin Tidak Percaya Diri, Tangani dengan 3 Bahan Alami Ini

Makanan tinggi garam menyebabkan ketagihan

Menurut penelitian yang dilakukan National Institute of Health di Amerika, garam dapat membuat ketagihan karena reseptor di otak memprosesnya seperti nikotin dan memberikan sensasi reward saat kita memakan garam. Konsumsi garam yang berlebih dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Karena asupan garam yang tinggi bisa menimbulkan tekanan darah yang tinggi oleh akibat efek retensi cairan di tubuh, yang dapat memicu risiko terjadinya serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

Di Indonesia sendiri jumlah konsumsi garam masih jauh melebihi dari takaran yang disarankan pemerintah yaitu sebanyak 5 gram atau satu sendok teh per hari. 

Makanan pemicu hipertensi 

Berikut di bawah ini asupan produk atau makanan yang sangat tinggi konten garamnya sehingga masuk dalam daftar makanan pemicu hipertensi.

1. Fast food 

Makanan cepat saji bikin ketagihan karena memiliki kadar garam yang tinggi. Sumber foto: https://www.empr.com/

Makanan cepat saji sengaja dibuat sangat tinggi garam karena menimbulkan sensasi lezat dan bikin ketagihan.

2. Makanan kemasan

Makanan kemasan seperti mi instan juga memiliki kadar garam yang tinggi. Sumber foto: https://www.bangkokpost.com/

Bila kamu telah makan mie instan satu kali dalam sehari, maka telah melebihi ‘jatah’ natrium yang ditoleransi oleh tubuh.

3. Makanan yang telah diproses

Sayur, buah atau daging yang telah diproses dan disimpan dalam kaleng biasa tinggi natrium sebagai bahan pengawetnya.

4. Saus dan kecap 

Hindari makanan pemicu hipertensi untuk menjaga kesehatan tubuh. Sumber foto:https://www.foodnetwork.com/

Dalam satu sendok makan saus dan salad dressing, terkandung 51 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Baca Juga: Mom’s Jangan Sedih kalau ASI Belum Lancar, Coba Terapkan 3 Hal Ini

5. Roti, pizza dan pasta 

Kurangi atau bahkan hindari makanan pemicu hipertensi untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Sumber foto: https://www.shutterstock.com/

Nyatanya adonan roti, pizza dan pasta bisa mengandung garam yang tinggi. Sebelum membeli produk roti dan pasta, coba perhatikan kata kunci “natrium” dalam angka informasi gizinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan oleh ahli kardiologi di seluruh dunia untuk mengurangi konsumsi garam baik pada yang menderita tekanan darah tinggi maupun yang tidak. Mulai kurangi porsi atau bahkan hindari makanan pemicu hipertensi agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

Bagi penderita darah tinggi diharapkan lebih teratur konsumsi obat darah tinggi dan memerhatikan konten nutrisi pada label kemasan makanan dan minuman anda serta hindari produk makanan yang telah diproses.

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda di Good Doctor. Yuk, lakukan konsultasi online dengan dokter terpercaya!

Reference

Michael J. Morris, Elisa S. Na. “Salt craving: The psychobiology of pathogenic sodium intake.” NCBI (2008).

    register-docotr