Kamus Penyakit

Leukosit Kamu Rendah?Ini Lho, Penyebabnya!

May 13, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Darah dalam tubuh terdiri dari berbagai jenis sel darah lainnya. Salah satunya termasuk sel darah putih atau yang sering disebut sebagai leukosit. Namun ada beberapa orang yang memiliki leukosit rendah. Nah, berikut penjelasan mengapa leukosit rendah pada tubuh seseorang.

Baca juga : Mengenal Penyakit Leukositosis, Saat Sel Darah Putih Meningkat Drastis

Sel darah putih atau leukosit

Sel darah putih ini diproduksi di bagian sumsum tulang. Perannya sendiri sangat penting bagi tubuh untuk mengatasi infeksi.

Ketika seseorang memiliki sel darah putih yang stabil, hal itu akan membantu untuk mendeteksi apakah ada infeksi yang masuk ke dalam tubuh atau tidak.

Dilansir dari healthline.com, ada beberapa jenis leukopenia, tergantung tipe darah putih apa yang rendah yaitu basophil, eosinophil, limfosit, monosit, neutrofil

Namun kamu tak perlu terlalu khawatir jika leukosit rendah karena jumlah sel darah putih pada setiap orang pun berbeda-beda. Jumlah normalnya antara 4.000 hingga 11.000 leukosit per mikroliter darah.

Lalu jika jumlah leukosit tinggi malah bisa jadi adanya indikasi infeksi bakteri dalam tubuh.

Hal tersebut yang menjadi alasan dasar mengapa dokter meminta seseorang untuk melakukan tes darah ke laboratorium. Tujuannya untuk mengetahui berapa angka sel darah, termasuk leukositnya.

Penyabab leukosit rendah

1. Masalah pada sumsum tulang

Tempat diproduksinya sel darah dalam tubuh yaitu pada bagian sumsum tulang. Ketika memiliki masalah pada sumsum tulang, hal tersebut bisa menjadi penyebab leukosit kamu rendah.

Paparan dari zat kimia seperti pestisida dan benzene perlu waspada, karena saat kamu sudah terpapar bisa sangat rentan mengalami penyakit ini.

Tak hanya itu saja, orang-orang yang menjalani berbagai pengobatan seperti kemoterapi dan radiasi juga rentan mengalami gangguan pada sumsum tulang dalam memproduksi sel darah putih lho.

2. Kekebalan tubuh yang bermasalah

Kekebalan atau yang biasa disebut sebagai imun tubuh bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Apalagi kamu yang menderita penyakit lupus akan sangat rentan mengalami leukosit rendah.

Pemeriksaan darah. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Parahnya ketika sistem kekebalan tubuh terganggu, imun tersebut justru malah akan menyerang sel darah putih kamu sendiri.

3. Infeksi

Infeksi virus akan sangat berdampak pada fungsi sumsum tulang. Salah satu contohnya ketika menderita HIV, tubuh akan menggunakan sel darah putih jauh lebih cepat dari proses produksinya.

Hal tersebut yang perlu dikhawatirkan karena supply and demand pada tubuh tidak seimbang.

4. Kurang nutrisi

Kamu yang kekurangan nutrisi seperti vitamin B12 dan asam folat juga bisa mempengaruhi kinerja tubuh dalam memproduksi sel darah putih. Pastikan bahwa kamu memilih makanan yang tepat agar nutrisi yang masuk pada tubuh seimbang ya.

Selain itu, kamu yang mengonsumsi beberapa jenis obat seperti antibiotik tertentu juga perlu berhati-hati. Hal tersebut dapat menghancurkan sel darah putih sehingga menjadi salah satu penyebab leukosit rendah.

Namun perlu kamu perhatikan, jika penyebab leukositmu rendah bukan karena beberapa faktor di atas sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter ya. Tujuannya agar segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2017) diakses 12 Mei 2020. What Is Leukopenia? 
  2. mayoclinic.org (2005) diakses 12 Mei 2020. Low white blood cell count 
  3. webmd.com (2020) diakses 12 Mei 2020. Why Is My White Blood Cell Count Low? 
    Berita Terkait
    register-docotr