Kamus Penyakit

Alami Kedutan Mata Kiri Bawah? Bisa Jadi Kamu Terkena Penyakit Ini, Kenali Gejala Awalnya

July 11, 2020 | Felicia Elfriestha
no-image

Jika kamu sering mengalami kedutan mata kiri bawah, bisa jadi kamu menderita penyakit tertentu. Untuk memastikannya, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Penyebab kedutan mata kiri bawah

Dilansir dari Mayoclinic, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan kedutan mata kiri bawah, antara lain:

Kelelahan

Mata lelah bisa disebabkan karena kelelahan akibat penggunaan yang intens, seperti mengendarai mobil dengan waktu yang panjang, membaca, atau bekerja di depan komputer atau gadget.

Mata yang lelah dapat menimbulkan serangkaian gejala seperti mata berkedut. Kondisi ini juga bisa membuat mata kamu menjadi kemerahan, berair, serta terasa gatal dan perih.

Stres

Jika kamu mengalami stres dapat menyebabkan kedutan mata kiri bawah. Stres juga menyebabkan otot-otot dan saraf-saraf di sekitar tubuh, termasuk mata, menegang secara berlebihan. 

Mata kering

Kamu dapat mengalami mata kiri bawah kedutan jika kamu sering menatap layar handphone, laptop, komputer atau gadget, rentan mengalami mata kering.

Tidak hanya itu saja, mata kering sering terjadi bagi orang yang minum obat-obatan tertentu seperti antihistamin dan antidepresan serta memakai kontak lensa.

Alergi 

Jika kamu mengalami alergi tertentu dapat memunculkan serangkaian gejala seperti mata gatal, merah, dan berair.

Selain itu, mata kedutan juga dapat terjadi ketika kamu mengucek mata dengan tangan, maka tubuh akan melepaskan histamin ke dalam jaringan di sekitar mata. 

Kekurangan nutrisi

Kamu dapat mengalami mata kedutan karena kekurangan nutrisi seperti magnesium dapat memicu terjadinya mata kedutan. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi agar terhindar dari berbagai penyakit seperti mata kedutan.

Menderita penyakit tertentu

Tidak hanya beberapa faktor penyebab yang telah dijelaskan di atas, mata mengalami kedutan di bagian kiri bawah dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. 

Penyakit yang bisa diderita antara lain seperti blepharitis, uveitis, sindrom tourette, dan bell’s palsy.

Cara menangani mata kedutan kiri bawah

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata berkedut di bagian kiri bawah, antara lain:

Pijat mata

Hal ini biasanya dilakukan untuk melemaskan otot-otot yang tegang dan kaku. Sama halnya pijat badan, pijat mata juga memiliki fungsi yang sama. Kamu bisa melakukan hal ini dengan sederhana di rumah.

Caranya dengan memijat lembut area alis dengan gerakan memutar selama beberapa menit untuk melemaskan otot-otot mata. Lalu, perlahan bergerak ke sisi luar mata, area bawah mata, dan bagian dalam mata.

Kompres mata

Kamu bisa melakukan kompres hangat di area sekitar mata. Lakukan cara ini setiap malam menjelang tidur hingga mata kamu terasa lebih rileks. Apabila kedutan masih berlangsung, coba untuk gonta-ganti kompres air hangat dengan air dingin setiap 10 menit sekali.

Tidur cukup

Usahakanlah tidur dengan cukup, jika beberapa hari kemarin kamu tidur larut karena begadang, maka mulai malam ini, cobalah untuk tidur 10-15 menit lebih awal dari jadwal tidur kamu.

Kurangi konsumsi alkohol dan kafein

Mata kedutan bisa disebabkan karena sering mengonsumsi alkohol dan kafein. Sebaiknya kamu mengurangi minum minuman beralkohol dan yang mengandung kafein. 

Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari minuman berenergi dan obat penghilang nyeri untuk sementara waktu. Kamu bisa menggantinya dengan minum air tonik, atau air kelapa. Air kelapa diklaim bisa melemaskan otot-otot yang tegang karena mengandung senyawa kimia quinine.

Lembapkan mata

Jika kamu mengalami mata berkedut di bagian kiri bawah bisa disebabkan kerana mata kering. Kamu bisa menggunakan air mata buatan sendiri untuk mengatasi hal ini.

Kamu juga bisa mendapatkan air mata buatan dengan mudah di berbagai apotek atau toko obat tanpa resep dokter. 

Namun harus diingat jangan lupa untuk selalu membaca label pemakaian yang tertera pada kemasan sebelum menggunakannya.

Kamu juga harus memperhatikan lebih lagi jika kamu mengalami mata kedutan kiri bawah yang tak kunjung hilang. Bisa jadi kamu menderita penyakit serius. Kamu bisa langsung menghubungi dan konsultasikan ke dokter mengenai masalah ini.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. mayoclinic.org (2019) diakses 6 Juli 2020. Eye twitching. 6 Juli 2020 pukul 21.30.
  2. healthline.com (2018) diakses 13 Juli 2020. Eyelid Twitch. 13 Juli 2020 pukul 16.00.
    Berita Terkait
    register-docotr