Kamus Penyakit

Biar Tidak Terlambat, Yuk, Kenali 7 Tanda dan Gejala Awal Kanker Ginjal

May 8, 2020 | Ahmad Ridwan
no-image

Mengenal gejala awal kanker ginjal sejak dini penting dilakukan untuk mencegah dampak yang lebih buruk. Kanker ginjal atau renal cell carcinoma (RCC) merupakan satu dari sepuluh jenis kanker paling umum ditemukan baik pada pria maupun wanita.

Pria memiliki tingkat risiko terkena kanker ginjal dua kali lebih tinggi dibanding wanita. Dan salah satu faktor risiko terbesar selain merokok dan paparan bahan kimia adalah kegemukan.

Nah, berikut adalah tanda dan gejala awal kanker ginjal yang perlu kamu tahu.

Tanda dan gejala awal kanker ginjal

1. BAK berdarah

BAK berdarah adalah salah satu gejala awal kanker ginjal yang paling umum. Bahkan Asosiasi Kanker Ginjal dunia menyebut 40 hingga 50 persen orang dengan kanker ginjal ditandai dengan BAK berdarah.

Pada sejumlah kasus, darah dapat menyebabkan perubahan warna seperti merah muda, kecoklatan, atau bahkan merah pada urin.

2. Benjolan pada pinggang

Gejala kanker ginjal berikutnya bisa ditandai dengan benjolan pada pinggang. Benjolan di perut, samping, atau belakang pinggang bisa menjadi tanda kanker ginjal. Sekitar 45 persen penderita kanker ginjal memiliki benjolan di pinggang.

3. Nyeri yang tidak hilang

Nyeri yang tidak hilang terutama pada bagian punggung memang tidak selamanya merupakan tanda atau gejala kanker ginjal. Terutama pada orang berusia di atas 40 tahun. Bisa karena muskuloskeletal atau degenerasi diskus.

Hanya saja, sekitar 41 persen orang yang mengidap kanker ginjal melaporkan nyeri punggung. Meski kebanyakan tidak mengalami sakit punggung sampai kanker tersebut berada pada tahap lanjut.

4. Kelelahan

Kelelahan adalah salah satu gejala paling umum yang ditemukan pada jenis kanker. Sekitar 70 hingga 100 persen orang yang menjalani perawatan kanker melaporkan dirinya mengalami kelelahan.

Kelelahan karena kanker berbeda dari sekadar merasa lelah karena kurang tidur. Kelelahan yang berhubungan dengan kanker terus berlanjut dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

5. Anemia

Sekitar 21 persen penderita kanker ginjal menderita anemia atau jumlah sel darah merah rendah. Biasanya ginjal memberi sinyal ke tubuh untuk membuat sel darah merah. Tetapi karena adanya kanker, sinyal itu terganggu.

Anemia juga dapat menyebabkan kelelahan semakin memburuk, sesak napas, pusing, dan kulit tampak pucat.

6. Penurunan berat badan tanpa sebab dan kurang nafsu makan

Gejala dan tanda kanker ginjal berikutnya bisa ditandai dengan penurunan berat badan drastis tanpa sebab. Sekitar 28 persen penderita melaporkan adanya gejala ini. Penurunan berat badan bisa terjadi sangat cepat akibat tumor menyebar ke organ lain.

7. Demam berminggu-minggu yang tidak disebabkan infeksi lain

Tanda berikutnya yang juga perlu kamu waspadai adalah demam berkelanjutan. Memang demam biasanya bukan gejala kanker ginjal, tetapi demam yang tidak dapat dijelaskan dan berulang berhubungan dengan kanker ginjal.

Terutama jika demam tersebut tidak disebabkan oleh infeksi serta datang dan pergi begitu saja.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

America Cancer Society (2017). Diakses 15 Desember 2019. Kidney Cancer Signs and Symptoms

WebMD. Diakses 15 Desember 2019. Understanding Kidney Cancer

Mayo Clinic. Diakses 15 Desember 2019. Kidney Cancer

    Berita Terkait
    register-docotr