Kamus Penyakit

Hati-hati, Ini Daftar Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Sering Dikonsumsi

July 23, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Batu ginjal merupakan endapan keras seperti batu yang menyebabkan rasa nyeri pada ginjal. Seringkali dikonsumsi, berikut ini makanan penyebab batu ginjal yang wajib kamu waspadai, simak ulasannya di bawah ini!

Makanan penyebab batu ginjal

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan yang sering dikonsumsi bisa saja menjadi penyakit. Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab batu ginjal yang sebaiknya kamu hindari, antara lain:

Daging merah

Meski rasanya sangat menggugah selera, ternyata daging merah merupakan salah satu makanan penyebab batu ginjal yang harus kamu hindari. Hal ini karena daging mengandung kadar protein tinggi yang menyebabkan batu ginjal.

Di mana sisa penguraian protein yang dihasilkan tubuh tidak mudah untuk dibuang sehingga ginjal harus bekerja dengan keras. Alhasil membuat ginjal terserang penyakit batu ginjal. 

Minuman berkarbonasi

Jika kamu sering mengonsumsi minuman berkarbonasi seperti soda dan minuman energi lainnya dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Kandungan asam fosfat yang ada di dalam minuman berkarbonasi dapat menyebabkan batu ginjal dan meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

Kafein

Makanan penyebab batu ginjal selanjutnya adalah kafein. Mengonsumsi kafein yang berlebih dapat meningkatkan sekresi kalsium dalam urine sehingga memicu batu ginjal. Selain itu, sifat dieuretik pada kafein juga memicu dehidrasi yang merupakan faktor penyebab batu ginjal.

Pemanis buatan

Pemanis buatan mengandung struktur kimia yang kompleks sehingga ginjal pun harus bekerja ekstra keras untuk mengurainya menjadi lebih sederhana. Pada dasarnya kamu boleh mengonsumsi pemanis buatan tetapi harus dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Karbohidrat murni

Karbohidrat murni seperti nasi putih, gula, dan tepung halus menghasilkan tingkat tinggi insulin yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Hal inilah yang dapat memicu infeksi saluran kencing dan pembentukan batu ginjal.

Produk susu

Makanan penyebab batu ginjal selanjutnya adalah susu. Susu mengandung kalsium yang sangat tinggi sehingga jika kamu terlalu banyak mengonsumsi produk susu dapat meningkatkan darah kalsium dalam darah. 

Selain itu, kalsium juga mampu bersenyawa dengan asam fosfat atau nitrat di dalam ginjal membentuk senyawa lain yang berupa endapan yaitu batu ginjal. Oleh karena itu, mengonsumsi susu bisa menyebabkan batu ginjal. 

Alkohol

Sebaiknya kamu menghindari minuman yang satu ini. Hal ini dikarenakan alkohol memiliki sifat dieuretik yang membuat mudah dehidrasi. Alkohol bisa memicu terbentuknya batu ginjal di tubuh kamu, apalagi jika kamu sudah kecanduan dengan minuman yang satu ini.

Garam atau sodium

Jika kamu mengonsumsi garam berlebih dapat berisiko menyebabkan batu ginjal. Garam mengandung sodium yang tinggi dan dapat memicu terbentuknya endapan pada ginjal. 

Selain itu, beberapa makanan kemasan seperti mie instan, kecap, sosis, nugget, ham dan makanan kaleng ternyata juga tinggi akan sodium. Sebaiknya, kamu jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut.

Penyebab batu ginjal berdasarkan jenisnya

Tidak hanya makanan saja, ternyata ada penyebab utama batu ginjal berdasarkan jenisnya, antara lain:

Batu kalsium

Batu kalsium merupakan jenis batu yang membuat seseorang terkena batu ginjal. Batu kalsium dapat terbentuk akibat terlalu banyak kalsium oksalat dalam urine. 

Kalsium oksalat dipengaruhi oleh ekskresi kalsium dan oksalat yang tinggi. Jika urine terlalu banyak mengandung oksalat daripada cairannya, hal inilah yang dapat membentuk batu ginjal. 

Batu struvit

Batu struvit juga dapat membentuk batu ginjal pada tubuh. Jika kamu suka mengonsumsi makanan mentah sebaiknya perhatikan hal ini karena beberapa diantaranya yang mengandung bakteri pembentuk struvit.

Urine yang tercampur dengan urea ternyata bisa dipecah menjadi amonia akibat adanya bakteri tanah yang masuk saluran kemih. Hal ini yang ternyata bisa membentuk batu struvit. 

Batu asam urat

Ini merupakan jenis batu ginjal yang seringkali terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Batu ginjal terbentuk saat pH urine berada dalam keadaan asam untuk jangka waktu yang lama. Diet yang tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam urine.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr