Kehamilan

Moms Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil? Atasi dengan Cara Ini

July 23, 2020 | Fitri Chaeroni
no-image

Pernahkah Moms tiba-tiba merasa tidak nafsu makan saat hamil? Rasanya selalu tidak tertarik saat melihat makanan, atau bisa juga merasa lapar tetapi tidak bisa makan.

Jika Moms pernah merasakan ini, mungkin Moms juga penasaran apa sih penyebabnya? Apakah gejala ini aman? Serta bagaimana cara mengatasinya?

Untuk tahu jawabannya, Moms bisa simak ulasan ini hingga tuntas ya.

Penyebab tidak nafsu makan saat hamil

Pada tahap awal kehamilan, kehilangan nafsu makan biasanya terjadi dengan timbulnya morning sickness pada orang tersebut. Dilansir dari Parenting, diperkirakan bahwa gejala kehilangan nafsu makan ini terjadi pada sekitar 70 hingga 85 persen wanita hamil.

Morning sickness berkembang pada ibu hamil sebagai metode naluriah tubuh untuk melindungi janin yang sangat kecil dari segala makanan berbahaya yang mungkin telah dimakan oleh ibu.

Ini menjelaskan hilangnya nafsu makan yang terlihat pada trimester pertama. Peningkatan hormon pada ibu hamil, termasuk hormon seperti estrogen dan hormon kehamilan hCG, juga berkontribusi pada hilangnya nafsu makan.

Perubahan ini membuat ibu semakin sensitif terhadap bau di sekitarnya dan membuatnya lebih rentan terhadap serangan mual. Pada beberapa wanita, itu juga menyebabkan hilangnya rasa di seluruh lidah.

Baca Juga : Sering Tidak Nafsu Makan? Bisa Jadi Kondisi Ini Penyebabnya!

Cara mengatasi tidak nafsu makan saat hamil

Meskipun tidak nafsu, Moms harus tetap makan karena janin butuh asupan nutrisi yang cukup untuk berkembang dengan baik.

Meski terasa berat, berpikirlah bahwa ini semua demi si jabang bayi. Moms bisa lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi nafsu makan yang hilang saat hamil.

1. Prioritaskan makanan

Saat nafsu makan berkurang, sebaiknya Moms tetap makan beberapa jenis makanan di bawah ini. 

Banyak dari makanan berikut ini mudah dibuat, ukuran porsi kecil, mengenyangkan, dan mudah dicerna perut.

  • Makanan kaya protein: seperti telur rebus, yogurt Yunani, buncis panggang, keju dan kerupuk, dan irisan ayam, kalkun, atau ham disajikan dingin
  • Sayuran mentah tinggi serat: ubi jalar, kacang hijau, wortel bayi (dikukus atau mentah), dan salad bayam mentah
  • Snack manis dan sederhana: seperti buah beri dan oatmeal
  • Biji-bijian
  • Sup
  • Asupan cairan yang cukup

Beberapa jenis makanan tersebut harus diprioritaskan untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup untuk Moms dan bayi.

2. Lakukan ini jika penyebabnya mual

Jika Moms mengalami hilang nafsu makan karena rasa mual dan juga muntah, maka cobalah untuk lebih banyak makan snack ringan lebih sering ketimbang makan berat.

Hindari makanan pedas dan berlemak, atau Moms juga menambahkan jahe dalam hidangan. Mual dan muntah yang parah mungkin memerlukan metode perawatan yang berbeda, termasuk obat-obatan dan cairan intravena (IV).

3.Strategi lain saat tidak nafsu makan saat hamil

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan nutrisi selama kehamilan yang Moms dan bayi butuhkan jika Moms tidak nafsu makan pada trimester pertama kehamilan:

  • Banyak minum. Memastikan Moms mengonsumsi cukup cairan lebih penting daripada berpatokan pada asupan kalori tertentu. Cobalah untuk menargetkan sekitar delapan hingga 10 gelas air, termasuk dari sayuran dan buah-buahan. Air hangat dengan lemon atau jahe, bisa menjadi pengganti untuk air putih jika mual.
  • Makan dengan porsi kecil. Makanlah enam porsi kecil sehari (tubuh Moms mungkin akan melepaskan sinyal kelaparan setiap dua jam).
  • Makan makanan ringan. Pada siang hari ketika selera makan Moms muncul sebentar, konsumsilah sebanyak mungkin protein dan karbohidrat kompleks, yang akan membuat gula darah Moms stabil dan kenyang sedikit lebih lama. 
  • Hindari makanan berbau tajam. Itu termasuk hidangan pedas dan berlemak -yang mungkin berarti melewatkan makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan chicken nugget.
  • Ubah suhunya. Banyak wanita lebih suka makanan dan minuman mereka dingin saat mereka hamil, sementara yang lain suka panas.
  • Minum vitamin. Mengonsumsi suplemen dan vitamin sebelum dan selama kehamilan baik untuk memastikan tubuh Moms dan bayi mendapat nutrisi yang cukup.
  • Dapatkan bantuan tambahan. Untuk membantu mengatasi mual, bicarakan dengan dokter tentang vitamin prenatal khusus dengan tambahan B6. 
  • Atau tanyakan pada dokter tentang obat resep, yang mengandung kombinasi vitamin B dan antihistamin yang dapat membantu mengurangi mual dan meningkatkan nafsu makan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 19 Juli 2020. How to Manage Appetite Loss During Pregnancy

Parenting. Diakses pada 19 Juli 2020. Loss of Appetite during Pregnancy – Reasons & Remedies

What to Expect. Diakses pada 19 Juli 2020. Appetite Loss During Pregnancy

    Berita Terkait
    register-docotr