Olahraga

Sering Ngantuk Setelah Olahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

May 29, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Olahraga adalah aktivitas yang bisa memberi banyak efek positif bagi kesehatan. Namun, sebagian orang mengeluh ngantuk setelah olahraga, hingga akhirnya tak jarang yang memutuskan untuk istirahat atau bahkan tidur beberapa saat.

Lantas, normalkah merasa mengantuk setelah berolahraga? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Ngantuk setelah olahraga, normalkah?

Merasa ngantuk setelah olahraga adalah hal yang sangat normal dan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Hal tersebut biasa terjadi setelah kamu memaksakan fisik untuk beraktivitas yang lebih berat dari biasanya.

Kamu mungkin akan terasa lebih mengantuk jika olahraga yang dilakukan tergolong latihan intensitas tinggi. Itu akan membuat energi terkuras dan membuatmu merasa lelah sesudahnya.

Sebaliknya, olahraga ringan seperti jalan santai biasanya tidak akan membuat seseorang lelah. Namun, ini semua tergantung pada kondisi masing-masing.

Biasanya kondisi ini dipengaruhi oleh tingkat kebugaran, kecukupan asupan air, hingga kualitas tidur di waktu sebelumnya.

Baca juga: Badan Sakit setelah Olahraga, Normal atau Tidak?

Mengapa bisa terjadi?

Ngantuk setelah olahraga adalah respons alami tubuh terhadap aktivitas yang baru saja kamu lakukan. Saat berolahraga, otot dan tulang akan berkontraksi berulang kali. Hal itu memicu peningkatan molekul adenosin trifosfat (ATP) untuk menciptakan kontraksi tersebut.

Setelah beberapa menit berolahraga, kadar ATP akan menurun. Kemampuan otot juga akan berkurang, sehingga kamu mudah merasa lelah sesudahnya. Kondisi itu disebut dengan kelelahan primer (peripheral fatigue).

Selain itu, sistem saraf pusat di otak juga ikut andil membuatmu ngantuk setelah olahraga. Sesudah olahraga, sistem saraf pusat secara berulang mengeluarkan sinyal untuk mengaktifkan otot.

Di waktu yang hampir bersamaan, olahraga dapat meningkatkan pelepasan berbagai hormon seperti serotonin dan dopamin. Ini akan memberi efek kantuk setelah berolahraga.

Faktor dan penyebab ngantuk setelah olahraga

Selain mekanisme di atas, ada banyak hal lain yang bisa membuatmu merasa lelah dan ngantuk setelah olahraga. Mulai dari olahraga yang lebih berat dari biasanya, kurang cairan, hingga tidak memiliki kualitas tidur yang baik.

Olahraga di waktu yang tidak tepat

Tubuh mempunyai ritme sirkadian, yaitu proses adaptasi dalam menjalankan kebiasaan, pada umumnya dipengaruhi oleh terang (siang) dan gelap (malam). Ini berhubungan dengan tekanan darah dan detak jantung.

Berolahraga di waktu yang tidak biasanya bisa membuatmu mengantuk. Ibarat burung hantu yang akan kesulitan memusatkan perhatian saat beraktivitas di pagi hari, karena memang terbiasa hidup di malam hari.

Tidur tidak berkualitas

Tidur dan olahraga berjalan beriringan. Menurut Johns Hopkins Medicine, olahraga teratur terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Di sisi lain, kualitas tidur yang tidak baik juga bisa membuatmu rentan mengantuk saat beraktivitas berat di pagi atau siang hari.

Selain itu, menurut National Sleep Foundation, tidur yang cukup bisa mengembalikan energimu. Berolahraga di saat tubuh kekurangan energi dapat membuatmu mengantuk.

Kondisi medis tertentu

Meski jarang, munculnya rasa kantuk setelah beraktivitas berat seperti olahraga bisa mengindikasikan adanya gangguan medis tertentu, misalnya sleep apnea.

Sleep apnea sendiri adalah gangguan tidur berupa berhentinya napas beberapa detik saat kamu terlelap. Orang yang mengidap sleep apnea akan rentan mengantuk di siang hari.

Kekurangan asupan cairan

Minum cukup air adalah hal yang penting dalam menjalani aktivitas harian, apalagi saat berolahraga. Ketika olahraga, tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat. Jika kadar cairan di dalam tubuh tidak mencukupi, kamu rentan terkena dehidrasi.

Dikutip dari laman University of Utah, dehidrasi bisa membuatmu merasa lelah, terutama setelah menjalankan aktivitas berat seperti olahraga.

Terlalu memaksakan diri

Sebagian orang tertantang untuk melakukan olahraga berat, termasuk yang sebenarnya belum pernah dilakukan. Semakin dipacu, tubuh akan menggunakan lebih banyak ATP untuk menghasilkan energi agar bisa terus bergerak. Efeknya, kamu akan mudah mengantuk setelah itu.

Bagaimana cara mengatasinya?

Hal yang bisa kamu lakukan agar tidak ngantuk setelah olahraga adalah dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan, seperti:

  • Jangan paksakan diri dan sesuaikan jenis olahraga dengan kemampuan tubuh
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Pastikan untuk mempunyai tidur yang berkualitas dengan durasi 7-9 jam per hari
  • Untuk kasus yang disebabkan oleh kondisi medis, berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan solusi

Nah, itulah ulasan tentang beberapa hal yang bisa membuat seseorang rentan ngantuk setelah olahraga. Agar olahraga bisa berjalan lancar tanpa ada efek mengantuk setelahnya, lakukan beberapa langkah pencegahan seperti yang telah disebutkan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 21 Mei 2021,  Is It Normal to Take a Nap After a Workout?[MH1]
  2. Live Strong, diakses 21 Mei 2021, 4 Reasons You’re So Tired After a Workout and What to Do About It.
  3. University of Utah, diakses 21 Mei 2021, TOUGH WORKOUTS? YOU COULD BE DEHYDRATED.
  4. National Sleep Foundation, diakses 21 Mei 2021, What Happens When You Sleep?
  5. Johns Hopkins Medicine, diakses 21 Mei 2021, Exercising for Better Sleep.

    register-docotr