Kamus Obat

Povidone Iodine

December 21, 2020 | Arin Khurota | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Povidone iodine merupakan obat luar yang mungkin lebih sering dikenal dengan sebutan Betadine. Obat ini diklaim paling aman dan efektif sebagai antiseptik.

Obat ini termasuk obat bebas terbatas. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan obat ini.

Untuk apa obat povidone iodine?

Povidone iodine salah satunya adalah obat kumur yang digunakan untuk menjaga kebersihan mulut. Obat ini sering juga disebut iodopovidone atau Betadine.

Selain itu, povidone iodine juga digunakan untuk mengatasi iritasi kulit lainnnya. Sediaan povidone iodine disesuaikan dengan tujuan penggunaan obat.

Obat ini termasuk obat bebas, sehingga kamu tidak perlu resep dokter untuk mendapat obat ini di apotek terdekat.

Apa fungsi dan manfaat obat povidone iodine?

Povidone iodine berfungsi sebagai cairan desinfeksi akibat luka bakar, luka parut dan luka bernanah akibat infeksi bakteri.

Obat ini juga biasa dimanfaatkan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan seperti berikut:

Iritasi vagina

Iritasi pada vagina merupakan gejala tidak nyaman, terkadang terasa gatal dan menyakitkan akibat zat iritan, infeksi dan menstruasi atau menopause.

Gangguan ini juga dapat terjadi akibat dari kelainan kulit tertentu atau penyakit menular seksual (PMS).

Dalam kasus tertentu, gatal pada vagina dapat berkembang karena stres atau kanker vulva.

Povidone iodine bisa menjadi alternatif untuk mengatasi gangguan di area kewanitaan.

Cara mengobatinya cukup dengan menggunakan sediaan povidone iodine douche yang bisa langsung digunakan dengan aplikator khusus.

Profilaksis infeksi mata setelah prosedur pembedahan

Teknik profilaksis infeksi mata ditujukan untuk mengurangi organisme pada permukaan mata sebelum operasi, mengurangi paparan organisme selama prosedur operasi, dan membasmi bakteri yang masuk ke mata setelah operasi katarak selesai.

Pencegahan endophthalmitis setelah prosedur operasi katarak sangat penting dilakukan karena infeksi mata yang parah ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

Oleh karena itu, menggunakan larutan povidone iodine secara khusus dalam bentuk larutan/solution steril dapat mencegah infeksi. Perawatan mata pasca operasi katarak akan diberikan secara terkontrol oleh dokter.

Mengingat mata sangat rentan terutama setelah pembedahan. Penggunaan povidone ditujukan untuk mencegah adanya pertumbuhan bakteri dan meminimalkan risiko infeksi setelah operasi.

Infeksi mulut dan tenggorokan

Infeksi mulut memiliki gejala yang mirip dengan nyeri dan peradangan pada tenggorokan. Mungkin, tanda infeksi yang paling mudah dijumpai adalah muncul bercak putih yang sangat perih, seperti sariawan.

Biasanya, untuk mengobati gangguan infeksi mulut dan tenggorokan, povidone iodine dibuat sebagai sediaan obat kumur (mouthwash).

Obat ini juga digunakan sebagai obat kebersihan mulut untuk mencegah terjadinya infeksi dan sariawan.

Acne vulgaris

Acne vulgaris adalah penyakit kulit kronis yang umum terjadi, lebih dikenal sebagai jerawat. Masalah kesehatan ini melibatkan jerawat yang sulit diobati dan hampir merata.

Jerawat terjadi akibat penyumbatan pada bagian pilosebasea kulit sehingga terjadi pembengkakan di area folikel rambut atau pada kelenjar sebaceous. Selain pada wajah, jerawat juga bisa muncul di punggung dan dada.

Penggunaan povidone iodine untuk jerawat biasanya tanpa langsung diencerkan. Cairan povidone bisa langsung dioleskan menggunakan cotton bud pada area jerawat.

Dermatitis seboroik dan pyoderma

Pyoderma gangrenosum adalah kondisi langka yang menyebabkan luka besar dan nyeri mirip bisul yang berkembang pada kulit. Infeksi ini paling sering dijumpai pada kaki.

Penyebab pasti dari pyoderma gangrenosum tidak diketahui, tetapi tampaknya masalah kesehatan ini disebabkan karena kelainan sistem kekebalan.

Ulkus pyoderma gangrenosum dapat berkembang dengan cepat jika tidak segera diobati.

Gejala pyoderma hampir sama dengan dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik ditandai dengan kulit bersisik merah.

Akan tetapi, dermatitis seboroik biasa muncul pada kulit kepala, alis, bagian tengah wajah, telinga, dada bagian tengah, dan punggung.

Povidone biasa digunakan sebagai bentuk pencegahan infeksi kulit maupun untuk mengobati. Dosis penggunaan povidone disesuaikan dengan tujuan pengobatan.

Baik untuk pyoderma maupun dermatitis seboroik, povidone biasa dilarutkan dahulu dalam air sebelum digunakan untuk membasahi bagian yang terinfeksi.

Merek dan harga obat povidone iodine

Selain terkenal dengan merek betadine, povidone iodine juga memiliki beberapa macam nama yang telah beredar di masyarakat.

Nama generik

  • Povidone iodine 10%, sediaan larutan 60ml produksi Kimia Farma yang biasa dipasarkan dengan harga sekitar Rp10.449/botol.
  • Povidone iodine 10%, sediaan larutan 30ml yang bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp4.573/botol.
  • Povidone iodine 10%, sediaan larutan 15ml yang biasa dijual dengan harga sekitar Rp3.000-4.500/botol.

Nama paten

  • Betadine solutio 5ml, sediaan larutan mengandung povidone iodine 10% yang biasa dijual dengan harga sekitar Rp6.252/botol.
  • Ecodine 60ml, sediaan larutan povidone yang diproduksi Jayamas Medica Industri, biasa dijual dengan harga sekitar Rp 8.163/botol.
  • Povidone Iod One Med 60ml, sediaan larutan povidone 10% produksi One Med yang bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp9.380/botol.
  • Betadine Spray 55g, sediaan antiseptik semprot yang praktis digunakan. Biasa dijual dengan harga sekitar Rp94.266/botol.
  • Betadine Vaginal Douche 100ml plus aplikator. Sediaan mengandung povidone iodide 10% yang khusus digunakan untuk mengatasi keputihan. Biasa dijual dengan harga Rp132.096/botol.
  • Betadine Oint 20g, sediaan povidone iodide berupa salep yang biasa digunakan untuk luka terbuka atau luka bakar. Kamu bisa mendapatkan obat ini dengan harga Rp35.787/tube.
  • Betadine Oint 10g, sediaan salep povidone yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp24.571/tube.
  • Betadine Oint 5g, salep povidone yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp14.021/tube.
  • Betadine gargle 100ml, sediaan povidone iodide untuk obat kumur yang bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp21.047/botol.
  • Betadine gargle 190ml, sediaan larutan obat kumur mengandung povidone iodide 1% yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp37.321/botol.

Bagaimana cara pakai povidone iodine?

Gunakan povidone iodine (produk topikal) seperti yang ditentukan oleh dokter. Baca intruksi cara pakai yang tersedia pada kemasan.

Bersihkan dahulu area yang hendak diobati. Waktu paling baik untuk mengaplikasikan pengobatan adalah setelah mandi.

Jangan mengonsumsi povidone-iodine (produk topikal) melalui mulut. Gunakan hanya pada kulit dan jauhkan dari mulut dan mata.

Untuk obat kumur, tuang larutan dalam tutup botol sesuai ukuran (15ml), kemudian kumur-kumur selama 30-60 detik. Keluarkan larutan dan jangan ditelan.

Sediaan larutan antiseptic cukup dioleskan pada bagian yang sakit menggunakan ala toles seperti cotton bud. Pastikan area yang ingin diobati telah dibersihkan.

Sediaan povidone vaginal douche diaplikasikan dengan memasukkan obat dalam lubang vagina menggunakan aplikator yang telah tersedia.

Sediaan povidone salep bisa langsung dioleskan pada luka setelah luka dibersihkan. Kemudian tutup dengan kasa steril.

Berapa dosis obat povidone iodine?

Pengobatan infeksi mulut dan tenggorokan

  • Dewasa: larutan povidone 1% sebanyak 10ml dilarutkan dalam air hangat dengan volume yang sama. Kumur selama 30-60 detik 4 kali sehari hingga 14 hari, atau sesuai petunjuk yang tersedia.
  • Anak usia di atas 6 tahun sama dengan dosis dewasa

Profilaksis infeksi mata setelah prosedur pembedahan

Dewasa: povidone larutan 5% teteskan 2-3 tetes ke mata yang sakit, biarkan selama 2 menit lalu bilas dengan larutan natrium klorida 0,9%.

Acne vulgaris

  • Dewasa: larutan povidone 4% dapat langsung dioleskan dengan spons yang dibasahi atau cotton bud ke area jerawat, biarkan selama 3-5 menit lalu bilas dengan air.
  • Anak usia di atas dua tahun sama dengan dosis dewasa.

Pyoderma, dermatitis seboroik

  • Dewasa: Larutan povidone 4% 2-3 tutup botol penuh dioleskan ke kulit kepala yang telah dibasahi, bilas.
  • Anak di atas usia 2-12 tahun, larutan povidone 2% oleskan 1-2 tutup botol di kulit kepala yang basah, bilas.
  • Ulangi seminggu sekali hingga didapatkan efek terapi yang diharapkan.

Antiseptik

  • Dewasa: larutan povidone 5-10%, gel 10%, salep 10%, atau semprotan aerosol 10% gunakan sesuai petunjuk yang tersedia pada kemasan.
  • Anak di atas 2 tahun sama dengan dosis dewasa

Apakah povidone iodine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Sediaan povidone larutan dikategorikan sebagai golongan D, artinya terdapat bukti positif efek samping penggunaan obat terhadap janin.

Namun, penggunaan obat dapat dilakukan mengingat manfaat yang lebih besar dari risiko, dalam kondisi tertentu seperti operasi.

Sediaan povidone tetes mata dikategorikan sebagai golongan C, studi pada hewan percobaan menunjukkan efek samping, tetapi belum ada penelitian memadai mengenai efek samping pada manusia.

Sebaiknya bagi ibu hamil dan menyusui konsultasikan dahulu dengan dokter atau apoteker apabila hendak menggunakan obat ini.

Apa efek samping obat povidone iodine yang mungkin terjadi?

Meskipun gejala efek samping jarang terjadi, ada kemungkinan beberapa orang mengalami efek samping setelah menggunakan obat ini.

Segera hentikan pemakaian dan beritahu dokter apabila gejala efek samping berikut muncul:

  • Tanda-tanda reaksi alergi, seperti ruam; gatal-gatal; kulit merah, bengkak, melepuh, atau mengelupas, sesak napas, kesulitan bernapas, atau pembengkakan pada mulut, wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Kemerahan pada bekas area yang diobati
  • Iritasi parah

Peringatan dan perhatian

  • Beritahu dokter apabila sebelumnya kamu memiliki riwayat alergi povidone iodine
  • Beritahu dokter apabila kamu memiliki gigitan hewan atau luka tusuk yang dalam.
  • Beritahu dokter apabila kamu mengalami luka bakar atau luka yang sangat parah.
  • Beritahu dokter tentang semua obat yang sedang kamu gunakan (obat resep, produk herbal, vitamin).
  • Konsultasikan kembali pada dokter apabila gejala memburuk setelah penggunaan obat lebih dari 7 hari
  • Obat ini bisa membahayakan jika tertelan. Jika povidone iodine (produk topikal) tertelan, minum air putih yang banyak dan segera hubungi dokter.
  • Beritahu dokter apabila kamu sedang hamil, menyusui, atau berencana untuk hamil
  • Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan obat
  • Obat hanya untuk penggunaan luar (topikal).

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr