Kamus Obat

Nystatin

March 1, 2021 | Arin Khurota | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Nystatin (nistatin) merupakan antibiotik yang didapatkan dari bakteri Streptomyces moursei. Obat ini ditemukan pada 1950 dan kini telah masuk dalam daftar obat esensial organisasi kesehatan dunia (WHO).

Berikut informasi selengkapnya mengenai nystatin, manfaat, dosis, cara pakai, serta risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Untuk apa obat nystatin?

Nystatin adalah obat antijamur untuk mengatasi beberapa infeksi kandidiasis, termasuk sariawan, kandidiasis esofagus, dan infeksi jamur pada vagina.

Obat ini juga dapat diberikan untuk kamu yang memiliki risiko tinggi infeksi kandidiasis. Nystatin telah tersedia sebagai obat generik dalam bentuk sediaan oral, tablet vagina, atau dioleskan ke kulit.

Apa fungsi dan manfaat obat nystatin?

Nystatin berfungsi sebagai agen antijamur yang bekerja dengan cara mengganggu membran sel dari sel jamur dengan mengikat sterol, terutama ergosterol. Akibatnya, membran sel jamur tidak dapat berfungsi semestinya dan akhinya mengalami lisis (hancur).

Umumnya nystatin digunakan karena memiliki manfaat untuk mengobati infeksi jamur yang berhubungan dengan kondisi berikut:

Kandidiasis kulit

Nystatin dapat diberikan sebagai pengobatan topikal untuk infeksi kulit atau mukokutan. Infeksi ini termasuk kandidiasis intertriginous dan ruam popok kandida yang disebabkan oleh Candida albicans.

Beberapa dokter juga merekomendasikan bahwa antijamur oral, misalnya nystatin oral atau flukonazol, dapat digunakan secara bersamaan untuk mengobati kemungkinan infeksi usus yang menyertai.

Meskipun beberapa penelitian belum memberikan bukti bahwa terapi topikal dan oral bersamaan lebih efektif daripada terapi topikal saja. Akan tetapi, beberapa dokter menyarankan bahwa kombinasi tersebut mungkin diperlukan untuk mengobati kasus infeksi candida yang parah.

Kandidiasis orofaring

Nystatin juga digunakan sebagai pengobatan topikal pada kasus kandidiasis rongga mulut, seperti kandidiasis orofaringeal dan sariawan.

Namun, beberapa lembaga medis dunia merekomendasikan pengobatan topikal dengan tablet hisap klotrimazol atau tablet bukal mikonazol untuk kandidiasis orofaringeal ringan. Nystatin suspensi oral juga dapat menjadi pengobatan alternatif yang direkomendasikan.

Selain itu, obat ini juga direkomendasikan untuk mengobati kandidiasis orofaringeal tanpa komplikasi pada anak-anak yang terinfeksi HIV. Namun, pengobatan awal untuk kandidiasis orofaringeal sedang sampai berat lebih disarankan untuk menggunakan flukonazol oral.

Kandidiasis gastrointestinal

Kandidiasis gastrointestinal umumnya ditandai dengan munculnya infeksi jamur di mulut atau usus yang dikenal juga sebagai infeksi kandidiasis oral. Infeksi ini disebabkan terutama oleh Candida albicans.

Pengobatan untuk kandidiasis gastrointestinal dapat diberikan pengobatan antijamur sistemik, seperti nystatin oral. Pengobatan topikal tidak akan efektif untuk mengatasi kandidiasis gastrointestinal.

Profilaksis kandidiasis

Nystatin dapat diberikan sebagai pencegahan (profilaksis) kandidiasis terutama pada penerima transplantasi, penderita kanker, atau pasien lain yang berisiko tinggi.

Umumnya obat ini diberikan sebagai profilaksis infeksi kandida pada pasien yang menerima terapi imunosupresif. Namun, profilaksis antijamur rutin terhadap Candida pada pasien neutropenik tidak begitu disarankan, tetapi dapat dilakukan apabila infeksi cukup besar.

Beberapa agen antijamur lain yang juga direkomendasikan termasuk antijamur azol sistemik (flukonazol, itrakonazol, posaconazole, vorikonazol) atau echinocandin (caspofungin, mikafungin).

Obat nystatin oral direkomendasikan terutama untuk pencegahan risiko infeksi kandida pada bayi baru lahir dengan berat lahir rendah yang berisiko tinggi. Namun, tujuan profilaksis ini masih belum disetujui oleh beberapa peneliti medis dunia.

Obat ini dapat diberikan apabila terapi rekomendasi, seperti flukonazol tidak tersedia. Selain itu, pemberian obat dapat dilakukan apabila flukonazol tidak boleh digunakan karena kekhawatiran terkait resistensi.

Merek dan harga obat nystatin

Nystatin telah mendapatkan izin edar untuk penggunaan medis di Indonesia. Kamu mungkin memerlukan resep dokter untuk medapatkan obat ini karena nystatin termasuk dalam golongan obat keras.

Berikut informasi mengenai beberapa merek obat nystatin beserta harganya yang bisa kamu dapatkan di apotek:

Obat generik

  • Nystatin 500.000IU oral tablet. Sediaan tablet generik yang diminum melalui mulut untuk mengatasi kandidiasis mulut dan usus. Obat ini diproduksi oleh PT Phapros dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp1.714/tablet.
  • Nystatin 100.000IU/mL drop 12mL. Sediaan generik berupa obat tetes oral untuk kandidiasis pada rongga mulut. Obat ini diproduksi oleh Bernofarm dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp33.899/pcs.
  • Nystatin 100.000IU/mL suspensi 12mL. Sediaan larutan suspensi untuk mengobati kandidiasis rongga mulut. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp28.552/botol.
  • Nystatin 100.000IU vaginal tablet. Sediaan tablet vagina untuk mengobati kandidiasis vaginal. Obat ini diproduksi oleh PT Phapros dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp1.267/tablet.

Obat paten

  • Mycostatin 100.000IU/mL oral suspensi 30mL. Sediaan larutan suspensi oral untuk mengobati kandidiasis rongga mulut. Obat ini diproduksi oleh Taisho Pharmaceutical Indonesia dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp167.633/botol.
  • Provagin Ovula. Sediaan tablet vagina untuk mengobati vaginitis akibat infeksiTrichomonas vaginalis dan Candida albicans. Obat ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp19.148/tablet.
  • Anystin drop 12mL. Sediaan obat tetes oral untuk mengobati infeksi kandidiasis oral. Obat ini diproduksi oleh Kalbe Farma dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp52.617/botol.
  • Nyndia oral drop 12mL. Sediaan obat tetes oral yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp53.959/botol.
  • Candistin suspensi drop 12mL. Sediaan obat tetes oral untuk mengobati sariawan akibat infeksi jamur. Obat ini diproduksi oleh PT Pharos dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp52.617/botol.
  • Candygal 100.000IU/mL suspensi 12mL. Sediaan larutan oral untuk mengobati kandidiasis pada rongga mulut. Obat ini diproduksi oleh Galenium dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp43.553/botol.
  • Myco-Z Ointment 10gr. Sediaan salep topikal mengandung nystatin 100.000IU dan zinc oxide 100mg. Obat ini diproduksi oleh Taisho dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp109.878/tube.

Bagaimana cara pakai obat nystatin?

Baca dan ikuti cara minum serta dosis yang telah diarakan oleh dokter. Jangan minum obat dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

Minum obat tablet dengan segelas air penuh. Jangan dikunyah, dihancurkan, atau dilarutkan dalam air kecuali atas arahan dari dokter.

Obat tablet bisa diminum dengan atau tanpa makanan. Saat kamu mengalami ketidaknyamanan perut saat minum obat ini, kamu bisa meminumnya bersama dengan makanan.

Kocok suspensi oral hingga tercampur sebelum kamu menakar dosis. Takar dosis obat dengan sendok takar yang telah tersedia bersama dengan obat. Jika kamu tidak memiliki alat pengukur dosis, tanyakan pada apoteker mengenai cara mengukur dosis yang tepat.

Saat menggunakan obat tetes oral untuk mengobati infeksi jamur di mulut, kamu mungkin perlu menahan obat dalam mulut selama mungkin. Teteskan obat pada rongga, tahan beberapa menit, kemudian telan.

Sediaan ovula atau tablet vagina digunakan dengan cara dimasukkan dalam vagina sebelum tidur.

Sediaan salep atau krim topikal bisa kamu oleskan ke area kulit yang dikehendaki setelah dibersihkan. Kamu bisa membasuh kulit dengan air hangat atau mengoleskan obat setelah mandi.

Gunakan obat sesuai dosis penuh yang ditentukan. Gejala mungkin membaik sebelum infeksi benar-benar sembuh. Jangan menghentikan pengobatan hingga dosis obat benar-benar habis. Meninggalkan dosis yang tersisa dapat mengakibatkan resistensi obat.

Beberapa merek obat nystatin bisa kamu simpan pada suhu ruangan jauh dari lembap dan panas matahari. Untuk sediaan ovula atau Bio-statin bisa kamu simpan dalam lemari pendingin, tetapi jangan dibekukan.

Berapa dosis obat nystatin?

Dosis dewasa

Kandidiasis oral

  • Dosis lazim: 100.000 unit diteteskan atau diminum empat kali sehari.
  • Dosis yang lebih tinggi dari 400.000-600.000 unit diberikan empat kali sehari juga dapat diberikan sesuai kebutuhan.
  • Durasi pengobatan umumnya 7-14 hari atau pengobatan dapat dilanjutkan setidaknya selama 48 jam setelah penyembuhan klinis tercapai.

Kandidiasis usus

  • Dosis lazim untuk sediaan suspensi: 500.000 unit empat kali sehari.
  • Sediaan tablet atau kapsul: 500,000-1,000,000 unit 3 atau 4 kali sehari.
  • Dosis untuk profilaksis: 1.000.000 unit setiap hari. Lanjutkan pengobatan setidaknya selama 48 jam setelah penyembuhan klinis tercapai untuk mencegah kekambuhan.

Infeksi mikotik kulit atau mukokutan

Sebagai krim, salep atau bedak tabur dapat diberikan dengan mengoleskan obat pada area yang terkena infeksi.

Kandidiasis vulvovaginal

  • Sebagai pessary: ​​100.000-200.000 unit setiap hari pada waktu sebelum tidur selama 14 hari berturut-turut atau lebih.
  • Sebagai krim vagina: Oleskan 100.000 unit (1 aplikator penuh) secara intravaginal 1 atau 2 kali sehari selama 14 hari atau lebih.

Dosis anak

Kandidiasis oral

  • Untuk bayi dapat diberikan dosis 100.000 unit diberikan empat kali sehari. Dosis yang lebih tinggi dari 200.000 unit diberikan empat kali sehari juga dapat diberikan sesuai kebutuhan.
  • Untuk anak-anak dapat diberikan dosis sama seperti dosis orang dewasa.
  • Untuk profilaksis kandidiasis rongga mulut pada bayi yang baru lahir dari ibu dengan riwayat kandidiasis vagina dapat diberikan dosis 100.000 unit satu kali sehari.

Kandidiasis usus

Sediaan suspensi oral untuk bayi dan anak-anak dapat diberikan dosis 100.000 unit ke dalam mulut 4 kali sehari.

Apakah nystatin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

U.S. Food and Drug Administration (FDA) telah memasukkan nystatin dalam golongan obat kategori kehamilan C.

Studi penelitian pada hewan percobaan telah menunjukkan bahwa obat ini dapat membahayakan janin (teratogenik). Namun, studi terkontrol pada wanita hamil masih belum memadai. Pengobatan dapat dilakukan apabila manfaat yang didapatkan lebih besar dari risikonya.

Saat ini masih belum diketahui apakah nystatin dapat terserap dalam ASI sehingga penggunaan obat hanya dilakukan atas rekomendasi dari dokter.

Apa efek samping obat nystatin yang mungkin terjadi?

Hentikan pemakaian obat dan hubungi dokter apabila muncul reaksi efek samping berikut setelah kamu menggunakan obat ini:

  • Tanda-tanda reaksi alergi, termasuk gatal-gatal, sulit bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • Detak jantung menjadi cepat
  • Kesulitan bernapas
  • Reaksi kulit yang parah, termasuk demam, sakit tenggorokan, bengkak di wajah atau lidah, mata terasa terbakar, nyeri kulit diikuti dengan ruam merah atau ungu yang menyebar.

Efek samping umum yang mungkin terjadi dari penggunaan nystatin, antara lain:

  • Iritasi mulut
  • Sakit perut, mual, muntah, atau diare
  • Ruam kulit

Peringatan dan perhatian

Jangan gunakan nystatin apabila kamu pernah mengalami reaksi alergi (ruam, sesak napas, mata bengkak) terhadap obat ini sebelumnya.

Beritahu dokter apabila kamu memiliki sistem kekebalan yang lemah, sedang hamil atau menyusui.

Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter atau apoteker sebelum memberikan obat ini kepada anak.

Selalu jaga kebersihan mulut saat kamu menggunakan nystatin oral untuk mengobati infeksi oral.

Beri tahu dokter dan apoteker apabila kamu mengonsumsi probiotik (suplemen untuk pencernaan yang baik) seperti Saccharomyces boulardii.

Beritahu dokter apabila kamu juga menggunakan obat hormon progesterone (vaginal) saat akan menggunakan obat ini.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

The National Health Service (NHS), diakses pada 16 Februari 2021, Nystatin: medicine to treat or prevent infections

MedlinePlus – Health Information from the National Library of Medicine, diakses pada 16 Februari 2021, Nystatin: MedlinePlus Drug Information

Drugsite Trust, diakses pada 16 Februari 2021, Nystatin monograph

The Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), diakses pada 16 Februari 2021, Nystatin – MIMS.com

Pusat Informasi Obat Nasional (Pionas), diakses pada 16 Februari 2021, NISTATIN | PIO Nas

    register-docotr