Diet dan Nutrisi

Wajib Dicoba, Menu Diet Tanpa Nasi yang Mudah dan Bergizi

May 9, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Menu diet tanpa nasi bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mendapatkan hidup lebih sehat. Nasi yang merupakan sumber karbohidrat utama masyarakat Indonesia, bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, misalnya obesitas.

Lalu, apa saja menu diet tanpa nasi yang memiliki kandungan gizi tinggi?

1. Menu diet tanpa nasi dengan sereal

Menu diet tanpa nasi pertama yang bisa kamu jajal adalah sereal. Meski terlihat simple, nyatanya makanan ini bisa menjadi pengganti nasi yang sangat efektif. Kamu bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari tepung gandum, bahan utama dari sereal.

Sereal sangat cocok untuk dijadikan menu diet pada pagi hari atau sarapan. Kamu bisa memadukannya dengan susu rendah lemak dan low sugar, sehingga kenikmatan paripurna tetap bisa didapatkan tanpa harus mengonsumsi karbohidrat jenuh seperti yang ada pada nasi.

Selain karbohidrat, sereal juga memiliki banyak kandungan bergizi lain yang tentu saja bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu, di antaranya adalah serat yang tinggi, zat besi, protein, dan vitamin B.

2. Menu diet tanpa nasi dengan oatmeal

Hampir mirip dengan sereal, kandungan karbohidrat pada tepung gandum juga bisa kamu jumpai pada oatmeal. Benar, makanan yang satu ini sudah menjadi teman setia bagi para pelaku diet tanpa nasi.

Dibanding sereal, oatmeal diklaim lebih efektif untuk menurunkan berat badan. Menurut publikasi Journal of American College of Nutrition, oatmeal bisa memberikan rasa kenyang berlebih pada perut, sehingga nafsu makanmu akan berkurang.

Usut punya usut, kandungan serat beta-glucan yang ada pada oatmeal punya andil besar membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang relatif lama. Ini disebabkan molekul dari beta-glucan lebih berat dan konsentrasinya lebih tinggi.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

3.  Menu diet tanpa nasi dengan kentang panggang

Sudah menjadi hal umum bahwa kentang merupakan sumber karbohidrat yang bisa didapatkan manusia selain dari nasi. Belakangan ini, semakin banyak orang yang melakukan diet kentang untuk menghindari asupan karbohidrat jenuh.

Kamu bisa mengolah kentang menjadi apa saja. Tapi, kentang panggang adalah salah satu alternatif terbaik agar tetap mendapatkan rasa yang nikmat.

Selain karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan nutrisi untuk membantu kinerja metabolisme tubuh, seperti vitamin B, serat tinggi, dan kalium.

Kentang sendiri sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi masyarakat Inggris. Di sana, mereka menjadikan kentang sebagai sumber karbohidrat dan bagian dari makanan bertepung lainnya. Menarik, bukan?

4. Menu diet tanpa nasi dengan roti

Lagi-lagi, gandum bisa menjadi menu diet yang bisa kamu terapkan. Roti gandum cokelat adalah pilihan terbaik untuk dijadikan menu diet andalan. Selain bisa memberikan energi, roti gandum mempunyai banyak nutrisi untuk tubuh, seperti vitamin B, mineral alami, dan serat yang tinggi.

Plain bread atau roti tawar putih sebenarnya juga baik untuk pengganti nasi, khususnya pada saat sarapan. Hanya saja, kandungan serat di dalamnya tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, kamu akan mudah merasa lapar.

Kombinasikan dengan makanan lain

Tubuh tidak hanya membutuhkan karbohidrat, tapi juga asupan nutrisi lainnya. Selain menu-menu diet di atas, kamu bisa memadukannya dengan beberapa makanan lain untuk menyeimbangkan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Telur

Pendamping menu diet tanpa nasi yang satu ini sangat mudah untuk dibuat dan diolah. Telur bisa menjadi sumber protein pelengkap karbohidrat. Kamu bisa memadukan telur pada roti gandum-mu, baik berupa scrambled egg, telur mata sapi, telur ceplok, atau yang lainnya.

Daging

Daging ayam atau daging sapi bisa menjadi pelengkap menu diet yang tepat. Bukan tanpa sebab, daging memiliki segudang nutrisi yang bisa menyeimbangkan gizi tubuhmu, seperti zat besi, protein, seng (zinc), dan berbagai vitamin.

Kamu bisa memadukan daging dengan kentang panggang yang telah kamu buat. Sangat nikmat!

Baca juga: Gemar Makan Daging Mentah? Awas, Penyakit Ini Mengintai!

Sayuran

Selain daging, tidak ada salahnya untuk membuat kombinasi antara kentang panggang dengan sayuran. Pilih sayur-sayuran hijau seperti bayam, selada, seledri, dan brokoli. Sayuran hijau memiliki kandungan fosfor yang tinggi, magnesium, zat besi, dan kalium.

Dengan demikian, asupan nutrisi lengkap bisa tetap kamu dapatkan meski sedang menjalani program diet.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah sumber kaya vitamin yang melimpah. Kamu bisa memakannya setelah menghabiskan oatmeal atau serealmu. Pilih buah yang mampu meningkatkan kadar antioksidan, seperti pisang, apel, kiwi, dan plum.

Hindari buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon, karena kadar gulanya sangat tinggi.

Baca juga: Ini Lho, Menu Diet Keto untuk Penderita Diabetes yang Perlu Kamu Tahu

Produk laut

Produk laut berupa ikan adalah makanan pendamping menu diet yang bisa kamu pilih. Bukan tanpa alasan, ikan laut adalah sumber omega-3 terbaik untuk kesehatan otak. Kamu bisa memadukan menu diet tanpa nasi-mu dengan salmon, makarel, tuna, dan ikan laut lainnya.

Itulah beberapa menu diet tanpa nasi yang bisa kamu terapkan di rumah. Tentu saja, penerapan yang disiplin akan membuatmu lebih mudah untuk mencapai hasil yang diinginkan. Selamat mencoba!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 4 Mei 2020, 19 Foods That Are High in Starch.
  2. NHS UK, diakses 4 Mei 2020, Starchy foods and carbohydrates.
  3. Harvard School of Public Health, diakses 4 Mei 2020, Carbohydrates.
  4. DietDoctor.com, diakses 4 Mei 2020, Low-carb food- what to eat.

    register-docotr