Diet dan Nutrisi

6 Sumber Antioksidan Alami yang Mudah Diperoleh dari Makanan, Apa Saja?

August 13, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Antioksidan merupakan senyawa yang diproduksi di tubuh. Mereka memiliki fungsi yang penting. Untuk mencukupi kebutuhan antioksidan, kamu dapat memperolehnya dari sumber antioksidan alami seperti makanan.

Radikal bebas yang menumpuk sangat berbahaya bagi tubuh kita, karena mereka dapat menyebabkan stres oksidatif. Ini dapat merusak DNA dan struktur penting lainnya dalam sel. Nah, antioksidan memiliki fungsi untuk melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut.

Baca juga: 12 Manfaat Oatmeal Bisa Jadi Antioksidan dan Sukseskan Diet Sehatmu

Apa saja sumber antioksidan alami?

Sumber antioksidan alami bisa ditemukan dalam beberapa makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. Tak hanya tinggi akan kandungan ontioksidan, makanan berikut pun memiliki kandungan nutrisi yang penting lainnya yang dapat membantu untuk menjaga kesehatanmu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah makanan yang merupakan sumber antioksidan alami yang bisa kamu peroleh.

1. Blueberry

Sumber antioksidan alami yang pertama yakni dari buah blueberry. Buah yang satu ini memang memiliki ukuran yang kecil, eits tetapi jangan salah mereka mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh lho!

Tak hanya itu saja, buah berbentuk bulat ini pun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Blueberry memiliki hingga 9,2 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram).

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa blueberry mengandung jumlah antioksidan tertinggi di antara semua buah dan sayuran yang biasa dikonsumsi.

2. Stroberi merupakan sumber antioksidan alami

Stroberi merupakan salah satu buah beri yang paling terkenal. Rasanya yang menyegarkan membuat buah ini menjadi favorit banyak orang. Seringkali buah ini dijadikan sebagai bahan olahan minuman.

Stroberi memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C serta antioksidan. Stroberi menyediakan hingga 5,4 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram).

Buah yang pada umumnya berwarna merah ini mengandung jenis antioksidan yang disebut antosianin, yang memberikan warna merah. Stoberi yang memiliki kandungan antosianin yang lebih tinggi biasanya cenderung berwarna merah cerah.

3. Raspberi

Makanan sumber antioksidan alami selanjutnya yakni dari raspberi. Raspberi merupakan sumber serat makanan, vitamin C, mangan, serta antioksidan yang bagus. Buah ini memiliki kandungan antioksidan hingga 4 mmol per 3,5 ons (100 gram).

Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa antioksidan dan komponen lain dalam raspberi dapat membunuh 90 persen sel kanker perut, usus besar, dan payudara dalam sampel.

Antioksidan yang terkandung dalam raspberi, terutama antosianin dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Brokoli

Sumber alami antioksidan lainnya adalah brokoli. Sama halnya seperti sayuran berdaun gelap lainnya, brokoli kaya akan kandungan nutrisi. Brokoli kaya akan fenolat, yakni sejenis bahan kimia yang diproduksi oleh tanaman yang membantu melindungi mereka dari stres oksidatif.

Fenolat juga sangat penting bagi manusia. Karena senyawa ini tinggi akan antioksidan dan anti-kanker, mereka dapat melindungi dari berbagai penyakit, peradangan, dan alergi.

5. Kol merah

Jika kamu ingin memenuhi kebutihan antioksidanmu, tak ada salahnya lho kamu mengonsumsi kol merah. Kol merah atau yang juga dikenal sebagai kol ungu memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan.

Kol merah kaya akan kandungan vitamin C, K, dan A. Tak ketinggalan, mereka juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antosianin yang terkandung di dalamnya membuat kol ini berwarna merah, sama halnya seperti stoberi maupun raspberi.

Antosianin sering dikaitkan dengan beberapa manfaat bagi kesehatan. Mereka dapat mengurangi peradangan, melindungi dari penyakit jantung, atau bahkan mengurangi risiko kanker tertentu.

Kol merah sendiri menyediakan hingga 2,2 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram). Ini lebih dari empat kali jumlah antioksidan dalam kubis yang dimasak biasa.

Baca Juga: Selain Antioksidan, Ini Deretan Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

6. Sumber antioksidan alami dari bayam

Sayuran yang satu ini sering dijadikan bahan olahan makanan. Untuk mengolahnya pun tidak sulit. Ternyata di samping itu semua, bayam juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh lho!

Bayam memiliki kandungan vitamin, mineral, serta antioksidan. Tak hanya itu saja, sayuran ini pun rendah akan kandungan kalori. Bayam menyediakan hingga 0,9 mmol antioksidan per 3,5 ons (100 gram).

Sebagai tambahan, bayam juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang bagus. Dua antioksidan tersebut dapat membantu melindungi mata dari sinar UV yang dapat merusak dan melindungi dari panjang gelombang cahaya yang berbahaya lainnya.

Nah, itulah beberapa sumber alami antioksidan yang bisa kamu konsumsi. Memenuhi kebutuhan antioksidan sangat penting untuk kesehatan. Maka dari itu, yuk penuhi kebutuhan antioksidan mulai dari sekarang!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar masalah ini? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Everyday Health (2019). Diakses pada 11 Agustus 2020. 10 High-Antioxidant Foods That Prove Food Is Medicine 

Healthline (2018). Diakses pada 11 Agustus 2020. 12 Healthy Foods High in Antioxidants 

Prior R L, G Cao (2000). Analysis of Botanicals and Dietary Supplements for Antioxidant Capacity: A Review. NIH (diakses pada 11 Agustus 2020)

God, Jason, Patricia L Tate (2010). Red Raspberries Have Antioxidant Effects That Play a Minor Role in The Killing of Stomach and Colon Cancer Cells. NIH (diakses pada 11 Agustus 2020)

    Berita Terkait
    register-docotr