Diet dan Nutrisi

Mengenal Camu-Camu Berry dan 4 Khasiatnya bagi Kesehatan

February 25, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Camu-camu, atau Myrciaria dubia, adalah buah beri asam yang warnanya mirip dengan ceri. Berasal dari hutan hujan Amazon, buah ini menjadi sangat populer karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Mari berkenalan lebih jauh dengan buah yang termasuk dalam kategori makanan super ini.

Baca juga: Deretan Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Mana Favoritmu?

Kandungan gizi camu-camu

Mengingat rasanya sangat asam jika dimakan langsung, buah berry camu-camu biasanya dikonsumsi setelah diproses ke dalam bentuk bubuk, suplemen, atau jus.

Dilansir dari Verywellfit, US Department of Agriculture (USDA) menyampaikan, bahwa 1 sendok teh bubuk camu-camu mentah seberat 3 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

  1. Kalori: 10
  2. Karbohidrat: 3 g
  3. Serat: 1 g

Kandungan gizi lain yang juga terdapat di dalam buah ini adalah vitamin C, potasium, vitamin B, dan niasin.

Manfaat kesehatan buah camu-camu berry

Buah ini banyak dicari dan dikonsumsi karena memiliki berbagai khasiat kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menangkal radikal bebas

Camu-camu adalah salah satu super food karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Dilansir dari Healthline, diperkirakan dalam setiap 100 gram buahnya, kamu bisa memperoleh vitamin C sebanyak 3 gram.

Vitamin C memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Salah satunya adalah dibutuhkan untuk bertindak sebagai antioksidan kuat.

Ini artinya mengonsumsi vitamin C yang berasal dari camu-camu berry, dapat membantu melindungi sel-sel tubuh terhindar dari radikal bebas.

Pada gilirannya tubuh pun menjadi tidak mudah terkena berbagai penyakit degeneratif seperti stroke, tekanan darah tinggi, atau gangguan jantung.

2. Melawan peradangan

Sebuah studi pada pria yang merokok, menyatakan bahwa meminum 70 ml jus camu-camu yang mengandung 1.050 mg vitamin C selama seminggu, secara signifikan dapat menurunkan penanda inflamasi interleukin dan protein C-reaktif sensitif tinggi (hsCRP).

Efek tersebut tidak terlihat pada kelompok lain yang mengonsumsi tablet bervitamin C dengan jumlah yang sama.

Ini menunjukkan bahwa mungkin ada kombinasi komponen bermanfaat lain dalam camu-camu yang membantu tubuh melawan peradangan.

3. Mengurangi dampak buruk akibat sinar matahari

Paparan sinar UV bisa menyebabkan keriput, kulit terbakar, dan bahkan kanker kulit. Camu-camu diketahui mengandung senyawa fenolik quercetin, yang bisa melawan efek kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Meskipun tidak bisa berperan sebagai pengganti tabir surya, atau membatasi paparan tubuh dari sinar matahari langsung. Camu-camu dianggap dapat meningkatkan ketahanan alami tubuh terhadap efek negatif sinar matahari.

4. Meningkatkan fungsi kognitif

Efek quercetin juga berdampak positif dalam melawan penyakit Alzheimer.

Hal ini disampaikan dalam sebuah studi pendahuluan, yang menunjukkan efek positif dari dosis oral senyawa antioksidan tersebut terhadap fungsi kognitif maupun memori.

Beberapa buah dan sayuran lain juga menyediakan quercetin. Jadi camu-camu hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat ini.

Baca juga: Zinc dan Vitamin C Mengurangi Gejala COVID-19, Ini Fakta Medisnya!

Hal yang perlu diwaspadai

Berbicara tentang suplemen camu-camu, ada beberapa hal yang harus diwaspadai saat mengonsumsinya. Pertama, wanita yang sedang hamil atau menyusui, harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen ini.

Alasannya karena nutrisi dalam dosis tinggi dari buah camu-camu dapat menimbulkan efek samping terhadap perkembangan janin maupun bayi yang sedang menerima air susu ibu (ASI).

Selain itu, jika kamu sedang mengonsumsi obat atau suplemen lain, sebaiknya diskusikan penggunaan buah camu-camu kepada dokter terlebih dulu. Ini bertujuan untuk menghindari reaksi antar obat yang bisa merugikan kesehatanmu.

Terakhir, karena camu camu adalah sumber antioksidan yang kuat, maka kamu harus mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat sedikit. Dilansir dari Health, jumlah yang direkomendasikan adalah tidak lebih dari 200 persen asupan referensi diet (ARD) untuk vitamin C harian.

Cara menggunakan camu camu dalam makanan

Beberapa cara paling populer untuk menambahkan buah super ini ke dalam makanan adalah dengan membeli bubuk camu-camu dan menambahkannya sejumput ke dalam smoothie.

Kamu juga bisa mencampurnya dengan dengan yogurt, oatmeal, atau makanan yang dipanggang. Selain itu memasukkan sekitar 1/4 sendok teh bubuk buah ini ke dalam teh herbal favorit kamu juga merupakan ide yang bagus.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar buah camu-camu berry? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

7 Evidence-Based Health Benefits of Camu Camu, https://www.healthline.com/nutrition/camu-camu#3.-May-fight-inflammation diakses pada 24 Februari 2021

Camu Camu Nutrition Facts and Health Benefits, https://www.verywellfit.com/camu-camu-health-benefits-uses-side-effects-89428 diakses pada 24 Februari 2021

The Health Benefits of Camu Camu, the Buzzy Superfood Popping Up Everywhere, https://www.health.com/food/camu-camu-benefits diakses pada 24 Februari 2021

    register-docotr