Diet dan Nutrisi

Ketahui Manfaat Istimewa dari Strawberry, Menjaga Fungsi Otak hingga Jantung

June 12, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Strawberry dikenal sebagai buah yang terasa segar dan memiliki bentuk unik seperti jantung. Di balik rasanya yang lezat, tahukah kamu bahwa strawberry memiliki banyak manfaat untuk merawat kesehatan tubuh? Kira-kira apa saja ya manfaat strawberry? 

Baca Juga: Mengalami Mual saat Hamil? Tak Perlu Khawatir, Atasi dengan Cara Ini

Mengenal kandungan nutrisi buah strawberry

Informasi kandungan nutrisi dalam strawberry. (Foto: https://www.shutterstock.com/)

Gambar di atas menunjukkan kandungan yang ada di dalam 100 gram buah strawberry. Mulai dari vitamin, mineral, karbohidrat hingga lemak dan protein. Meski dikenal sebagai sumber vitamin C, strawberry menyimpan banyak kandungan lain yang penting untuk tubuh.

Manfaat strawberry untuk kesehatan

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran menjadi cara ampuh untuk menjaga kesehatan. Bahkan World Health Organization (WHO) sudah memberikan rekomendasi agar asupan buah dan sayur setidaknya mencapai 400 gram per hari. 

Nah untuk memenuhi asupan tersebut kamu bisa konsumsi strawberry setiap hari karena buah ini mengandung beberapa manfaat yang sudah diuji. Berikut informasi selengkapnya!

1. Manfaat strawberry menjaga kestabilan gula darah

Faktanya strawberry adalah pilihan buah yang sehat lho untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang besar dari buah ini mampu membantu mengatur gula darah dan menjaganya tetap stabil. 

Nggak hanya itu, serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga setelah memakan strawberry kamu dapat merasa kenyang lebih lama. Dampaknya, keinginan untuk ngemil pun bisa berkurang. Dengan begitu gula darah dalam tubuh akan terhindari dari lonjakan drastis. 

Meski aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, porsi yang dijaga harus dijaga ya. Jangan sampai berlebihan. 

2. Mencegah kanker

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa buah beri, termasuk strawberry dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Hal ini dapat terjadi karena strawberry memiliki kemampuan untuk melawan peradangan serta jumlah radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh.

Bahkan strawberry telah terbukti menghambat pembentukan tumor pada hewan dengan kanker mulut dan sel kanker hati manusia. Kemampuan tersebut diperkirakan karena adanya kandungan asam ellagic serta ellagitannins di dalam buah strawberry. 

Meski begitu penelitian lain terkait manfaat strawberry untuk manusia masih harus dilakukan lebih lanjut. 

Baca juga: Kaya Antioksidan, Manfaat Buah Delima untuk Tubuh jadi Berlimpah

3. Manfaat strawberry mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian yang paling banyak di dunia. Tetapi tahukah kamu bahwa mengonsumsi strawberry ternyata dapat mencegah berbagai penyakit jantung? 

Setelah diteliti, strawberry memiliki berbagai kandungan seperti quercetin, anthocyanin, polifenol, kalium serta serat. Kandungan tersebut baik untuk mengurangi risiko tubuh dari penyakit jantung. Mulai dari serangan jantung (infark miokard) hingga penyempitan pembuluh darah  (aterosklerosis). 

4. Mengurangi risiko penyakit stroke

Buah yang masuk dalam kelompok buah beri ini juga dapat mengurangi risiko kamu terkena penyakit stroke. Kandungan kalium dalam strawberry mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke otak tidak tersumbat. Inilah mengapa risiko terkena penyakit stroke akan berkurang. 

5. Meningkatkan imunitas tubuh 

Strawberry juga dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Tidak heran kalau buah yang satu ini efektif membantu tubuh dalam melawan virus terutama dari penyakit flu.Selain itu, vitamin C juga dapat berperan sebagai antioksidan dan menetralkan radikal bebas yang merusak DNA sehat.

6. Mengurangi sembelit 

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air seperti strawberry, anggur, semangka, dan blewah dapat membantu menghidrasi tubuh. Selain itu, strawberry juga kaya akan serat yang mampu membantu tubuhmu buang air besar secara teratur. 

Asupan serat sangat penting untuk mengurangi sembelit dan menjaga konsistensi feses yang dikeluarkan tubuh. 

7. Menjaga kesehatan otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi strawberry dapat menunjang kesehatan otak agar bekerja dengan maksimal. Hal ini dapat terjadi karena kandungan antioksidan pada strawberry dapat melancarkan aliran darah di seluruh tubuh. Termasuk pada otak. 

Bagaimana, sudah tahu dong berbagai manfaat di balik buah yang mungil ini? Jangan ragu untuk mengonsumsi strawberry setiap hari dan rasakan manfaat baiknya untuk tubuhmu.

Tetapi ingat ya mengonsumsi buah strawberry secara utuh adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya. 

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan? Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr