Diet dan Nutrisi

Ini Lho, Berbagai Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh Kamu

June 7, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Asam omega 3 merupakan lemak penting bagi tubuh. Omega 3 adalah keluarga asam lemak esensial yang memainkan peran penting dalam tubuh kita serta dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Lalu, apa saja manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh?

Tubuh tidak dapat memproduksi omega 3 sendiri, oleh karena itu kamu harus mendapatkan omega 3 dari makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu.

Nah, berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai asam lemak omega 3.

Apa itu omega 3?

Asam lemak omega 3 hadir dalam makanan dan suplemen makanan. Mereka membantu menjaga selaput yang mengelilingi semua sel dalam tubuh bekerja dengan baik.

Ada pun tiga jenis omega 3 yang paling penting dibutuhkan oleh tubuh adalah:

  • ALA (asam alfa-linoleat).
  • DHA (asam docosahexaenoic).
  • EPA (asam eicosapentaenoic).

ALA sebagian besar ditemukan dalam minyak nabati, seperti biji chia, biji rami, serta kenari. Sedangkan DHA dan EPA sebagian besar hadir dalam ikan berlemak air dingin, seperti salmon, herring, maupun sarden.

Bagi seseorang yang tidak mengonsumsi makanan tersebut suplemen omega 3 seperti minyak ikan atau ganggang sering direkomendasikan sebagai pengganti konsumsi omega 3.

Tubuh seseorang dapat mengubah sejumlah kecil ALA menjadi DHA dan EPA. Akan tetapi, para ahli belum menetapkan berapa banyak DHA dan EPA yang dibutuhkan seseorang.

Manfaat omega 3 untuk kesehatan

Jika kamu mengonsumsi omega 3, kamu akan memperoleh banyak manfaat untuk tubuh. Berikut adalah manfaat omega 3 seperti yang dirangkum dari Healthline.

1. Dapat memerangi depresi dan kecemasan

Depresi merupakan gangguan mental paling umum di dunia. Gejalanya meliputi perasaan sedih, merasa lesu, serta kehilangan minat pada kehidupan.

Kecemasan juga merupakan gangguan paling umum, ditandai dengan kekhawatiran dan kegelisahan secara terus menerus.

Menariknya, studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi omega 3 secara teratur, memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami depresi.

Tak hanya itu, seseorang dengan gangguan depresi dan kecemasan ketika mengonsumsi omega 3 gejalanya akan menjadi lebih membaik.

Baca juga: Stres atau Depresi? Apa Bedanya?

2. Dapat meningkatkan kesehatan mata

DHA yang merupakan jenis omega 3 merupakan komponen struktural utama dari retina mata. Ketika kamu tidak mendapatkan DHA cukup, masalah kesehatan mungkin akan timbul.

Memperoleh omega 3 yang cukup dapat menurunkan risiko degenerasi makula, yang merupakan salah satu dan kebutaan permanen di dunia.

3. Menjaga pertumbuhan dan perkembangan otak bayi

Selama masa kehamilan, sangat penting untuk memenuhi kecukupan omega 3 pada tubuh agar bayi kamu memiliki perkembangan otak yang baik.

Mendapatkan omega 3 selama masa kehamilan dapat membuat calon buah hati memperoleh manfaatnya, misalnya saja:

  • Memiliki kecerdasan tinggi.
  • Kemampuan komunikasi dan sosial yang baik.
  • Penurunan risiko keterlambatan perkembangan.
  • Mengurangi risiko ADHD, autisme, atau cerebral palsy.

4. Menurunkan gejala sindrom metabolisme

Sindrom metabolisme merupakan kumpulan dari beberapa kondisi. Sindrom ini meliputi obesitas, tekanan darah tinggi, resistensi insulin, trigliserida tinggi dan rendahnya kadar kolesterol HDL.

Hal tersebut merupakan masalah kesehatan utama karena dapat meningkatkan risiko terkena penyakit lainnya, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Manfaat lain omega 3 adalah, asam lemak omega 3 dapat memperbaiki resistensi insulin, peradangan, serta faktor risiko penyakit jantung pada orang dengan sindrom metabolik.

5. Dapat mencegah kanker

Kanker merupakan penyebab utama yang menyebabkan kematian di seluruh dunia.

Asam lemak omega 3 telah lama diklaim dapat mengurangi risiko kanker tertentu. Selain itu, mengonsumsi omega 3 juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara ada wanita.

6. Mengurangi serangan asma

Asma merupakan penyakit paru-paru kronis dengan gejala batuk, napas pendek, serta mengi (suara nyaring yang terdengar ketika sedang menarik napas).

Beberapa serangan asma dapat sangat berbahaya. Bahkan dapat menyebabkan peradangan serta pembengkakan di saluran udara paru-paru.

Selama beberapa dekade terakhir, tingkat asma pun semakin meningkat. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya penyakit ini.

Mengonsumsi omega 3 ternyata dapat membantu mengurangi risiko asma pada anak-anak dan orang dewasa.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 03 Juni 2020. 17 Science-Based Benefits of Omega-3 Fatty Acids

Healthline (2019). Diakses pada 03 Juni 2020. What Are Omega-3 Fatty Acids? Explained in Simple Terms 

Medical News Today (2019). Diakses pada 03 Juni 2020. What to Know About Omega-3 Fatty Acids 

Grosso, Giuseppe, Fabio Galvano (2014). Omega-3 Fatty Acids and Depression: Scientific Evidence and Biological Mechanism. NCBI (diakses pada 03 Juni 2020)

    Berita Terkait
    register-docotr