Diet dan Nutrisi

Selain Turunkan Kolesterol, Ini Aneka Manfaat Jagung yang Bisa Kamu Peroleh!

June 8, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Jagung bisa dikonsumsi dengan cara dibakar, direbus, dipanggang, atau dijadikan bahan olahan makanan lainnya. Selain sumber karbohidrat, jagung ternyata memiliki banyak manfaat lho.

Banyak yang menganggap jagung sebagai sayuran, akan tetapi sebenarnya jagung merupakan biji-bijian. Jagung atau yang juga dikenal sebagai maize (Zea mays), merupakan salah satu biji-bijian yang paling populer di seluruh dunia.

Jagung memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Selain itu, jagung ternyata tak hanya berwarna kuning, ada merah, oranye, ungu, putih hingga hitam yang masing-masing punya kandungan nutrisi berbeda.

Kandungan nutrisi dalam jagung

Jagung kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan serat.

Kandungan serat pada berbagai jenis jagung bervariasi, tetapi umumnya sekitar 9-15 persen dari berat kering. Jagung juga memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup rendah.

Dilansir dari Healthline, satu cangkir (164 gram) jagung kuning manis mengandung:

  • Kalori: 177 kalori
  • Karbohidrat: 41 gram
  • Protein: 5,4 gram
  • Lemak: 2,1 gram
  • Serat: 4,6 gram
  • Vitamin C: 17% dari AKG
  • Thiamin (Vitamin B1): 24% dari AKG
  • Folat (Vitamin B9): 19% dari AKG
  • Magnesium: 11% dari AKG
  • Kalium: 10% dari AKG

Sebagian besar karbohidrat dari jagung berasal dari pati yang dapat dengan cepat meningkatkan gula darah, ini bergantung pada berapa banyak jagung yang dikonsumsi.

Meskipun demikian, kadar gula darah dapat diseimbangkan dengan bantuan serat yang juga terkandung di dalam jagung.

Baca juga: Manfaat Susu Kambing: Bisa Turunkan Risiko Jantung dan Jaga Metabolisme

Apa saja manfaat jagung?

Digemari oleh banyak orang, jagung tentu saja menawarkan berbagai manfaat yang dapat diperoleh tubuh jika kita mengonsumsinya.

Dilansir dari NDTV Food, inilah beberapa manfaat jagung yang perlu kamu tahu.

1. Mengurangi risiko terkena anemia

Jagung kaya akan kandungan vitamin B12, asam folat, serta zat besi yang membantu dalam produksi sel darah merah dalam tubuh.

Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi risiko anemia, dengan cara memasok nutrisi yang cukup yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.

2. Menambah energi

Jika kamu seorang atlet atau memiliki kegemaran berolahraga, kamu dapat menambahkan jagung pada makananmu lebih sering. Jagung mengandung karbohidrat yang kompleks yang dapat dicerna lebih lambat, yang dapat memberikan energi untuk durasi waktu yang lebih lama.

Satu cangkir jagung menghasilkan sekitar 29 gram karbohidrat yang tidak hanya menyediakan energi fisik, tetapi juga memastikan berfungsinya otak dan sistem saraf.

3. Manfaat jagung sebagai penambah berat badan

Bagi kamu yang memiliki berat badan yang kurang, kamu tak perlu khawatir, jagung dapat menjadi pilihanmu sebagai penambah berat badan.

Mengonsumsi junk food dan lemak jahat hanya akan membuatmu memiliki masalah kesehatan lainnya dalam jangka panjang.

Namun, jika kamu mengonsumsi jagung, kamu tidak hanya akan mendapatkan kalori yang menyehatkan, kamu juga akan mendapatkan vitamin dan serat berkualitas bagus.

4. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol

Jagung manis dan minyak jagung dapat meningkatkan aliran darah, menurunkan penyerapan kolesterol, serta mengatur insulin. Hal tersebut menjadikan jagung sebagai pilihan yang baik untuk penderita kolesterol dan diabetes.

Tak hanya itu saja, kandungan serat yang tinggi yang dimiliki jagung juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

5. Membantu selama masa kehamilan

Jagung memiliki sejumlah manfaat selama kehamilan untuk ibu dan bayi. Jagung kaya akan asam folat dan mengandung zeaxanthin dan asam pathogen yang mengurangi risiko cacat lahir pada bayi.

Jagung juga dapat melindungi bayi dari degenerasi otot serta masalah fisiologis.

Serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengatasi sembelit, yang merupakan gejala yang sering dialami selama kehamilan.

6. Mempertahankan kulit yang sehat

Jagung mengandung vitamin C dan likopen (antioksidan) yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta mencegah sinar ultraviolet yang dihasilkan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Kamu dapat memperoleh manfaat ini dengan cara mengonsumsi jagung atau dengan menggunakan produk kosmetik yang menggunakan jagung sebagai bahan pembuatannya.

Dari sejumlah manfaat jagung seperti yang sudah diuraikan, kamu makin tertarik untuk memasukkan jagung dalam menu sehatmu kan?

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 04 Juni 2020. Is Corn Good for You? Nutrition Facts and More 

NDTV Food (2018). Diakses pada 04 Juni 2020. Health Benefits of Corn, Nothing Corny Here 

    register-docotr