Diet dan Nutrisi

Manfaat Sehat Daun Pandan yang Jarang Diketahui, Sudah Tahu Belum?

October 15, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Manfaat daun pandan umumnya digunakan sebagai pewarna alami makanan. Selain itu, karena aroma dan rasa yang manis, daun pandan juga seringkali digunakan sebagai campuran bahan makanan.

Selain itu, ternyata daun pandan juga memiliki khasiat untuk tubuh. Bukan sekadar campuran makanan, tapi juga dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan

Ada beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Berikut ulasannya:

Memiliki sifat antioksidan alami

Daun pandan memiliki senyawa fenol yang bermanfaat sebagai antioksidan alami, yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dalam jumlah besar dalam tubuh bisa mengakibatkan kerusakan sel dan menyebabkan penyakit kronis.

Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif dan apoptosis. Dengan begitu, daun pandan memiliki potensi digunakan dalam terapi kanker.

Daun pandan juga sudah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti obat demam.

Menjaga kestabilan gula darah

Daun pandan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan jika ekstrak daun pandan memiliki pengaruh pada kadar glukosa darah.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa daun pandan memiliki potensi sebagai sumber alami agen antihiperglikemik. Agen antihiperglikemik adalah sebutan untuk obat yang digunakan untuk mengubah kadar gula dalam darah.

Tak hanya daunnya, ekstrak akar daun pandan juga diketahui memiliki efek hipoglikemik, yang juga bisa mengatasi diabetes. Hal ini tertulis dalam buku Indian Pandanaceae – An Overview.

Manfaat daun pandan sebagai antimikroba

Daun pandan juga mengandung tanin, salah satu senyawa dari polifenol. Tanin salah satu senyawa yang dapat bertindak sebagai antimikroba, yaitu dapat mengatasi berbagai efek organisme yang merugikan bagi tubuh.

Tanin mampu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Tanin juga dapat berfungsi sebagai antiinflamasi yang membantu mengatasi peradangan.

Lebih lanjut lagi, tanin dapat diandalkan untuk berbagai kondisi kesehatan. Salah satunya dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan menenangkan iritasi kulit.

Mengatasi gejala rematik

Karena memiliki sifat dapat mengatasi sakit dan antiinflamasi, maka daun pandan juga dipercaya menjadi salah satu tumbuhan yang dapat mengatasi rematik. Rematik adalah masalah kesehatan yang menyebabkan rasa sakit karena adanya peradangan atau pembengkakan pada otot atau persendian.

Mengatasi radang sendi

Selain mengatasi rematik, sifat antiperadangan pada daun pandan juga dipercaya dapat mengatasi masalah radang sendi. Sementara ini, manfaat mengatasi radang sendi baru dilakukan pada hewan.

Sebuah penelitian pada tikus menemukan adanya aktivitas analgesik yang signifikan pada daun pandan, sehingga ampuh mengatasi radang sendi. Untuk menentukan tingkat keampuhannya pada manusia, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Menjaga kesehatan kesuburan

Khasiat daun pandan lainnya adalah dipercaya dapat mengatasi masalah kesuburan. Di beberapa tempat, ekstrak daun pandan digunakan sebagai obat yang diklaim dapat mengatasi impotensi.

Sementara itu, sebuah penelitian mengungkapkan daun pandan mungkin bisa meningkatkan kesuburan karena memiliki kandungan polifenol. Di mana polifenol terbukti mengatasi masalah kesuburan pada tikus.

Namun demikian, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui efeknya pada manusia.

Membantu mengatasi gejala kejang

Meski baru dilakukan pada tikus, namun ekstrak daun pandan dengan kandungan etanol memiliki kemampuan mengatasi kejang atau yang disebut sebagai sifat antikonvulsan. Namun diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk menggunakannya sebagai obat epilepsi manusia.

Selain 7 manfaat di atas, daun pandan juga digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai rasa sakit. Termasuk sakit kepala dan juga sakit telinga.

Selain itu, daun pandan juga memiliki sifat antidepresan, namun masih diperlukan penelitian ilmiah untuk membuktikannya.

Meredakan insomnia

Terkadang insomnia menjadi hal yang sulit untuk ditangani. Terutama jika kamu harus bangun sangat pagi keesokan harinya dan memiliki banyak tugas yang harus dijalankan.

Daun pandan mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh sehingga memudahkanmu untuk tidur.

Kamu hanya perlu menyeduh daun pandan dengan air hangat, lalu tambahkan satu sendok madu, dan minum air rebusan daun pandan ini selagi hangat.

Pemanfaatan daun pandan untuk asam urat

Khasiat daun pandan lainnya yang bisa kamu peroleh yakni daun pandan untuk asam urat dapat membantu meringankan gejala asam urat yang tidak nyaman.

Daun pandan untuk asam urat ini bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kamu dapat memperoleh manfaat ini dengan meminum teh atau air rebusan daun pandan.

Akan tetapi, sebelum meminum air rebusan daun pandan, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

Daun pandan untuk saraf

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, khasiat daun pandan lainnya adalah sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf kita. Saraf yang lemah terkadang dapat menyebabkan seseorang mengalami kram.

Nah, daun pandan untuk saraf ini dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf di tubuh kita. Untuk mendapatkan khasiat daun pandan untuk saraf ini pun caranya cukup mudah, yakni kamu hanya perlu meminum air rebusan daun pandan.

Ambilah 3 helai daun pandan, kemudian kamu harus memotongnya menjadi potongan kecil-kecil, rebus daun pandan dengan 3 gelas air, dan diamkan hingga mendidih sampai hanya tersisa 2 gelas air.

Sebelum mengonsumsi air rebusan daun pandan ini, kamu harus menyaringnya terlebih dahulu untuk memisahkan air dari daun pandan.

Kamu dapat meminum ramuan daun pandan untuk saraf ini satu gelas di pagi hari dan satu gelas di malam hari. Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya.

Khasiat daun pandan untuk rambut

Di luar untuk mengatasi gangguan kesehatan, daun pandan juga digunakan untuk perawatan rambut, untuk mengatasi rontok dan mengatasi rambut kusam.

Daun pandan untuk ketombe

Daun pandan juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Ketombe sendiri dapat menyebabkan kepala gatal, kulit kepala mengelupas, atau bahkan rambut rontok yang mana hal ini tentu saja membuat tidak nyaman.

Jika kamu merasa bahwa keramas menggunakan shampo tidak benar-benar membantu untuk menghilangkan ketombe, tak ada salahnya lho menggunakan daun pandan.

Kamu hanya perlu mengambil 10 lembar daun pandan, kemudian haluskan, dan campurkan dengan kurang lebih 100 ml air. 

Oleskan ramuan ke seluruh kulit kepala, dan diamkan kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas atau keramas hingga bersih. Kamu dapat melakukan metode tersebut secara rutin.

Menghitamkan rambut

Siapa sangka, ternyata daun pandan juga bisa membantu untuk menghitamkan rambut lho.

Cara yang perlu kamu lakukan pun sangat mudah. Kamu hanya perlu memotong 7 lembar daun pandan kemudian rebus dengan air. Biarkan air mengembun sepanjang malam.

Jika kamu memiliki buah mengkudu, kamu dapat mencampurkannya dengan air pandan di pagi hari dan pijatkan ke kulit kepala. Kamu dapat melakukan metode ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Demikian informasi manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan, ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Ncbi.nlm.nih.gov diakses 22 Juni 2020 A Review on Ethnopharmacology, Phytochemistry, and Nutritional Aspects 
  2. Plant Uses diakes 22 Juni 2020 Pandanus amaryllifolius
  3. Herbpathy diakses 22 Juni 2020 Pandanus Amaryllifolius 
  4. The benefits diakses 22 Juni 2020 Pandan Leaves
  5. Modest Pie diakses 15 Oktober 2020 20 Health Benefits of Pandan Leaves
  6. Signature Market diakses 15 Oktober 2020 Surprising Health Benefits Of Pandan 
  7. Paku Midin diakses 15 Oktober 2020 15 Health Benefits of Pandan Leaves Will Surprising You 
    register-docotr