Diet dan Nutrisi

Jangan Lihat Ribet Makannya, Tapi Kenali Segudang Manfaat Sehat Ngemil Biji Bunga Matahari

June 29, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Selain dijadikan camilan, tahukah kamu ternyata manfaat biji bunga matahari atau yang biasa dikenal dengan sebutan kuaci ini sangat baik untuk kesehatan.

Nah sekarang jangan ada lagi alasan ‘ribet makannya’ ketika disuguhi kuaci buat camilan sore, karena manfaat biji bunga matahari sangat luar biasa bagi tubuh. Apa saja, yuk lanjut membaca artikel ini.

Baca Juga: Bintik Merah pada Kulit, Yuk, Kenali Jenis dan Penyebabnya

Biji bunga matahari kaya akan lemak tak jenuh

Biji bunga matahari merupakan biji-bijian yang diproduksi oleh bunga matahari. Biji bunga matahari tentunya memiliki banyak nutirisi dan tinggi lemak yang sebagian besar merupakan lemak tak jenuh ganda.

Dilansir dari laman healthline.com, American Heat Association menjelaskan asam lemak tak jenuh ganda dapat membantu jantung kamu tetap sehat.

Namun, itu akan terjadi bila biji bunga matahari dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebih. Serta dimakan dengan makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans.

Lemak tak jenuh ganda sendiri dapat membantu kamu untuk

  • Mengurangi kadar kolesterol
  • Mengurangi risiko serangan jantung
  • Mengurangi risiko stroke
  • Mengelola gula darah
  • Darah rendah

Manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan

Bijinya yang kecil tidak menutup kemungkinan bahwa mereka memiliki banyak kandungan gizi. Biji bunga matahari merupakan sumber yang baik dari banyak vitamin dan nutrisi.

Dilansir dari laman food.ndtv.com, berikut beberapa manfaat biji bunga matahari jika dikonsumsi sehari-hari.

Kaya akan antioksidan

Biji bunga matahari memiliki banyak kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan. Vitamin E yang merupakan antioksidan ini tentunya mudah larut dalam lemak sehingga dapat membantu dalam melawan radikal bebas penyebab penyakit.

Manfaat biji bunga matahari yang menyehatkan juga karena kandungan sifat anti-inflamasinya. Kandungan ini yang membuat biji bunga matahari dapat menghilangkan gejala pilek dan batuk.

Manfaat biji bunga matahari bantu menurunkan berat badan

Tingginya serat yang terkandung dalam biji bunga matahari tentunya menjaga agar perut kamu tetap kenyang. Selain itu manfaat biji bunga matahari juga dapat memudahkan kamu dalam memproses pencernaan makanan, dan mengikat rasa lapar yang berlebihan.

Sumber energi dalam tubuh

Biji bunga matahari dapat menghasilkan energi yang cukup di dalam tubuh dan membuatnya aktif serta gesit. Hal ini, dikarenakan adanya kandungan vitamin B1 (ekstrak Thiamin) dan elektrolit yang terkandung dalam biji bunga matahari.

Meningkatkan kesehatan jantung

Biji bunga matahari juga memiliki manfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung kamu. Bijinya yang memiliki kandungan asam lemak esensial dan fitosterol, tentunya dapat membantu dalam mengatur kadar kolesterol.

Tidak hanya itu, fitosterol pun juga berkontribusi dalam membangun kekebalan tubuh kamu sehingga mengurangi risiko banyak penyakit fatal.

Manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan kulit

Tentunya kulit yang indah merupakan impian bagi kita semua. Biji bunga matahari mungkin akan menjadi salah satu makanan pilihan kamu untuk menjaga kulit tetap bersih dan bercahaya.

Biji bunga matahari tentunya kaya akan asam lemak esensial seperti asam linolenat, asam oleat dan palmitat, yang membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin. Sehingga, dapat membantu memberikan kehalusan pada jaringan kulit.

Baik untuk detoksifikasi

Selain dikenal kaya akan kandungan vitamin, biji bunga matahari dikenal juga karena kandungan magnesiumnya yang tinggi.

Nutrisi ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan bakteri dan kuman dari sel dan membuang racun dari tubuh. Magnesium juga memiliki sifat menenangkan saraf dan juga dapat membantu tubuh kamu dalam mengelola tingkat tekanan darah.

Cara lezat mengonsumsi biji bunga matahari

Kamu dapat mengonsumsi biji bunga matahari dengan berbagai cara. Dapat dimakan secara mentah, dipanggang kering atau digoreng dengan mentega. Biji bunga matahari juga dapat dikuliti dengan mudah.

Biji bunga matahari yang mentah dan telah dikuliti dapat kamu gunakan ke dalam muffin, kue, roti dan granola yang kamu buat sendiri. Bisa juga ditaburkan ke dalam salad seperti salad hijau, salad buah, salad ayam, dan salad tuna.

Tidak hanya ditaburkan ke dalam salad. Namun, granola yang terbuat dari biji bunga matahari mentah juga dapat kamu konsumsi sebagai sereal dengan diaduk ke dalam oatmeal.

Selain itu, biji bunga matahari juga bisa kamu tambahkan ke dalam smoothie atau dilapisi dengan yoghurt dan buah segar untuk membuat parfait serta dapat juga ditaburkan ke yoghurt dan es krim.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Baja Juga: Cegah Penuaan Dini hingga Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Ini Segudang Manfaat Sehat Minyak Kelapa!

Reference
  1. Stylecraze.com (2019) diakses 26 Juni 2020. 7 Benefits That Make Sunflower Seeds A Healthy Snack
  2. Food.ndtv.com (2019) diakses 26 Juni 2020. Sunflower Seeds: 6 Reasons How These Seeds May Help Boost Your Health
  3. Healthline.com (2017) diakses 26 Juni 2020. How Many Calories Are in Sunflower Seeds?
  4. Independentpharmacy.co.za (2018) diakses 26 Juni 2020. Are Sunflower Seeds Healthy? Here’s What Experts Say
    Berita Terkait
    register-docotr