Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Bawang Putih Tunggal: Mengobati Asma hingga Penyakit Jantung

April 12, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Berbeda dengan bawang putih biasa yang banyak dipakai sebagai bumbu dapur, manfaat bawang putih tunggal lebih banyak dikenal di dunia kesehatan karena bisa membantu mengatasi berbagai penyakit.

Tak heran karena manfaatnya bagi tubuh begitu banyak, keberadaannya pun menjadi terasa lebih istimewa.

Untuk mengetahui lebih banyak soal apa itu bawang putih tunggal dan berbagai manfaatnya untuk tubuh, simak ulasan berikut ini!

Apa itu bawang putih tunggal?

Bawang putih tunggal adalah bawang putih spesial yang hanya memiliki 1 siung yang bentuknya lonjong dan bulat.

Jenis bawang putih biasa, memiliki banyak siung dan sendi, namun bawang putih tunggal atau bawang putih kuncup hanya memiliki satu sing bundar yang berbentuk seperti bawang merah.

Ukurannya sekitar 1 hingga 2 cm dan lebih berbentuk silinder ketimbang bulat penuh seperti bawang putih normal.

Jenis unik bawang putih ini ditemukan di berbagai negara mulai dari India, China, Vietnam, dan Kamboja. Rasa bawang putih tunggal memiliki mirip dengan siung bawang putih tetapi agak lebih lembut dan sedikit wangi.

Manfaat bawang putih tunggal disebut lebih banyak jika dibandingkan dengan bawang putih tradisional, karena sangat cepat dan mudah dikupas.

Baca Juga : Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan, Juga Bermanfaat bagi Pria Loh!

Bagaimana bawang putih tunggal tumbuh?

Melansir Daily Mail, saat ini para petani mencoba membudidayakan bawang putih tunggal yang berasal dari daerah pegunungan di provinsi Yunnan di barat daya China.

Benih ditanam sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut dalam suhu hangat dan dengan banyak sinar matahari.

Namun, hanya 50 persen dari benih bawang putih yang ditanam dalam kondisi khusus ini akan berkembang menjadi satu siung bawang putih.

Karena bukan spesies atau varietas khusus, jadi kondisi di mana benih dibudidayakanlah yang menghasilkan satu siung bawang putih.

Baca Juga : Efek Samping Bawang Putih Sebagai Obat, Bisa Sebabkan Masalah Lambung Lho!

Seberapa langka bawang putih tunggal?

Saat ini bawang putih tunggal sangat sulit dibudidayakan karena belum ditemukan bibitnya. Jadi selama ini bawang putih tunggal ditemukan di antara bawang putih normal lainnya.

Saat ini para peneliti masih mencari tahu bagaimana sebuah bawang tumbuh menjadi bawang putih tunggal.

Melansir SRJ Global, dalam 1 hingga 2 kilogram bawang putih, rasio ada tidaknya bawang putih tunggal adalah 1:1000. Jadi di antara 1000 bawang putih normal, mungkin kamu hanya akan bisa menemukan 1 bawang putih tunggal.

Baca Juga : Jangan Malas Makan Bawang Putih, Ini 7 Khasiatnya untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih tunggal

Satu siung bawang putih tunggal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, tetapi juga populer dalam masakan karena rasanya yang sedikit lebih lembut dibandingkan dengan bawang putih normal.

Secara tradisional, bawang putih tunggal digunakan sebagai obat berdasarkan khasiatnya sebagai antimikroba, antiprotozoal, antimutagenik, antiplatelet, antihiperlipidemia, dan antioksidan.

Nah, berikut adalah manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Membantu turunkan kolesterol

Dilansir dari medicine.net, tanaman ini dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah secara efektif. Penelitian menyebutkan bahwa bawang putih tunggal mampu menurunkan sekitar 20 mg/dl kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh manusia.

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu perlu mengonsumsi 3 sampai 4 buah bawang putih tunggal yang telah dikupas setiap hari sebelum makan. Namun untuk ini sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya.

Baca juga: Obat Gemfibrozil Dikenal Turunkan Kolesterol, Apa Saja Kandungan, Khasiat, dan Cara Konsumsinya?

2. Manfaat bawang putih tunggal untuk menurunkan demam

Para ahli mengemukakan bahwa bawang putih tunggal dapat membantu menurunkan risiko terkena demam dan batuk sebanyak 50 persen. Sebagai tambahan, kebiasaan ini juga bisa mencegah tubuh terkena infeksi penyakit lainnya.

Penyebabnya adalah karena bawang putih tunggal memiliki senyawa kimia yang disebut Alliinase dan Alliin. Keduanya membantu menciptakan komponen bernama Allicin yang dapat mencegah tubuh mengalami demam maupun batuk.

Adapun cara mengonsumsinya sangat mudah. Kamu cukup hancurkan 2 siung bawang putih tunggal sampai halus, letakkan dalam segelas air, dan minum secara rutin. Namun untuk ini sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya.

3. Membantu melawan kanker

Sejak dulu kandungan senyawa organosulfur pada bawang putih sudah dikenal ampuh membunuh sel-sel kanker.

Hal ini diamini para peneliti dari Universitas Carolina Utara yang menemukan fakta bahwa pasien yang rutin memakan bawang putih memiliki kemungkinan terkena kanker lebih kecil sebanyak 66,67 persen.

The National Cancer Institute juga mengatakan bahwa konsumsi bawang putih setiap hari dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit kanker sebanyak 50 persen.

Baca juga: 5 Manfaat Echinacea untuk Tubuh: Mulai dari Merawat Kesehatan Kulit hingga Mencegah Kanker

4. Manfaat bawang putih tunggal untuk mengobati diabetes

Konsumsi 2 sampai 3 siung bawang putih tunggal setiap hari juga diketahui mampu mengurangi dan mengontrol kadar gula di dalam darah.

Penyebabnya adalah keberadaan Allicin yang dikombinasikan vitamin B dan tiamin, dapat memicu pankreas menghasilkan insulin di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh terbantu melawan diabetes secara efektif.

5. Mengobati penyakit jantung

Kandungan hidrogen sulfur yang ada di dalam bawang putih tunggal dapat membantu mengatasi penyakit jantung dengan 2 cara.

Pertama, mampu mengurangi kada kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh setidaknya sebanyak 20 persen.

Baca Juga : Bantu Atasi Masalah Jantung hingga Kolestrol, InI Manfaat Bawang Merah

6. Manfaat bawang putih tunggal untuk asma

Bawang putih tunggal telah lama menjadi obat tradisional untuk menekan gejala asma.

Ketika dikonsumsi saat perut masih kosong, kandungan di dalamnya akan berinteraksi dengan cairan lambung sehingga gas yang dihasilkan dalam proses ini akan membantu mengatasi gejala penyakit asma.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan Tubuh!

7. Menjaga stamina

Jika kamu adalah individu yang aktif dan butuh stamina prima, coba masukkan bawang putih tunggal ke dalam menu masakan kamu.

Manfaat bawang putih tunggal di antaranya adalah mampu menjaga stamina. Stamina yang meningkat juga dapat menyebabkan tubuh lebih tahan terhadap berbagai kondisi serangan penyakit.

Kemampuan ini didapat berkat khasiat satu bawang putih untuk melawan berbagai virus dan bakteri.

8. Manfaat bawang putih tunggal untuk ibu hamil

Bawang putih tunggal juga disebut memiliki manfaat untuk ibu hamil karena dapat mencegah berbagai kemungkinan komplikasi penyakit.

Ibu hamil yang mengalami preeklamsia saat mengandung juga sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang putih.

Enzim dalam tubuh yang melambat selama kehamilan juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi bawang putih tunggal.

9. Baik untuk daya ingat

Semakin bertambahnya usia pasti akan menurunkan kemampuan daya ingat seseorang. Nah coba deh, konsumsi bawang putih tunggal.

Senyawa dalam bawang putih tunggal dapat memperbaiki sel otak yang rusak bahkan dapat meregenerasi sel otak (neuron) yang rusak sehingga dapat meningkatkan daya ingat. Bahkan dapat meningkatkan daya ingat.

10. Manfaat bawang putih tunggal untuk tekanan darah tinggi

Apabila kamu memiliki riwayat darah tinggi atau sering mengalami lonjakan tekanan darah akibat penyempitan pembuluh darah, cobalah mengonsumsi bawang putih siung tunggal.

Bawang putih tunggal kaya akan sulfur yang berguna untuk memproduksi endotelium. Kemudian akan terjadi relaksasi otot polos dan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah).

Setelah hal tersebut terjadi maka akan dilanjutkan dengan relaksasi otot polos yang terdapat pada dinding pembuluh darah, hal inilah yang menyebabkan tekanan darah tinggi harus dicegah.

Baca Juga : 7 Manfaat Bawang Bombay yang Mengagumkan Bagi Kesehatan

Cara menyimpan bawang putih tunggal

Agar manfaat bawang putih tunggal dapat diperoleh dengan optimal, kamu harus memerhatikan cara penyimpanannya dengan baik.

Pertama, perlu diketahui bahwa bawang ini 7 kali lebih kuat dibanding bawang biasa. Ia juga bersuhu lebih panas dibanding bawang putih biasa sehingga memerlukan suhu normal untuk bisa bertahan lama.

Selanjutnya letakkan bawang putih tunggal secara terpisah dari bawang lain, dan simpan di lemari es jika diperlukan.

Berapa banyak kita boleh mengonsumsi bawang putih?

Dosis efektif bawang putih belum ditentukan. Dosis yang umumnya direkomendasikan dalam literatur untuk orang dewasa adalah:

  • 4 gram (satu hingga dua siung) bawang putih mentah per hari
  • Satu tablet bubuk bawang putih kering 300 mg (standar untuk 1,3 persen alliin atau 0,6 persen hasil allicin) dua hingga tiga kali sehari
  • 7,2 g ekstrak bawang putih tua per hari

Interaksi bawang putih dengan obat-obatan

Bawang putih normal maupun bawang putih tunggal dapat memengaruhi efektivitas pengobatan tertentu.

Jadi jika kamu sedang menjalani pengobatan dan ingin mencoba bawang putih tunggal, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Berikut beberapa jenis obat atau pengobatan yang dapat terganggu kinerjanya apabila dikonsumsi bersamaan dengan bawang putih:

  • Obat yang digunakan untuk HIV / AIDS. Mengonsumsi bawang putih bersama dengan beberapa obat yang digunakan untuk HIV / AIDS dapat menurunkan keefektifan beberapa obat seperti termasuk nevirapine (Viramune), delavirdine (Rescriptor), dan efavirenz (Sustiva).
  • Isoniazid (Nydrazid, INH). Bawang putih dapat mengurangi jumlah isoniazid (Nydrazid, INH) yang diserap tubuh. Ini mungkin menurunkan seberapa baik isoniazid bekerja. Jangan mengonsumsi bawang putih jika kamu mengonsumsi isoniazid.
  • Saquinavir (Fortovase, Invirase). Tubuh memecah saquinavir untuk menghilangkannya. Bawang putih dapat meningkatkan kecepatan tubuh memecah saquinavir. Mengonsumsi bawang putih bersama dengan saquinavir dapat menurunkan efektivitas saquinavir.
  • Pil KB (obat kontrasepsi). Beberapa pil KB mengandung estrogen. Tubuh memecah estrogen dalam pil KB untuk menghilangkannya. Bawang putih dapat meningkatkan pemecahan estrogen. Mengonsumsi bawang putih bersama dengan pil KB dapat menurunkan efektivitas pil KB.
  • Siklosporin (Neoral, Sandimmun). Tubuh memecah siklosporin untuk menghilangkannya. Bawang putih dapat meningkatkan kecepatan tubuh memecah siklosporin. Mengkonsumsi bawang putih bersama dengan siklosporin dapat menurunkan efektivitas siklosporin.
  • Obat yang memperlambat pembekuan darah (obat antikoagulan / antiplatelet). Bawang putih bisa memperlambat pembekuan darah. Mengonsumsi bawang putih bersama dengan obat yang juga memperlambat pembekuan dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan.
  • Warfarin (Coumadin). Warfarin digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Bawang putih dapat meningkatkan efektivitas warfarin. Mengonsumsi bawang putih bersama dengan warfarin dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Medicine.net, https://www.medicinenet.com/is_it_okay_to_eat_a_raw_garlic_clove/article.htm, diakses 27 Januari 2021

Benefit of Solo Garlic, https://srjglobal.com/benefits-of-solo-garlic/ diakses pada 8 Juli 2020

Top 5 Health Benefits of Himalayan Single Clove Garlic, https://goqii.com/blog/top-5-health-benefits-of-himalayan-single-clove-garlic/ diakses pada 8 Juli 2020

WebMD. Diakses pada 12 April 2021. Garlic

Daily Mail. Diakses pada 12 April 2021. No more fiddly peeling! Himalayan ‘lazy garlic’ comprising one ENORMOUS single clove now being sold in Lidl

Love Inshaallah. Diakses pada 12 April 2021. 7 Health Benefits of Single Clove Garlic (Solo Garlic)

Naturally Yours. Diakses pada 12 April 2021. Top 5 Health Benefits of Himalayan Single Clove Garlic

 

    register-docotr