Diet dan Nutrisi

Mampu Tingkatkan Kualitas Sperma, Ini Deretan Manfaat Asam Folat untuk Pria

July 20, 2020 | Arianti Khairina
no-image

Hingga saat ini banyak yang mengetahui bahwa asam folat hanya dibutuhkan oleh wanita hamil dan bayi saja. Padahal pria juga masih membutuhkan asupan asam folat. Berikut ini deretan manfaat asam folat untuk pria. 

Manfaat asam folat untuk pria 

Asupan asam folat mampu mencegah risiko kecacatan pada otak dan saraf bayi. Tetapi, selain untuk ibu hamil, ternyata asupan asam folat ini sangat penting bagi seorang pria. Berikut ini beberapa manfaat untuk pria: 

1. Meningkatkan kualitas sperma

Dilansir dari NHS, asupan asam folat bagi pria sangat penting untuk menjaga kualitas sperma.

Tak hanya itu ketika seorang pria memiliki cukup asupan asam folat, tentu jumlah sperma yang diproduksi juga akan semakin meningkat. Dengan kata lain, asam folat dapat meningkatkan kesuburan seorang pria.

Proses dari sel induk ke sel sperma membutuhkan waktu sekitar 60 hari. Asupan folat mejadi salah satu nutrisi penting dalam hal pembelahan sel dan sintesis DNA.

Sebuah studi seperti dikutip Very Well Family menunjukkan bahwa kadar folat yang rendah dalam sangat berkaitan dengan stabilitas DNA sperma yang buruk. Dari sini, kita dapat belajar bahwa folat memainkan peran penting dalam kesehatan sperma.

2. Berkurangnya risiko penyakit jantung

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa asam folat  mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Sama dengan fungsi pembentukan sel darah merah, asupan dari asam folat juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh.

Penggumpalan darah tersebut yang menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung, karena aliran darah tidak berjalan normal menuju jantung.

Namun ketika kamu cukup mendapatkan aspan asam folat, tentu saja dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah. Tujuannya untuk mengurangi risiko munculnya penyakit jantung.

3. Mencegah penyakit anemia

Asam folat memang memiliki peran penting dalam produksi sel darah merah. Hal tersebut berkaitan dengan penyakit anemia. Penyakit ini adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah dalam jumlah yang cukup banyak. 

Salah satu penyebabnya bisa karena tubuh kekurangan asam folat. Jika kamu memiliki penyakit ini atau ingin terhindar dari anemia, sebaiknya mulai terapkan untuk cukup mendapatkan asupan folat ya. 

4. Ampuh atasi depresi 

Asam folat memproduksi neurotransmitter di otak, contohnya seperti neropinefrin, serotonin, dan dopamin.

Hal tersebut mampu untuk memperbaiki kondisi seseorang yang mengalami depresi. Dan asam folat ini memang sering ditambahkan ke dalam obat antidepresan. 

5. Meningkatkan daya ingat 

Penyebab daya ingat seseorang menurun dikarenakan aliran oksigen dan aliran sel darah merah ke otak terganggu. Namun hal tersebut bisa diperbaiki jika kamu cukup mendapatkan asupan asam folat.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi asupan asam folat sehari-hari karena dapat meningkatkan daya ingat dengan baik. 

Baca juga: Mengenal Asam Folat: Nutrisi Baik dengan Sejuta Manfaat untuk Tubuh

Makanan yang mengandung asam folat

Kebutuhan asam folat untuk setiap pria tergantung pada usianya. Jika pria yang berusia lebih dari 13 tahun, biasanya mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari. 

Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dan mengandung asam folat yang baik: 

1. Sayuran hijau

Ketika kamu mengonsumsi satu cangkir sayuran hijau artinya sama saja mengonsumsi asam folat sebanyak 58,2 mikrogram. Jenis sayuran hijau yang kaya akan asam folat antara lain seperti bayam, kangkung, brokoli, dan kol.

2. Buah bit 

Buah bit ini banyak mengandung potasium, dan vitamin C yang kamu butuhkan sepanjang hari. Buah ini juga merupakan sumber asam folat yang hebat, dengan satu cangkir (136 gram) bit mentah mengandung 148 mcg folat, atau sekitar 37% dari DV. 

3. Kacang-kacangan

Kandungan secangkir kacang-kacangan terdapat sekitar 50 mikrogram asam folat. Beberapa kacang-kacangan yang tinggi kandungan asam folat yaitu kacang hijau, kacang merah, dan kacang tanah.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Nhs.uk (2008) diakses 15 Juli 2020. Folic acid ’boosts sperm’
  2. Verywellfamily.com (2019) diakses 15 Juli 2020. The Importance of Folic Acid in Female and Male Fertility
  3. Menshealth.com (2018) diakses 15 Juli 2020. What Is Folic Acid, and Should You Be Taking It?
  4. Healthline.com (2020) diakses 15 Juli 2020. 15 Healthy Foods That Are High in Folate (Folic Acid) 
    Berita Terkait
    register-docotr