Diet dan Nutrisi

Yuk, Simak 8 Jenis Makanan untuk Menaikkan Trombosit

June 19, 2020 | Husni Efendi | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Saat mudah lelah atau gusi gampang berdarah, bisa jadi ini karena trombosit kamu rendah. Selain obat atau suplemen, mengonsumsi jenis makanan untuk menaikkan trombosit bisa jadi pilihan yang tepat dan aman.

Darah terdiri dari beberapa komponen, sebut saja sel darah merah, sel darah putih, termasuk juga trombosit. Trombosit adalah sel darah yang membantu pembekuan, dan penting untuk kamu bisa mempertahankan levelnya tetap terjaga.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Berikut Jenis-jenis Alat Kontrasepsi untuk Pria

Penyebab trombosit rendah

makanan untuk menaikkan trombosit
Trombosit dalam sel darah merah tidak boleh rendah. Foto: https://www.quora.com

Trombosit adalah sel darah yang membantu darah membeku. Ketika jumlah trombosit kamu rendah alias trombositopenia, mungkin tanda-tanda seperti kelelahan, mudah memar, gusi berdarah, jadi beberapa gejalanya.

Infeksi tertentu, leukemia, perawatan kanker, penyalahgunaan alkohol, sirosis hati, pembesaran limpa, sepsis, penyakit autoimun, dan obat-obatan tertentu, adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan trombositopenia.

Jika kamu menderita trombositopenia ringan, kamu mungkin dapat meningkatkan jumlah trombosit melalui diet sehat dan suplemen.

Namun, jika kamu memiliki jumlah trombosit yang sangat rendah, kemungkinan besar kamu akan memerlukan perawatan medis untuk menghindari komplikasi.

Jenis makanan untuk menaikkan trombosit

Makanan tinggi vitamin dan mineral tertentu dapat membantu tubuh kamu membuat dan menjaga trombosit dalam darah kamu.

Sementara banyak nutrisi tersedia dalam bentuk suplemen, yang terbaik adalah mencoba mendapatkan nutrisi tersebut dari makanan ketika kamu bisa. Makan dengan nutrisi baik penting untuk mendapatkan kesehatan.

Vitamin B-12

Vitamin B-12 membantu menjaga sel-sel darah kamu tetap sehat. Kekurangan B-12 kerap dikaitkan dengan jumlah trombosit yang rendah.

Sumber vitamin B-12 terbaik di antaranya ada pada makanan hewani, seperti hati sapi, kerang, telur.

Vitamin B-12 juga dapat ditemukan dalam produk susu, seperti susu dan keju. Meski beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu sapi dapat mengganggu produksi trombosit, kamu tetap perlu berhati-hati atau berkonsultasi dengan dokter untuk lebih lanjut.

Makanan untuk menaikkan trombosit harus kaya asam folat

Folat adalah vitamin B esensial (vitamin B9) untuk sel-sel darah yang sehat. Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat.

Makanan yang mengandung folat atau asam folat juga direkomendasikan untuk menaikkan trombosit. Di antaranya kacang tanah, kacang merah, jeruk.

Mengonsumsi banyak makanan kaya folat cenderung tidak menyebabkan masalah. Namun kamu perlu berhati-hati untuk tidak mengonsumsi asam folat dalam jumlah berlebihan dari suplemen, atau makanan yang diperkaya (fortified foods), sebab kadar tinggi dapat mengganggu fungsi vitamin B-12.

Zat besi

Zat besi sangat penting untuk tingkat sel darah merah dan trombosit yang sehat. Penelitian yang dilakukan pada balita dan remaja dengan anemia defisiensi besi, menunjukkan bahwa zat besi dapat meningkatkan jumlah trombosit bagi kamu yang mengalami kondisi ini.

Makanan kaya zat besi meliputi tiram, hati sapi, kacang putih dan kacang merah, cokelat hitam, lentil, dan tahu. Untuk vegetarian, makanan sumber zat besi bisa diperoleh di antaranya dari kacang, lentil, dan tahu, dengan sumber vitamin C, untuk meningkatkan tingkat penyerapan.

Hindari mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan mengonsumsi suplemen kalsium sekaligus sebagai sumber zat besi.

Makanan untuk menaikkan trombosit kaya akan vitamin C

Vitamin C membantu kelompok trombosit kamu berfungsi secara efisien. Ini juga membantu kamu menyerap zat besi, yang juga dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit.

Sumber vitamin C yang baik di antaranya meliputi mangga, nanas, brokoli, paprika hijau atau merah, tomat, dan kembang kol.

Vitamin D

Vitamin D berkontribusi pada berfungsinya tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh.

Tubuh dapat menghasilkan vitamin D dari paparan sinar matahari, tetapi tidak semua orang menerima cukup sinar matahari setiap hari, terutama jika mereka hidup di daerah beriklim dingin.

Orang dewasa berusia 19 hingga 70 membutuhkan setidaknya 15 mcg vitamin D setiap hari. Sumber makanan vitamin D di antaranya kuning telur, ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan mackerel), minyak hati ikan, susu yang diperkaya (fortified milk) dan yoghurt.

Vegetarian atau vegan yang ketat bisa mendapatkan vitamin D misalnya dari sereal sarapan yang diperkaya, jus jeruk yang diperkaya, alternatif susu seperti susu kedelai dan yoghurt kedelai, serta jamur yang terpapar UV

Vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Makanan yang kaya vitamin K meliputi: natto, hidangan kedelai yang difermentasi, sayuran berdaun hijau (collard, lobak, bayam, dan kangkung), brokoli, kedelai dan minyak kedelai, serta labu.

Makanan untuk menaikkan trombosit kaya akan vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk produksi trombosit yang sehat. Nutrisi ini dikenal penting untuk pembentukan protein dalam tubuh.

Kandungan protein yang sehat dalam tubuh membantu dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel. Beberapa makanan yang sebaiknya kamu tambahkan ke dalam diet harian kamu, di antaranya bisa termasuk wortel, labu, kangkung, dan ubi jalar.

Rumput gandum

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Universal Pharmacy dan Life Sciences, rumput gandum telah dikenal membantu meningkatkan jumlah trombosit darah.

Minum secangkir rumput gandum bersama dengan setetes jus lemon, dapat membantu meningkatkan trombosit darah.

Baca Juga: Moms Sebelum Dipilih, Yuk Ketahui Dulu Plus Minus dari Minum Pil KB

Jenis makanan yang perlu dihindari

Sementara beberapa makanan dapat meningkatkan jumlah trombosit , namun ada juga yang dapat menurunkannya. Makanan dan minuman tertentu dapat mengurangi jumlah trombosit termasuk:

  • Alkohol
  • Aspartame, pemanis buatan
  • Jus cranberry
  • Kina, suatu zat dalam air tonik dan lemon pahit

 Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  • Food NDTV, 7 Foods To Increase Blood Platelets https://food.ndtv.com/health/7-foods-to-increase-blood-platelets-1822859, diakses 16 Juni 2020
  • Healthline, How to Naturally Increase Your Platelet Count https://www.healthline.com/health/how-to-increase-platelet-count, diakses 16 Juni 2020
  • Medical News Today, How can I increase my platelet count naturally? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322937, diakses 16 Juni 2020
    Berita Terkait
    register-docotr