Diet dan Nutrisi

Catat! Ini Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat

March 13, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Asam urat adalah suatu kondisi yang bisa menimbulkan gejala nyeri pada sendi hingga peradangan. Perlu kamu tahu bahwa terdapat beberapa makanan penyebab asam urat yang sebaiknya dibatasi atau dihindari konsumsinya.

Lantas, apa saja makanan penyebab asam urat? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Benarkah Tomat Bisa Picu Asam Urat? Ini Fakta-fakta Pentingnya!

Mengenal asam urat

Asam urat (gout) adalah bentuk artritis (peradangan pada satu atau lebih persendian) yang dapat terjadi ketika kadar asam urat yang tinggi dalam darah menyebabkan terjadinya pembentukan kristal yang menumpuk di dalam ataupun sekitar sendi.

Perlu kamu tahu bahwa asam urat (uric acid) diproduksi saat tubuh memecah bahan kimia yang dikenal sebagai purin. Secara alami, purin terdapat di dalam tubuh, namun bahan kimia tesebut juga ditemukan dalam beberapa makanan.

Berdasarkan Mayo Clinic, biasanya asam urat larut dalam darah dan dapat dikeluarkan melalui urine. Akan tetapi, terkadang tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengeluarkan asam urat dalam jumlah yang rendah.

Jika hal tersebut terjadi, asam urat dapat menumpuk dan membentuk kristal pada sendi atau jaringan di sekitarnya yang mana dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti nyeri, pembengkakan, dan peradangan.

Makanan tertentu dapat memicu atau meningkatkan kadar asam urat

Makanan pemicu atau penyebab asam urat biasanya memiliki kandungan purin yang tinggi. Ketika kita mencerna purin, tubuh akan memproduksi asam urat sebagai produk limbah.

Bagi seseorang yang tidak menderita kondisi ini, tubuh dapat menghilangkan kelebihan asam urat secara efisien. Sebaliknya, bagi penderita asam urat tubuh tidak dapat menghilangkan kelebihan asam urat secara efisien.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan asam urat sehingga menimbulkan serangan asam urat.

Apa saja makanan penyebab asam urat?

Nah, berikut ini adalah makanan penyebab asam urat yang penting untuk diketahui.

1. Daging merah

Makanan penyebab asam urat pertama yang sebaiknya dihindari adalah daging merah. Sebab, daging merah memiliki kandungan purin yang tinggi, sehingga konsumsi makanan ini secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan risiko serangan asam urat.

Kamu harus membatasi asupan daging merah, seperti daging sapi, daging domba, dan daging babi. Di sisi lain, daging ayam memiliki kandungan purin dalam jumlah sedang, oleh karenanya konsumsi daging ayam juga tidak boleh berlebihan.

2. Jeroan

Sama halnya seperti daging merah, jeroan juga memiliki kandungan purin yang tinggi, yang mana dapat menyebabkan kadar asam urat dalam darah tinggi. Sebaiknya, hindari konsumsi daging organ, seperti hati, jantung, otak, dan ginjal.

3. Beberapa ikan dan makanan laut (seafood)

Beberapa jenis makanan laut tertentu juga tinggi akan kandungan purin, maka dari itu konsumsinya harus dihindari. Sementara, sebagian lainnya memiliki kandungan purin dalam jumlah sedang dan konsumsinya harus dibatasi.

Adapun beberapa jenis makanan laut yang sebaiknya dihindari yakni:

  • Sarden
  • Teri
  • Makarel
  • Herring
  • Kerang
  • Kod
  • Trout.

Sedangkan, jenis makanan laut yang sebaiknya dibatasi konsumsinya di antaranya adalah:

  • Lobster
  • Kepiting
  • Udang
  • Tiram
  • Salmon.

4. Makanan dan karbohidrat olahan

Dikutip dari Very Well Health, untuk mencegah gejala asam urat sebaiknya batasilah makanan olahan atau makanan tinggi akan karbohidrat olahan, seperti permen, kue kering, biskuit, kerupuk, roti putih, serta beberapa frozen meals.

Membatasi konsumsi makanan dan karbohirat olahan tidak hanya dapat mengurangi risiko asam urat saja, tetapi juga dapat membantu kesehatan secara keseluruhan.

Selain makanan penyebab asam urat, sebaiknya hindarilah konsumsi minuman berikut

Makanan penyebab asam urat yang sudah dijelaskan di atas memang harus dibatasi atau bahkan dihindari konsumsinya. Namun yang juga penting untuk diketahui adalah terdapat beberapa minuman yang juga dapat memicu asam urat, di antaranya adalah:

1. Alkohol

Semua jenis alkohol dapat meningkatkan risiko asam urat dan memperburuk gejala yang ditimbulkan. Sebab, ketika mengonsumsi alkohol ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuang alkohol dibandingkan dengan asam urat.

Hal tersebut dapat menyebabkan asam urat menumpuk di dalam tubuh, yang mana dapat memicu terjadinya asam urat. Beberapa jenis alkohol seperti bir juga mengandung purin. Sebaiknya hindarilah semua jenis alkohol termasuk, bir, wine, hingga liquor.

2. Minuman manis

Tak hanya minuman beralkohol, minuman manis juga dapat memicu serangan asam urat. Minuman manis misalnya saja seperti produk jus buah mengandung gula yang dikenal sebagai fruktosa dalam jumlah tinggi.

Gula darah tinggi dikaitkan dengan jumlah penumpukan asam urat yang lebih tinggi di dalam tubuh. Sebaiknya batasi atau hindari minuman manis, ini termasuk:

  • Minuman bersoda
  • Minuman dengan tambahan gula
  • Miuman berenergi
  • Jus buah dari konsentrat.

Baca juga: Catat Moms, Ini Bahaya Minuman Kemasan jika Dikonsumsi Balita dan Anak

Itulah beberapa makanan penyebab asam urat. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kondisi asam urat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 05 Maret 2021. Avoid Your Gout Triggers to Avoid Sudden Flare-Ups 

Healthline (2017). Diakses pada 05 Maret 2021. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 05 Maret 2021. Gout 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 05 Maret 2021. Gout diet: What’s allowed, what’s not 

Very Well Health (2020). Diakses pada 05 Maret 2021. What Foods to Avoid With Gout

    register-docotr