Diet dan Nutrisi

Deretan Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Mana Favoritmu?

November 5, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Konsultasi seputar gizi dan tips diet dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Vitamin C sangat dibutuhkan untuk tubuh kita sehari-hari. Vitamin C sendiri adalah vitamin yang larut dalam air dan banyak ditemukan di buah-buahan. Jika kamu tinggal di Indonesia, deretan buah yang mengandung vitamin C cukup mudah untuk ditemukan.

Jadi tidak ada alasan untuk malas mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C. Selain bekhasiat untuk antioksidan, serta memiliki efek positif pada kesehatan kulit dan fungsi kekebalan.

Selain itu, vitamin C juga penting untuk sintesis kolagen, jaringan ikat, tulang, gigi, dan pembuluh darah kecil.

Pilihan buah yang mengandung tinggi vitamin C

Tahukah kamu, jika tubuh manusia tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C? Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C secara teratur dalam jumlah yang cukup, agar tubuh senantiasa mendapat asupan vitamin ini dengan optimal.

Dilansir Healthline, jumlah kebutuhan untuk vitamin C saat ini adalah 90 mg per hari. Jika kurang dari angka ini, kamu bisa berisiko mengalami berbagai gejala defisiensi.

Mulai dari gusi berdarah, sering memar, infeksi, penyembuhan luka yang buruk, anemia dan penyakit kudis.

Nah, jika sebelumnya kamu hanya mengenal jeruk sebagai buah yang tinggi akan vitamin C, berikut adalah beberapa buah lain yang juga bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan C.

Jambu biji

Buah tinggi vitamin C selain jeruk adalah jambu biji. Ini merupakan buah yang tinggi vitamin C cukup tinggi, yakni lebih dari 200 mg vitamin dalam satu buahnya.

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam buah ini juga melebihi kandungan serat yang dimiliki oleh jeruk.

Kiwi

Satu buah kiwi berukuran sedang, mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Dengan mengonsumsi buah kiwi dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan menurunkan kolesterol. Kiwi juga bisa menjadi sumber buah untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Stroberi

Sekitar 150 mg stroberi mengandung hampir 100 mg vitamin C. Tidak hanya itu, stroberi juga kaya akan asam folat, serat serta mineral, seperti kalium dan magnesium. 

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi mampu mencegah kanker dan penyakit pembuluh darah.

Kakadu plum

Kakadu plum (Terminalia ferdinandiana) adalah superfood yang berasal dari Australia. Ini mengandung 100 kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Jadi bisa dibilang ini adalah salah satu buah dengan vitamin C paling tinggi.

Buah kakadu plum memiliki konsentrasi vitamin C sebesar 5.300 mg per 100 gram. Satu buah plum mengandung 481 mg vitamin C, yang merupakan 530 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan.

Buah ini juga kaya kalium, vitamin E dan antioksidan lutein, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Acerola ceri

Jika kamu masih bertanya-tanya apakah masih ada buah dengan vitamin C paling tinggi selain kakadu plum? Jawabannya tak lain adalah acerola ceri.

Hanya satu setengah cangkir (49 gram) ceri acerola merah dapat memberikan 822 mg vitamin C, atau 913 persen dari jumlah asupan yang direkomendasikan.

Pepaya

Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Pepaya juga berpotensi untuk membantu melegakan rongga sinus, mencerahkan kulit dan menguatkan tulang.

Anggur hitam

Satu setengah cangkir (56 gram) anggur hitam mengandung 101 mg vitamin C, atau sekitar 112 persen dari nilai asupan harian yang direkomendasikan.

Selain baik dikonsumsi karena bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, buah ini juga kaya akan flavonoid atau antioksidan yang disebut antosianin untuk menangkal radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan seperti vitamin C dan antosianin dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penyakit kerusakan saraf.

Selain itu, anggur hitam juga merupakan buah dengan kandungan vitamin C untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi karena gulanya relatif aman untuk dikonsumsi.

Nanas

Setengah buah nanas memiliki kandungan vitamin C sebesar 39-49 gram. Selain menjadi buah yang tinggi vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. 

Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, serta juga dapat bertindak sebagai antiradang.

Mangga

Buah tinggi vitamin C selain jeruk lainnya adalah mangga. Dengan mengonsumsi setengah buah mangga berukuran sedang, kamu sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu sekitar 70 persen, lho.

Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga terbukti dapat membantu melindungi kamu dari kanker payudara dan kanker usus besar.

Leci

Satu buah leci menyediakan hampir 7 mg vitamin C atau 7,5 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah .

Kandungan vitamin C dalam buah ini sangat berperan dalam sintesis kolagen dan kesehatan pembuluh darah.

Sebuah studi yang observasi 196.000 orang menemukan fakta bahwa asupan vitamin C yang tinggi bisa membantu menurunkan terjadinya risiko stroke sebesar 42 persen.

Lemon

Dahulu, lemon diberikan kepada para pelaut di tahun 1700-an untuk mencegah penyakit kudis. Sekarang, buah berwarna kuning cerah ini tak cuma bisa dikonsumsi secara langsung, namun juga diolah dalam berbagai bentuk minuman.

Satu lemon mentah utuh, termasuk kulitnya, menyediakan 83 mg vitamin C, atau 92 persen dari kebutuhan harian. Sama halnya dengan anggur, lemon juga merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Manfaat vitamin C untuk tubuh

Asupan vitamin C sangatlah penting bagi tubuh kita sehari-hari. Berikut beberapa manfaat vitamin C yang baik untuk tubuh, antara lain:

Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin, maka akan meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh dan membuatnya menjadi stabil dan mengurangi penebalan pada pembuluh darah arteri pada jantung. 

Penebalan pada pembuluh darah arteri inilah yang menjadi penyebab utama serangan jantung secara mendadak dan dapat mengakibatkan stroke.

Meredakan pilek

Vitamin C juga mampu meredakan dan mencegah pilek menjadi lebih parah seperti gangguan pernapasan. Jika kamu sedang mengalami sakit pilek, sebaiknya kamu megonsumsi vitamin C yang cukup.

Mencegah penuaan dini

Vitamin C dapat membantu menghambat sel-sel yang mengakibatkan penuaan dini. Vitamin C juga akan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang merupakan protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput.

Tidak hanya itu saja vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, memperlambat proses penuaan hingga mencerahkan warna kulit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Tidak hanya itu saja, asupan vitamin C yang cukup dapat mencegah kamu terhindar dari berbagai penyakit. Jadi usahakan agar tubuh kamu memiliki asupan vitamin C yang cukup.

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Konsultasi seputar gizi dan tips diet dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2018) diakses 10 Juni 2020. 20 Foods That Are High in Vitamin C. 10 Juni 2020 pukul 21.00.
  2. webmd.com (2019) diakses 10 Juni 2020. Foods With Vitamin C Besides Oranges. 10 Juni 2020 pukul 21.15.
  3. webmd.com (2010) diakses 10 Juni 2020. The Benefits of Vitamin C. 10 Juni 2020 pukul 21.45.
  4. tes
    register-docotr