Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Buah Mangga, Jaga Kesehatan Kulit hingga Cegah Kanker

June 4, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Di beberapa negara, mangga dikenal sebagai raja dari segala buah. Bukan tanpa alasan, ada banyak manfaat buah mangga yang bisa diperoleh. Mulai dari menjaga kesehatan kulit dan mata, sistem pencernaan, bahkan pencegahan kanker.

Berbagai khasiat tersebut tak lepas dari nutrisi pada buah mangga seperti berbagai vitamin, potasium, serat tinggi, asam folat, zat mangan, dan lainnya.

Nah, berikut adalah penjelasan selengkapnya tentang manfaat buah untuk kesehatan tubuh.

1. Manfaat buah mangga untuk kulit

Sama seperti jeruk, mangga memiliki kandungan vitamin C tinggi. Tentu saja, ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C adalah zat penting yang mendukung efektivitas kolagen dalam pembentukan struktur kulit dan rambut.

Penurunan fungsi kolagen bisa meningkatkan risiko penuaan pada kulit, seperti keriput, kulit mengendur, dan garis halus pada wajah. Ini juga berlaku pada kulit kepala, yang mana rambut akan kehilangan kekuatannya jika kolagen mengalami penurunan fungsi.

Selain itu, senyawa antioksidan juga dapat melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari, dan menjadikannya tetap sehat meski beraktivitas seharian. Senyawa retinoid dan polifenol berkontribusi dalam mencegah kerusakan kulit dan rambut akibat stres oksidatif.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Penyebab dan Gejala Kanker Kulit yang Jarang Disadari

2. Manfaat buah mangga untuk mata

Selain wortel, kamu juga bisa menjaga kesehatan mata dengan memperbanyak konsumsi mangga. Kandungan lutein dan zeaksantin pada mangga mampu mengoptimalkan fungsi retina.

Kedua zat tersebut bisa memaksimalkan kinerja retina dalam menerima rangsangan cahaya, yang kemudian akan diteruskan menuju otak. Zeaksantin dan lutein berkontribusi dalam penyerapan cahaya berlebih, serta melindungi mata dari sinar biru yang membahayakan.

Sebuah penelitian mengungkapkan, mangga adalah sumber vitamin A yang baik. Kekurangan vitamin A bisa memperburuk indra penglihatan, seperti mata kering dan berkurangnya sensitivitas mata di malam hari.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Mangga adalah buah yang bisa digunakan untuk melancarkan buang air besar. Ya, salah satu manfaat buah mangga yang bisa kamu dapatkan adalah kemampuannya dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Tidak hanya kaya vitamin, mangga juga mengandung enzim perncernaan bernama amilase, berfungsi sebagai pemecah molekul makanan untuk memudahkan proses penyerapan. Enzim ini membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi gula (maltosa dan glukosa).

Serat tinggi juga ampuh dalam mengatasi sembelit dan diare. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan, makan buah mangga setiap hari lebih efektif dalam mencegah masalah pencernaan ketimbang mengonsumsi suplemen.

4. Manfaat buah mangga untuk jantung

Sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat memaparkan, kandungan kalium dan magnesium pada mangga bisa mengurangi ketegangan di pembuluh darah, menjaga denyut nadi tetap normal, dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Ada juga senyawa antioksidan bernama mangiferin, berfungsi melindungi sel-sel pada jantung dari berbagai peradangan. Dengan begitu, organ terpenting manusia itu akan tetap bekerja dengan optimal.

Baca juga: Ini 6 Pertolongan Pertama Serangan Jantung yang Perlu Kamu Tahu

5. Pencegahan kanker

Menurut sejumlah pakar di Italian National Cancer Institute, kandungan polifenol pada mangga memiliki sifat antikanker. Polifenol sendiri bekerja dengan mengurangi terjadinya stres oksidatif, yang mana jika dibiarkan bisa memicu tumbuhnya sel-sel jahat.

Sebuah uji coba yang dilakukan pada hewan menyimpulkan, polifenol dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker, termasuk kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara, dan kanker darah.

Mangiferin yang merupakan salah satu unsur dalam polifenol juga bisa mengurangi berbagai aktivitas peradangan. Saat peradangan terjadi, sel-sel jahat di dalam tubuh akan mudah untuk berkembang.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah mangga yang terakhir adalah mampu meningkatkan sistem imun. Satu wadah berukuran 165 gram yang berisi mangga mampu memenuhi 10 persen dari total kebutuhan harian vitamin A.

Selain bermanfaat untuk mata, vitamin ini juga bisa membantu tubuh dalam melawan berbagai infeksi. Saat tidak ada infeksi, sel darah putih akan memacu kinerja sel-sel baik dalam tubuh. Dengan begitu, kekebalan akan semakin meningkat.

Nah, itulah enam manfaat buah mangga untuk kesehatan dan pencegahan sejumlah penyakit. Yuk, tetap jaga kebugaran tubuh dan hindari risiko beberapa penyakit serius dengan memperbanyak makan mangga!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Healthline, diakses 31 Mei 2020, Mango: Nutrition, Health Benefits and How to Eat It.
  2. US National Library of Medicine, diakses 31 Mei 2020, Anticarcinogenic Effects of Polyphenolics From Mango (Mangifera Indica) Varieties
  3. US National Library of Medicine, diakses 31 Mei 2020, Polyphenols as Modulator of Oxidative Stress in Cancer Disease: New Therapeutic Strategies.
  4. US National Library of Medicine, diakses 31 Mei 2020, Magnesium Basics
  5. US National Library of Medicine, diakses 31 Mei 2020, Polyphenol-rich Mango (Mangifera Indica L.) Ameliorate Functional Constipation Symptoms in Humans Beyond Equivalent Amount of Fiber
  6. US National Library of Medicine, diakses 31 Mei 2020, The Eye Signs of Vitamin A Deficiency.

    Berita Terkait
    register-docotr