Kesehatan Mental

Kenali Birthday Blues, Perasaan Sedih di Hari Ulang Tahun

May 25, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bahagia, senang, atau gembira adalah perasaan yang biasanya kita rasakan pada saat hari ulang tahun. Namun, bagaimana jadinya jika pada hari ulang tahun kamu justru merasakan rasa sedih atau cemas? Ini bisa menjadi tanda dari birthday blues.

Baca juga: Mengenal Konsep Ikigai dari Jepang agar Hidup Bahagia dan Sehat

Apa itu birthday blues?

Birthday blues atau yang juga dikenal sebagai birthday depression adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang merasa sedih, tidak bahagia, atau bahkan cemas pada hari ulang tahunnya.

Pada dasarnya kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, namun lebih sering memengaruhi seseorang yang memiliki riwayat gangguan kecemasan atau gangguan kesehatan mental lainnya, hingga seorang introvert.

Tanda-tanda birthday blues

Dikutip dari Medical News Today, seseorang yang mengalami birthday blues mungkin saja merasakan lelah atau tidak antusias di hari ulang tahunnya, merasa sedih, merasa cemas atau paranoid menjelang atau pada saat hari ulang tahun berlangsung.

Tak hanya itu, tanda-tanda lain dari birthday blues dapat termasuk kehilangan kepercayaan diri, hingga ingin menghindari kontak dengan orang lain, kesulitan untuk tidur atau terbangun di malam hari akibat memikirkan hari ulang tahun.

Kehilangan nafsu makan, merasakan nyeri atau sakit fisik menjelang hari ulang tahun, serta memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri adalah tanda lain dari birthday blues yang juga patut untuk diperhatikan.

Tanda-tanda birthday blues yang sudah disebutkan di atas memiliki kemiripan dengan tanda-tanda depresi. Maka dari itu, penting bagi seseorang yang mengalami tanda-tanda atau gejala birthday blues untuk segera menemui dokter.

Mengapa birthday blues dapat terjadi?

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab dari birthday blues, di antaranya adalah:

1. Ekspektasi yang terlalu tinggi

Ekspektasi yang terlalu tinggi pada hari ulang tahun merupakan faktor pertama penyebab birthday blues. Perlu kamu ketahui bahwa pada saat berulang tahun, seseorang cenderung memiliki ekspektasi mengenai bagaimana hari ulang tahunnya akan berjalan.

Namun, ketika ekspektasi tersebut tidak sesuai dengan kenyataan, ini dapat menimbulkan perasaan kecewa.

2. Pertambahan usia

Penyangkalan mengenai pertambahan usia juga faktor lain yang bisa memicu kesedihan pada hari ulang tahun. Usia memang hanya sekadar angka, tetapi perubahan fisik yang dapat terjadi akibat pertambahan usia tentu sulit untuk dihindari.

Tak hanya soal perubahan fisik saja, bertambahnya tanggung jawab pun juga bisa memicu birthday blues.

3. Tekanan dan ekspektasi sosial

Tekanan atau ekspektasi sosial untuk mencapai tujuan tertentu dalam satu waktu tertentu, misalnya saja seperti pernikahan merupakan salah satu hal di masyarakat yang dipandang harus dicapai pada usia tertentu.

Apabila seseorang belum mencapai tujuan tersebut dalam usia yang diharapkan, ini dapat memicu birthday blues.

Baca juga: Mengenal Psikoterapi Suportif, Berbicara sebagai Terapi untuk Mengutarakan Keresahan Hati

4. Merasa tidak berhasil

Waktu cepat berlalu dan kebanyakan dari kita memiliki rencana dan tujuan tiap tahunnya yang ingin kita penuhi. Ulang tahun ini dapat menjadi pengingat mengenai apa yang telah kita capai atau belum capai di usia tertentu.

Apabila terdapat rencana yang banyak belum direalisasikan pada usia atau tahun tertentu, ini dapat berdampak pada perasaan seseorang.

Bagaimana cara menangani birthday blues?

Birthday blues adalah suatu kondisi yang bisa ditangani dan dicegah. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mencegah atau menangani birthday blues yang perlu kamu ketahui.

1. Berpikir positif

Mencoba untuk berpikir positif adalah awal yang baik. Dibandingkan dengan merasa sedih karena kurangnya pencapaian yang diraih serta menyalahkan diri sendiri, akan lebih baik jika kamu berfokus pada hal-hal yang telah kamu capai di tahun-tahun sebelumnya.

Dengan melakukan hal tersebut, dapat meningkatkan rasa syukurmu serta membantumu untuk mengingat hal-hal yang dapat membuatmu bangga.

2. Jangan terlalu membuat banyak rencana

Rencana yang terlalu banyak hanya dapat membuatmu tertekan pada saat hari ulang tahun. Alih-alih membuat terlalu banyak rencana, kamu dapat membuat rencana sederhana dan mudah dilakukan untuk menurunkan risiko kesalahan atau kekecewaan.

3. Menjadi lebih produktif

Kamu juga dapat menjadi lebih produktif di hari ulang tahunmu. Misalnya saja, kamu dapat menuliskam beberapa tujuan dan beberapa cara untuk mencapai tujuan tersebut di tahun selanjutnya.

Jangan lupa juga untuk menciptakan hari positif di hari ulang tahunmu agar kamu lebih termotivasi untuk merayakan hari ulang tahun yang lebih baik di lain waktu.

4. Kendalikan ekspektasi

Bersikap realitis mengenai apa yang diharapkan di hari ulang tahun dapat membantu menghindari kekecewaan.

Dibandingkan dengan menaruh ekspektasi yang tinggi, sebaiknya carilah hal-hal positif dan bersyukur serta menghargai upaya apapun yang telah dilakukan oleh teman dan keluarga pada hari ulang tahunmu.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai birthday blues. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Better Help (2020). Diakses pada 24 Mei 2021. Birthday Depression Is Real: Here’s Why You Don’t Have To Feel Ashamed 

Lembaga Mahasiswa Psikologis Universitas Gadjah Mada (2020). Diakses pada 24 Mei 2021. Ulang Tahun, Tapi Kok Malah Sedih? 

Medical News Today (2018). Diakses pada 24 Mei 2021. Why are birthdays so hard? 

Psychreg (2020). Diakses pada 24 Mei 2021. Some People Feel Sad During Their Birthday – It’s Known as Birthday Blues 

    register-docotr