Kesehatan Mental

5 Jenis Gangguan Psikologis yang Sering Terjadi, Apa Sajakah Itu?

September 10, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada berbagai gangguan psikologis yang mungkin dialami seseorang. Dari berbagai jenis gangguan psikologis tersebut, ada beberapa yang umum terjadi.

Tahukah kamu apa saja gangguan psikologis yang umum terjadi? Untuk lebih mengenal gangguan psikologis, yuk simak penjelasan berikut dimulai dari mengenal apa itu gangguan psikologis.

Apa itu gangguan psikologis?

Gangguan psikologis seringkali juga disebut sebagai gangguan mental. Yaitu kondisi kelainan pada seseorang yang mengakibatkan perbedaan pola perilaku, pikiran hingga emosi yang memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Gangguan ini menimbulkan tekanan bagi orang yang mengalaminya. Namun, seringkali orang yang mengalaminya tidak mendapatkan bantuan medis. Dari beberapa jenis gangguan psikologis yang ada, berikut adalah beberapa yang umum terjadi.

1. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan adalah salah satu bentuk gangguan psikologis yang melibatkan reaksi tubuh terhadap situasi yang mengancam.

Berbeda dari rasa cemas pada umumnya, gangguan kecemasan membuat penderitanya mengalami rasa takut dan reaksi cemas yang berlebihan. Kondisi ini juga dapat semakin buruk dari waktu ke waktu.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, gangguan kecemasan adalah gangguan mental yang paling umum di Amerika Serikat, memengaruhi 40 juta orang dewasa yang berusia 18 tahun ke atas.

Jenis gangguan kecemasan ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Panic disorder

Panic disorder memengaruhi 6,8 juta orang dewasa di Amerika Serikat namun hanya sekitar 43,2 persen yang mendapatkan perawatan.

Seseorang yang mengalami panic disorder akan menunjukkan gejala seperti jantung berdebar, gemetar, sesak napas, nyeri dada, pusing. Atau juga bisa merasa mual, sakit perut, mati rasa, kesemutan hingga perasaan takut kehilangan kendali.

Obsessive compulsive disorder (OCD)

Gangguan OCD terkait pada rasa obsesi pada sesuatu bisa kebersihan, sikap mengukur sesuatu, hingga keharusan melihat sesuatu yang serba sempurna.

Kondisi ini membuat orang yang menderitanya terdorong untuk sering kali memeriksa sekitar berulang kali dan hal itu menimbulkan kecemasan atau rasa stres.

Gangguan psikologis ini memengaruhi 2,2 juta orang dewasa populasi di Amerika Serikat, 25 persen kasus ini diawali pada usia 14 tahun.

Social anxiety disorder

Orang yang mengalaminya menghindari situasi sosial karena perasaan malu dan khawatir dihakimi. Orang tersebut juga akan takut dipandang negatif oleh orang lain. Kondisi ini memengaruhi 15 juta orang dewasa di Amerika Serikat. Biasanya, gejala pertama kali muncul sejak pasien berusia 13 tahun.

Gangguan kecemasan umum

Gangguan kecemasan umum merupakan rasa cemas yang berlebihan sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Kemudian dapat disertai gejala fisik. Seperti ketegangan otot atau masalah tidur, sulit berkonsentrasi, mudah lelah dan gelisah.

2. Gangguan mood

Gangguan mood adalah kondisi perubahan suasana hati atau emosi yang tidak biasa. Di mana kondisi tersebut sampai mengganggu kegiatan sehari-hari seseorang. Dari berbagai jenis gangguan mood, berikut dua jenis yang paling umum terjadi.

Bipolar

Bipolar setidaknya memengaruhi 4 persen masyarakat di Indonesia. Umumnya seseorang yang mengalami kondisi ini akan menunjukkan gejala perubahan mood atau suasana hati yang ekstrem.

Depresi

Depresi ini masih terbagi lagi, ada yang disebut depresi mayor dan juga depresi persisten atau yang disebut distimia.

Keduanya sama-sama termasuk kondisi gangguan psikologis yang umum terjadi. Seperti depresi mayor yang memengaruhi lebih dari 16,1 juta orang dewasa di Amerika Serikat. Sementara ada sekitar 1,5 juta orang dewasa di Amerika Serikat yang mengalami distimia.

3. Gangguan terkait reaktivitas

Kondisi ini terkait pada rasa stres yang muncul akibat ingatan atau kenangan yang tidak menyenangkan yang tak kunjung hilang. Salah satu bentuknya adalah post traumatic stress disorder (PTSD).

Post traumatic stress disorder (PTSD)

PTSD adalah gangguan psikologis yang terjadi karena seseorang pernah mengalami peristiwa traumatis di masa lalu. Peristiwa traumatis tersebut bisa berupa bencana alam, kecelakaan yang hampir merenggut nyawa, perang, atau kematian mendadak orang terdekat.

PTSD juga bisa terjadi karena peristiwa mengerikan dan meninggalkan ingatan pribadi seperti pemerkosaan atau penyanderaan dan peristiwa mengancam jiwa lainnya.

Kondisi ini memengaruhi 7,7 juta orang dewasa di Amerika. Dan wanita lebih sering terpengaruh kondisi ini dibandingkan dengan pria.

4. Gangguan psikotik

Gangguan psikotik adalah gangguan psikologis parah yang menyebabkan pemikiran yang tidak normal, salah satu yang umum terjadi adalah skizofrenia.

Skizofrenia

Skizofrenia adalah jenis gangguan psikotik dengan beberapa gejala seperti perilaku yang tidak biasa, delusi dan halusinasi.

Delusi adalah memercayai hal yang sebenarnya tidak ada atau tidak terjadi. Sementara halusinasi adalah kondisi di mana seseorang melihat atau mendengar hal yang tidak ada.

5. Gangguan psikologis kepribadian

Terdapat banyak jenis gangguan kepribadian. Kesemuanya berdasar pada pola pikir dan perilaku yang tidak sehat. Akibatnya, seseorang akan mengalami kesulitan memahami situasi dan hubungan dengan orang lain. Dari beberapa jenis yang ada, berikut dua jenis yang umum diketahui.

Gangguan kepribadian antisosial

Gangguan ini menunjukkan gejala seperti mengabaikan kebutuhan atau perasaan orang lain. Memiliki perilaku yang agresif, seringkali juga melakukan kekerasan. Tidak bertanggung jawab atas tindakannya dan juga tidak merasa menyesal atas perilakunya.

Gangguan kepribadian ambang

Kondisi ini juga disebut dengan borderline personality disorder. Di mana penderitanya berperilaku impulsif dan berisiko. Seperti melukai diri sendiri. Atau menunjukkan perasaan kosong yang berkelanjutan serta suasana hati yang naik turun.

Selain jenis-jenis yang disebutkan di atas, masih banyak jenis gangguan psikologis lainnya seperti eating disorders, sleep disorders, hingga developmental disorders.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Anxiety and Depression Association of America diakses 8 September 2020 Facts & Statistics – Anxiety and Depression
  2. Verywellmind diakses 8 September 2020 A List of Psychological Disorders 
  3. Medlineplus diakses 8 September 2020 PTSD 
  4. Medlineplus diakses 8 September 2020 Psychotic Disorders 
  5. Mayoclinic diakses 8 September 2020 Personality disorders 
  6. Mayoclinic diakses 8 September 2020 Mood Disorders 
  7. Psy-ed.com diakses 8 September 2020 List of Psychological Disorders and Mental Health Conditions 
    register-docotr