Kulit & Perawatan Tubuh

Tidak Hanya untuk Bayi, Ada Banyak Manfaat Baby Oil untuk Wajah

June 7, 2021 | Husni Efendi | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Baby oil ditujukan untuk penggunaan pada kulit bayi. Namun yang jarang orang tahu, ada manfaat baby oil untuk wajah yang bisa menjaga kelembutan dan kehalusan kulit pada orang dewasa.

Baby oil adalah minyak yang diperuntukkan dan aman pada kulit bayi. Sebab baby oil dibuat khusus untuk kenyamanan bayi, dengan bahan yang tidak berbau dan tidak berwarna.

Namun yang mungkin orang belum banyak tahu, baby oil sebenarnya juga memiliki banyak manfaat untuk kamu yang sudah dewasa, terutama untuk wajah dan kecantikan.

Manfaat baby oil ternyata sering dipakai untuk perawatan alternatif bagi wajah dan kulit, karena kandungan mineral oil-nya dipercaya mampu melembapkan kulit. Bahkan ideal digunakan pada anggota tubuh yang paling sensitif sekalipun.

Baca Juga: Ini Lho Sejumlah Makanan Sehat bagi Penderita Asam Urat

Manfaat baby oil untuk wajah dan kulit

Berikut ini adalah beberapa manfaat baby oil untuk wajah dan kulit:

1. Manfaat baby oil untuk wajah yakni membersihkan make-up

Jika kita membersihkan make-up namun tidak terangkat bersih, biasanya sisa-sisa make-up dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Kadang sisa riasan make-up pun tidak bisa terangkat menggunakan sabun cuci muka biasa.

Salah satu kegunaan baby oil adalah dengan menggunakannya sebagai cairan untuk membersihkan make-up.

Bahkan baby oil mampu menghilangkan maskara yang paling kedap air dalam sekejap. Jika kamu biasanya melakukan pembersihan make-up di malam hari, maka baby oil ini adalah langkah pertama yang sempurna.

Meskipun manfaat baby oil untuk wajah ini dirasakan oleh beberapa orang, tapi belum ada penelitian spesifik yang dapat membuktikan hal ini.

2. Manfaat baby oil untuk wajah: mengatasi bibir kering

Baby oil juga bisa digunakan untuk pelembap bibir. Bibir yang kering biasanya akan menjadi pecah-pecah dan mengganggu penampilan.

Rasa perih yang ditimbulkan dari bibir kering juga bisa mengganggu aktivitas kamu. Coba oleskan sedikit baby oil ke bibir kamu untuk bantuan instan, saat bibir kamu terasa kering.

Sebab baby oil yang dioleskan pada bibir dapat membantu meningkatkan kelembapan, cobalah menggunakannya baby oil secara rutin saat bibir kamu pecah-pecah.

3. Untuk merapikan alis

Jika alis kamu tumbuh tidak beraturan dan perlu dirapikan, menggunakan baby oil bisa jadi solusi. Basahi sedikit alis kamu dengan baby oil, dan sisir supaya rapi.

Hal Ini akan membantu menekan bulu-bulu alis yang tidak beraturan, dan alis kamu menjadi terlihat lebih halus dan tampak rapi.

Saat menggunakan baby oil di alis, selain merapikan bulu alis, juga akan membuat lembap. Hal itu berguna untuk membuat alis kamu tampak menjadi lebih tebal.

4. Mengurangi bayangan hitam pada kantung mata

Saat kantung mata kamu terlihat gelap, baby oil juga dapat membantu mengurangi bayangan hitam pada kantung mata. Caranya adalah coba campurkan beberapa tetes baby oil dengan air.

Kemudian celupkan pada kapas dan tempelkan pada bagian kantung mata yang menghitam selama beberapa menit. Hal tersebut bisa dilakukan beberapa kali saat kamu menjelang tidur.

5. Baby oil untuk mencegah penuaan dini

Kegunaan baby oil juga mampu untuk meningkatkan kelembapan di wajah, dan membuat wajah menjadi kencang dan menyamarkan kerutan. Karenanya, penggunaan baby oil juga dipercaya bisa mencegah kulit wajah dari penuaan dini.

6. Baby oil untuk melembapkan wajah

Baby oil termasuk non-comedogenic, artinya pori-pori kamu tidak akan tersumbat karena menggunakan benda ini. Jadi, jika kamu memiliki jenis kulit yang kering cenderung normal, maka kamu bisa menggunakan baby oil sebagai pelembap wajah.

Sebuah penelitian dalam jurnal Acta Dermato-Venereologica menguji empat bahan pelembap yang berbeda untuk melihat pengaruhnya pada kulit manusia. Salah satunya adalah mineral oil yang merupakan bahan penyusun baby oil.

Dibandingkan dengan etanol, gliserol dan air, baby oil dan air memiliki efek melembapkan yang paling baik saat diaplikasikan ke kulit. 

Peneliti menyebut kalau mineral oil membantu membuat kulit tampak kenyal dan memberikan tampilan yang lebih lembap.

7. Menghilangkan bekas luka

Meskipun tidak ada penelitian langsung yang membuktikan hal ini, tapi artikel dalam  jurnal Acta Dermato-Venereologica menyebut kemungkinan kalau baby oil yang dapat melembapkan wajah mampu memberikan manfaat ini.

Kebanyakan bekas luka tergores ke kulit. Dengan mengaplikasikan ke area ini, maka bekas luka dapat berkurang karena kemampuan baby oil untuk membuat kulit wajah jadi lebih kenyal.

Yang perlu kamu pahami, penelitian lain di tahun 1975 menyebut efek baby oil memudar dalam waktu 48 jam setelah pemakaian. Karena itu, untuk memastikan kulit terlihat lembap dan kenyal, aplikasi berulang perlu dilakukan.

8. Mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit

Beberapa penelitian menyebut kalau baby oil dapat mengurangi rasa tidak nyaman di kulit. Salah satunya, adalah kulit kering seperti psoriasis. 

Psoriasis sendiri merupakan penyakit autoimun yang menimpa permukaan kulit. Kondisi ini terjadi karena produksi berlebihan dan sangat cepat sel kulit yang terakumulasi di kulit, menyebabkan kulit yang tebal.

Sementara dalam penelitian di Journal of Clinical Nursing disebutkan kalau mereka yang melakukan hemodialisis tertolong oleh baby oil yang ketika diaplikasikan di kulit membuat gatal-gatal mereka berkurang.

Peneliti menyebut penggunaan baby oil ini dilakukan selama 15 menit per hari selama 3 minggu untuk mendapatkan manfaat tersebut.

9. Sebagai pelembap

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau kulit kering bahkan sangat kering, baby oil juga bisa menjadi pelembap untuk kulit kering. Baby oil mampu mengatasi kulit kering dan menjadikan kulit lebih halus dan lembut.

Baby oil bisa memberi nutrisi dan melembutkan kulit dalam waktu yang relatif singkat. Baby oil ini juga bisa digunakan di bagian tubuh lain yang sering mengalami kekeringan seperti bagian lutut, kaki, dan siku.

Caranya oleskan baby oil ke anggota tubuh tersebut saat selesai dibersihkan, atau dioleskan setelah mandi.

Baca Juga: Bikin Gatal dan Tidak Nyaman, Ini Cara Menghilangkan Biang Keringat

10. Membantu mengatasi kulit tumit yang pecah-pecah

Manfaat baby oil juga cukup ampuh untuk mengatasi kulit yang mengalami pecah-pecah. Jika kulit kamu, terutama bagian tumit, mengalami pecah-pecah akibat iritasi atau peradangan, oleskan saja baby oil untuk meredakannya.

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam baby oil, menjadikannya formula yang bagus untuk kulit tumit yang retak. Penggunaan baby oil secara teratur akan membantu menjaga kaki tetap lembap.

Caranya, panaskan baby oil dengan campuran air secukupnya, lalu balurkan dan pijat secara menyeluruh ke area kulit tumit yang pecah-pecah tadi. Lantas gosok menggunakan batu apung di tumit untuk mengikis kulit yang kering.

Selanjutnya, ketika kaki kamu masih lembap, pijat dengan baby oil sekali lagi dan kenakan kaus kaki untuk menutupnya. Lakukan hal tersebut secara rutin menjelang tidur.

Waktu pemakaian tepat agar mendapatkan manfaat baby oil untuk wajah

Kamu bisa memakai baby oil di wajah kapanpun, baik siang ataupun malam untuk merasakan manfaat minyak ini dalam melembapkan dan membuat kulit kenyal.

Akan tetapi, jangan pakai baby oil kalau kamu mudah berjerawat. Karena benda ini bsia membuat kondisi wajah yang berjerawat menjadi lebih parah.

Apa saja potensi efek samping baby oil di wajah?

Meskipun secara umum dapat digunakan dengan aman, tapi ada beberapa efek samping yang bisa dirasakan. Yaitu:

Reaksi alergi

Reaksi alergi terhadap mineral oil, komponen utama dalam baby oil, memang sangat langka. 

Meskipun demikian, jika kamu memiliki kulit sensitif dan khawatir kamu akan memiliki reaksi alergi ini, cobalah untuk mengaplikasikan sedikit baby oil di wilayah kulit yang tidak terlalu tertutup pakaian.

Tunggu 24 jam untuk melihat adakah reaksi baby oil terhadap kulit kamu. Jika tidak ada iritasi atau kemerahan, maka kamu bisa mengaplikasikan baby oil ke wajah tanpa ada masalah.

Dapat memicu jerawat

Baby oil memang non-comedogenic atau tidak akan menyumbat pori-pori. Meskipun demikian, jika kamu mudah mengalami jerawat di wajah, maka baby oil bisa memicu jerawat timbul, lho!

Demikianlah berbagai manfaat baby oil untuk wajah yang perlu kamu ketahui. Selalu gunakan bahan-bahan aman untuk wajah kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Verywellfamily.com, diakses 28 Mei 2020, How to Safely Warm Up Baby Oil

https://www.verywellfamily.com/how-to-safely-warm-up-baby-oil-289226

 

Womenshealthmag.com, diakses 28 Mei 2020, 8 Baby Oil Uses That You Probably Haven’t Tried, Yet https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/body/a26388778/baby-oil-uses/

 

Webmd.com, diakses 28 Mei 2020, Johnson’s Baby Oil Topical Emollients

https://www.webmd.com/drugs/2/drug-87617/johnsons-baby-oil-topical/details#

 

Hellogiggles.com, diakses 28 Mei 2020, 5 totally genius ways you can add baby oil to your beauty routine

https://hellogiggles.com/beauty/5-beauty-uses-baby-oil/

 

Femina.in, diakses 28 Mei 2020, Here’s why you should add baby oil to your skincare routine

https://www.femina.in/beauty/skin/baby-oil-for-adult-skin-104032-3.html

 

Allthingsmamma.com, diakses 28 Mei 2020, BEAUTY TIPS AND HACKS FOR BABY OIL

https://www.allthingsmamma.com/beauty-tips-and-hacks-for-baby-oil/

    register-docotr