Kulit & Perawatan Tubuh

Prosedur Hapus Tato dan Dampaknya bagi Kesehatan Tubuh

April 29, 2022 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Tato di agama Islam hukumnya haram. Alasannya karena selama proses pembuatannya termasuk menyakiti diri sendiri. Jadi bagi umat muslim yang hendak bertaubat dianjurkan segera menghapus tatonya. Apalagi bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri kerap menjadi momentum bagi seseorang untuk hijrah menjalani hidup sesuai syariat agama.

Namun, bagaimana prosedur menghapus tato dan dampaknya bagi kesehatan tubuh? 

Prosedur hapus tato

Dalam prosedur penghapusan tato, ada beberapa teknik umum yang digunakan yaitu operasi laser, operasi pengangkatan dan dermabrasi. Tinta tato ini ditempatkan di bawah lapisan atas kulit, sehingga prosedur penghapusannya memang lebih rumit. 

Jangan pernah mencoba untuk menghapus tato sendiri tanpa adanya pantauan dokter, ya. Krim penghilang tato buatan sendiri dan perawatan rumahan lainnya sepertinya tidak efektif, justru dapat menyebabkan iritasi kulit atau reaksi lainnya pada kulit.

Jadi, ada baiknya kamu konsultasikan dengan dokter kulit untuk menghapus tato, karena dapat menjelaskan beberapa opsi seperti memilih metode yang paling efektif.

Misalnya, beberapa tinta tato lebih responsif terhadap perawatan laser, tapi ada juga lebih baik menjalani operasi pengangkatan karena beberapa faktor. Prosedur hapus tato ini tentu akan berbeda-beda setiap orang, tergantung pada kondisi kulit. 

Apa saja prosedur hapus tato? 

Penghapusan tato sering dilakukan sebagai prosedur rawat jalan dengan anestesi lokal. Teknik umum untuk menghilangkan tato yaitu: 

1. Operasi laser

Laser menghilangkan tato dengan cara memecah warna pigmen menggunakan sinar cahaya intensitas tinggi. Laser Q-switched adalah salah satu prosedur laser yang paling sering digunakan untuk menghilangkan tato. 

Tato berwarna hitam dapat menyerap semua gelombang laser, sehingga menjadikannya warna yang paling mudah untuk dihapus. Namun, warna lainnya hanya dapat dirawat dengan laser yang dipilih berdasarkan warna pigmen.

Agar bisa melakukan prosedur operasi laser ini, kamu harus terlebih dahulu menjadwalkan konsultasi dengan dokter. Tujuannya agar bisa mengevaluasi tato dan kamu bisa lebih paham tentang prosesnya.

Jumlah perawatan yang kamu perlukan akan tergantung pada usia, ukuran, dan warna tato. Warna kulit, serta seberapa dalam pigmen tato, juga akan memengaruhi teknik penghapusan.

Secara umum, inilah beberapa prosedur yang harus dilakukan ketika sesi penghapusan tato laser:

  • Kamu akan diberikan sepasang pelindung mata
  • Dokter akan menguji reaksi kulit terhadap laser untuk menentukan energi mana yang paling efektif untuk perawatan
  • Dokter menggunakan laser untuk memberikan gelombang cahaya yang intens melalui lapisan atas kulit. 

Penghapusan tato laser memang akan membuat kamu merasa kurang nyaman, tetapi kebanyakan pasien tidak membutuhkan anestesi. Namun, ini akan tergantung pada lokasi tato, di mana kamu juga akan diperbolehkan untuk mengoleskan krim anestesi topikal terlebih dahulu.

Setelah selesai penghapusan tato, gunakan kompres es untuk menenangkan area yang dihapus. Oleskan krim atau salep antibiotik dan perban untuk melindunginya. Kamu juga harus memastikan area kulit yang dilaser ditutupi dengan tabir surya saat berada di luar ruangan.

2. Operasi pengangkatan

Selama operasi pengangkatan, kulit akan mati rasa dengan suntikan anestesi lokal. Nantinya, tato akan dihilangkan dengan pisau bedah dan tepi kulit dijahit kembali. Setelah prosedur selesai, kamu akan diberikan salep antibakteri untuk membantu mempercepat penyembuhan.

Penghapusan tato dengan pembedahan ini terbilang cukup efektif, tetapi meninggalkan bekas luka. Tapi memang cara hapus tato yang terbilang praktis untuk tato ukuran kecil.

3. Dermabrasi

Selama dermabrasi, area yang ditato biasanya didinginkan hingga mati rasa. Kemudian kulit yang ditato diamplas ke tingkat yang lebih dalam dengan alat putar khusus yang memiliki roda atau sikat abrasif. Penggunaan alat tersebut memungkinkan tinta tato keluar dari kulit.

Pemulihan bisa memakan waktu hingga dua atau tiga minggu. Namun, prosedur dermabrasi ini bukanlah pilihan umum, karena hasilnya dianggap kurang efektif jika dibandingkan laser. 

Dampak hapus tato bagi kesehatan tubuh

Tato adalah proses penanaman butiran pigmen permanen di kulit. Seperti yang kita tahu hingga saat ini tidak ada tato yang aman, oleh karena itu bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi pada tubuh. 

Contohnya seperti infeksi lokal superfisial dan dalam, infeksi sistemik (menyebar melalui darah) dan reaksi alergi. Penyakit kulit yang terlokalisasi pada area tato, seperti eksim, psoriasis, lichen planus, dan morphea kadang-kadang juga dapat terlihat.

Di sisi lain, ada juga sebagian orang yang menyesal setelah membuat tato sehingga ingin menghapusnya. Penghapusan tato dengan laser menggunakan laser Q-switched sejauh ini memang yang paling aman, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa mengakibatkan komplikasi. 

Komplikasi akut yang terjadi pada tubuh seperti nyeri, melepuh, pengerasan kulit dan perdarahan.

Baca juga: Mau Tato Payudara, Kenali Dulu Dampaknya bagi Kesehatan Wanita

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference

Mayoclinic.org (2022) diakses pada 28 April 2022. Tattoo removal

My.clevelandclinic.org (2020) diakses pada 28 April 2022. Laser Removal of Tattoos

Credihealth.com (2022) diakses pada 28 April 2022. Health Implications Of Tattoo Removal: Is It Safe?

Webmd.com (2021) diakses pada 28 April 2022. Laser Tattoo Removal: What to Know

Ncbi.nlm.nih.gov (2015) diakses pada 28 April 2022. Complications of Tattoos and Tattoo Removal: Stop and Think Before you ink

    register-docotr