Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Khawatir Moms! Begini Perawatan Perut Setelah Melahirkan Agar Kembali Terlihat Cantik

August 11, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Setelah melahirkan pastinya banyak ibu yang merasa tidak percaya diri dengan bentuk perutnya. Nah, sekarang gak perlu khawatir lagi nih Moms, inilah perawatan perut setelah melahirkan yang ampuh untuk dilakukan.

Baca Juga: Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan, dari Mengatasi Nyeri Vagina Hingga Bengkak Payudara

Bagaimana perawatan perut setelah melahirkan?

Perut menjadi rata lagi setelah melahirkan merupakan dambaan setiap ibu. Berikut ini tips perawatan perut setelah melahirkan agar menjadi lebih kecil dan ideal, antara lain:

Menyusui

Perawatan perut setelah melahirkan yang paling mudah dan efektif adalah dengan menyusui sang bayi. Hal ini dikarenakan menyusui dapat membantu membakar kalori tubuh cukup besar bahkan efeknya bisa mencapai 500 hingga 700 kalori per hari.

Selain itu, menyusui juga dapat memicu gerakan kontraksi rahim sehingga secara otomatis membantu juga mengencangkan otot perut. Tetapi harus diingat ya Moms pilihlah makanan yang sehat supaya produksi ASI tetap lancar.

Jalan kaki

Bagi para ibu yang baru melahirkan sebaiknya jangan melakukan olahraga terlalu berat. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki santai di pagi hari. 

Jika Moms melakukannya rutin setiap pagi, maka cukup efektif untuk mengurangi lemak di perut. Selain itu, tubuh pun akan lebih bugar. Jika merasa sudah cukup kuat, Moms bisa melakukan olahraga yang lebih berat seperti aerobic, berenang atau bersepeda.

Perbanyak minum air putih

Pada dasarnya tubuh manusia harus mencukupi kebutuhan air minum sebanyak 8 gelas setiap harinya. Air putih memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menghilangkan racun pada tubuh. Terutama pada bagian perut dan melancarkan proses pencernaan.

Sebaiknya para ibu yang baru melahirkan, minumlah air putih untuk mencegah lapar cepat datang. Dengan banyak minum air putih, maka nafsu makan akan berkurang. Hal ini membuat perut Moms menjadi lebih rata seperti sedia kala sama seperti sebelum melahirkan.

Mengonsumsi teh hijau

Sebagaimana kita ketahui teh hijau dapat mengurangi lemak pada perut dan dapat membantu proses pencernaan dengan baik. Kandungan antioksidan yang ada dalam teh hijau juga mampu membantu membakar lemak dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Tetapi sebaiknya Moms jangan terlalu berlebihan mengonsumsi teh hijau. Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang berlebihan tetaplah tidak baik.

Konsumsilah dalam kadar yang cukup agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Senam kegel

Senam kegel merupakan senam untuk mengencangkan otot-otot vagina. Selain itu, senam kegel juga dapat membantu menurunkan lemak perut pasca melahirkan. 

Jika tak sempat ke sanggar senam, Moms juga bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti gerakan dari youtube atau platform lainnya.

Diet seimbang

Moms boleh melakukan diet tetapi tidak boleh dilakukan secara ekstrem. Moms harus melakukan diet sehat yang menyertakan vitamin dan mineral untuk mencukupi asupan makanan sehari-hari Moms. 

Hal ini sangat penting untuk mengurangi lemak perut. Sebaiknya Moms bisa mengganti semua makanan cepat saji dengan makanan yang lebih bergizi seperti buah-buahan, sayuran, daging sapi tanpa lemak, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. 

Nah, harus diingat nih Moms usahakan untuk membatasi asupan natrium yang berasal dari garam karena menyebabkan perut kembung dan pembengkakan. 

Meditasi atau yoga

Meditasi atau yoga merupakan salah satu olahraga ringan, yang dapat dilakukan tanpa meninggalkan si kecil. Yoga juga dapat dilakukan di rumah saat bayi tertidur. 

Cobalah pelajari teknik gerakan yoga dari buku atau internet. Hal ini dikarenakan gerakan yoga dipercaya dapat membantu membuat perut rata kembali pasca melahirkan lho.

Usahakan tidur yang cukup

Usahakan untuk mengatur pola tidur kamu agar teratur karena cara ini dapat membantu Moms untuk mengecilkan perut secara efektif.

Selain itu, tidur yang cukup dapat menjaga kesehatan dan dapat menurunkan berat badan. Caranya dengan Moms berusaha ikut tidur ketika bayi juga sedang tertidur.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Berita Terkait
register-docotr