Kulit & Perawatan Tubuh

Serba-serbi Operasi Keloid: Prosedur, Persiapan dan Efek Sampingnya

July 3, 2020 | Dani Kosasih | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Operasi keloid yang menonjol biasanya dilakukan pada kondisi bekas luka yang melebihi batas asli. Operasi ini membutuhkan proses pengangkatan agar ahli bedah bisa melakukan rekonstruksi kulit dan jaringan di sekitarnya.

Keloid sendiri dapat muncul akibat kelebihan protein pada kulit selama proses penyembuhan. Keloid bisa jauh lebih besar dari luka aslinya.

Keloid paling sering ditemukan di dada, bahu, cuping telinga, dan pipi. Namun, pada kondisi tertentu, keloid dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun.

Apa itu operasi keloid?

Operasi keloid merupakan salah satu prosedur yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan keloid yang kamu alami. Pada kasus keloid yang sangat besar atau bekas luka keloid yang sudah lama ada, operasi pengangkatan mungkin menjadi cara yang disarankan.

Saat melakukan prosedur operasi, dokter bisa menggunakan pisau bedah, pisau listrik, atau laser untuk mengangkat jaringan parut atau keloid yang cukup besar.

Operasi akan membutuhkan anestesi umum untuk membiarkan kamu rileks dan meringankan rasa sakit selama prosedur operasi berlangsung.

Saat melakukan operasi, dokter bedah dapat melakukan beberapa prosedur, seperti:

  • Mengurangi ukuran bekas luka
  • Melakukan reposisi bekas luka ke area yang kurang terlihat
  • Menghaluskan kontur kulit dan jaringan lunak lainnya untuk memperbaiki bekas luka yang cekung atau berlesung

Selain itu, dokter bedah juga dapat menggunakan teknik estetika untuk memindahkan bekas luka ke tempat yang kurang terlihat. Misalnya keloid yang ada di wajah.

Cryosurgery: operasi keloid paling efektif

Cryosurgery merupakan jenis operasi yang paling efektif untuk keloid. Cryosurgery atau sering disebut juga dengan cryotherapy bekerja dengan cara ‘membekukan’ keloid dengan menggunakan nitrogen cair.

Tindakan dipercaya sebagai metode yang paling efektif, paling aman, paling ekonomis, dan mudah dilakukan untuk menghilangkan keloid yang paling tebal sekalipun.

Dokter bedah juga dapat merekomendasikan suntikan kortikosteroid setelah operasi dilakukan untuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko keloid kembali.

Persiapan sebelum tindakan cryosurgery

Persiapan untuk melakukan cryosurgery biasanya tergantung tergantung pada jenis operasi yang dilakukan.

Sebelum melakukan prosedur, beri tahu dokter jika kamu memiliki alergi terhadap anestesi, serta semua obat yang kamu gunakan, termasuk obat yang dijual bebas atau suplemen nutrisi yang kamu konsumsi.

Prosedur cryosurgery

Proses cryotherapy menggunakan nitrogen cair yang mampu menghasilkan suhu sangat rendah. Penerapan nitrogen cair ke jaringan keloid.

Sebagai contoh, hampir semua keloid telinga dapat diangkat dengan sukses, dengan tingkat kekambuhan yang cukup rendah, ketika cryotherapy diterapkan dengan benar.

Keloid besar yang terletak di tempat lain di tubuh juga dapat berhasil dihilangkan dengan cryotherapy yang tepat. Dokter akan memberi kamu petunjuk lengkap untuk mempersiapkan operasi. Penting bagi kamu untuk selalu mengikuti anjuran dan arahan dokter tersebut.

Hal-hal yang perlu diperhatikan setelah operasi

Setelah operasi dilakukan, dokter akan menempelkan perban steril di atas luka hasil operasi. Jika pembedahan yang dilakukan cukup luas, dokter akan merekomendasikan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas atau resep untuk membantu kamu pulih dengan cepat.

Dokter akan menjadwalkan janji tindak lanjut selama 6-8 hari ke depan setelah melakukan tindakan untuk mengevaluasi hasil operasi dari proses penyembuhan.

Selama 6-8 minggu berikutnya, kulit akan sembuh dan bekas luka yang lebih kecil mulai mengempis dan memudar agar sesuai dengan kulit di sekitarnya.

Penyembuhan total bisa memakan waktu satu tahun. Selama waktu ini, dokter akan menjadwalkan janji tindak lanjut tambahan yang diperlukan untuk memantau kesembuhan bekas operasi tersebut.

Jika kamu memiliki riwayat keloid yang muncul kembali setelah operasi, dokter mungkin akan memberikan suntikan kortikosteroid ke jaringan parut beberapa kali selama berbulan-bulan setelah operasi untuk mencegah keloid muncul kembali.

Efek samping operasi keloid

Efek samping untuk operasi bisa beragam. Namun yang paling sering terjadi adalah keloid yang muncul kembali atau keloid yang semakin besar.

Sedangkan risiko efek samping yang akan muncul jika melakukan prosedur cryosurgery adalah:

  • Lecet pada kulit
  • Kerusakan jaringan atau pembuluh sehat di sekitarnya
  • Infeksi
  • Hilangnya sensasi jika saraf terpengaruh
  • Munculnya kulit putih di lokasi operasi

Biaya rata-rata operasi keloid

Prosedur untuk operasi ini biasanya bersifat estetika atau kosmetik karena lebih banyak kelihat tentang keloid yang tidak sedap dipandang. Untuk biayanya sendiri bervariasi tergantung pada ukuran, lokasi, dan jenis perawatan yang dilakukan.

Bila mengutip dari pedoman pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yaitu Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 28 Tahun 2014, BPJS tidak menanggung operasi keloid jika bersifat estetika.

Namun, melansir cermati.com, jika ternyata keloid tersebut mengganggu kesehatan pasien, operasi tersebut akan ditanggung pihak BPJS Kesehatan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 28 Tahun 2014. Diakses 29 Juni 2020. file:///C:/Users/62812/Downloads/Permenkes%2028-2014%20Pedoman%20Pelaksanaan%20Program%20JKN.pdf

2. keloid212.com. Diakses 29 Juni 2020. https://www.keloid212.com/cryotherapy-for-treatment-of-keloids/

3. familydoctor.org. Diakses 29 Juni 2020. https://familydoctor.org/condition/keloids/

4. healthline.com (2017). Diakses 29 Juni 2020. https://www.healthline.com/health/cryosurgery#preparation

5. healthline.com (2019). Diakses 29 Juni 2020. https://www.healthline.com/health/keloids#surgery

6. nyulangone.org. Diakses 29 Juni 2020. https://nyulangone.org/conditions/scars-keloids/treatments/surgery-for-scars-keloids

7. cermati.com. Diakses 29 Juni 2020. https://www.cermati.com/artikel/jenis-operasi-apa-yang-ditanggung-bpjs-kesehatan-ini-daftarnya

    Berita Terkait
    register-docotr