Kulit & Perawatan Tubuh

Cegah Kebotakan, Coba Obat Penumbuh Rambut Alami dan Kimiawi Ini!

December 5, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Kerontokan merupakan hal yang seringkali dialami banyak orang. Jika kerontokan tidak segera ditangani, penipisan rambut akan semakin parah hingga dapat menyebabkan kebotakan. Tak perlu khawatir, karena ada berbagai macam obat penumbuh rambut yang bisa kamu gunakan, lho!

Rambut rontok tak jarang menjadi keluhan banyak orang. Kerontokan sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti usia, perawatan suatu penyakit tertentu (kemoterapi), stres, perawatan rambut yang salah, ketidakseimbangan hormon, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk mengetahui apa saja obat penumbuh rambut dari bahan alami maupun kimiawi, sekaligus suplemen penumbuh rambut, yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Kebotakan Bikin Tidak Pede dan Ingin Transplantasi Rambut? Cek Dulu Risikonya!

Jenis-jenis obat penumbuh rambut dari bahan alami

Memiliki rambut yang lebat, sehat, dan kuat tentu saja keinginan bagi banyak orang. Melakukan perawatan rambut merupakan hal yang normal. Namun, terkadang perawatan rambut yang salah dapat menyebabkan kerontokan.

Bagi kamu yang ingin menumbuhkan rambut atau ingin memperbaiki kondisi rambut yang rontok, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan.

Dilansir Healthline, berikut adalah obat penumbuh rambut dari bahan alami yang dapat kamu gunakan:

1. Lidah buaya

Seperti yang kita tahu, lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat untuk menumbuhkan rambut.

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat penumbuh rambut alami untuk mengobati rambut rontok. Tak hanya itu, tanaman berwarna hijau ini juga dapat menenangkan kulit kepala dan merawat kesehatan rambut.

Lidah buaya dapat mengurangi ketombe dan membuka folikel rambut yang tersumbat yang disebabkan oleh minyak berlebih. Untuk menggunakannya, kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambutmu beberapa kali dalam seminggu.

2. Minyak kelapa

Minyak ini mengandung asam lemak yang mampu untuk menembus batang rambut dan dapat membantu mengurangi kehilangan protein dari rambut. Kamu dapat menggunakannya setelah atau sebelum keramas, bergantung dari tipe rambutmu.

Jika rambutmu cenderung berminyak, kamu dapat menggunakan minyak kelapa pada rambutmu yang didiamkan semalaman atau kamu dapat menggunakannya selama beberapa jam sebelum keramas. Jangan lupa pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan seluruh rambut, ya.

Jika rambutmu kering, kamu juga dapat menggunakannya sebagai perawatan yang didiamkan selama semalaman.

3. Minyak ikan

Obat penumbuh rambut alami lainnya yang bisa kamu coba adalah minyak ikan. Mengonsumsi asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan dapat membantu memperbaiki rambut dari dalam. Hal ini dikarenakan minyak ikan mengandung nutrisi dan protein penting.

Minyak ikan juga dapat mengurangi kerontokan rambut. Tak sampai di situ saja, asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat menghasilkan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

4. Jus bawang

Bawang memang memiliki aroma yang tidak sedap. Eitss, tetapi di balik itu semua, bawang ternyata bermanfaat bagi rambut, lho!

Jus bawang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta dianggap dapat meningkatkan sirkulasi. Kamu dapat mendapatkan manfaatnya dengan ekstrak bawang merah yang didapat dari blender.

Lalu, oleskanlah jus bawang merah ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 15 menit, kemudian keramas hingga bersih.

Jenis-jenis obat penumbuh rambut dari bahan kimia

Selain menggunakan bahan-bahan alami, kamu juga dapat menumbuhkan rambut dengan menggunakan bahan kimia. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut di antaranya:

1. Minoxidil

Minoxidil yang dijual bebas tanpa resep, tersedia dalam bentuk cair, busa, dan sampo. Agar efektif, oleskan produk ini ke kulit kepala sekali sehari untuk wanita dan dua hari sekali untuk pria.

Produk dengan kandungan minoxidil membantu banyak orang menumbuhkan kembali rambut mereka atau memperlambat laju kerontokan rambut.

2. Finasteride

Finasteride merupakan obat yang diresepkan untuk pria. Kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk pil. Banyak pria yang mengonsumsi finasteride mengalami perlambatan laju rambut rontok, dan beberapa menunjukkan pertumbuhan rambut baru.

Meskipun demikian, finasteride mungkin tidak bekerja baik bagi pria yang berusia di atas 60 tahun. Namun, untuk lebih akurat, konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter terlebih dahulu.

Pilihan suplemen penumbuh rambut

Selain makanan dan juga obat-obatan, kamu bisa mengonsumsi beberapa suplemen penumbuh rambut untuk mengatasi masalah kerontokan dan juga sebagai cara menumbuhkan rambut botak. Apa saja suplemen tersebut? Berikut penjelasannya.  

1. Suplemen penumbuh rambut dengan kandungan biotin

Dilansir dari Healthline, biotin merupakan jenis vitamin yang larut dalam air dan masih bagian dari keluarga vitamin B. Atau seringkali disebut sebagai vitamin H.

Biotin dapat membantu mengubah nutrisi tertentu menjadi energi, dan juga berperan penting dalam kesehatan rambut, kulit dan kuku. 

Jika kamu mengalami masalah rambut rontok atau memiliki rambut yang tipis, kamu bisa menggunakan suplemen rambut dengan kandungan biotin. Karena menggunakannya dapat meningkatkan kualitas rambut secara menyeluruh, termasuk menebalkan rambut dan membuatnya berkilau. 

2. Suplemen dengan kandungan asam amino

Lisin salah satu jenis asam amino esensial yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan berperan dalam penentuan volume rambut. Kekurangan lisin dapat menyebabkan rambut rontok. 

Sayangnya, asam amino tidak diproduksi oleh tubuh. Itu sebabnya kamu perlu mengonsumsinya, bisa berasal dari makanan yang kaya protein. Atau suplemen yang dibuat khusus untuk pertumbuhan rambut. 

3. Suplemen dengan kandungan kolagen

Alasan kenapa suplemen kolagen dibutuhkan dalam pertumbuhan rambut, karena saat kamu mengonsumsinya tubuh akan memecahnya menjadi asam amino. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika asam amino adalah salah satu kandungan yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan rambut yang sehat. 

Selain itu, kolagen juga akan berperan sebagai antioksidan dan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Dilansir dari Healthline, radikal bebas ternyata juga dapat memengaruhi kesehatan rambut. 

Sehingga dengan mengonsumsi suplemen pertumbuhan rambut yang mengandung kolagen dapat mencegah kerusakan rambut dan juga mendukung pembentukan asam amino yang baik untuk pertumbuhan rambut. 

4. Suplemen dengan berbagai kandungan vitamin

Rambut membutuhkan nutrisi yang cukup agar sehat dan terus tumbuh. Dan dilansir dari Healthline, banyak kekurangan nutrisi yang terkait dengan kerontokan rambut.

Karena itu kamu membutuhkan suplemen multivitamin sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut botak atau rontok. Berikut beberapa kandungan vitamin yang kamu butuhkan. 

  • Vitamin A. Semua sel membutuhkan vitamin A untuk pertumbuhan. termasuk rambut. Tak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin A sebagai cara menumbuhkan rambut botak. 
  • Vitamin B. Vitamin penumbuh rambut ini membantu membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala, yang akan membantu pertumbuhan rambut. Kamu bisa mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin B sebagai cara menumbuhkan rambut botak. 
  • Vitamin C. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, radikal bebas dapat memengaruhi kesehatan rambut. Vitamin C dapat memerangi radikal bebas dan membantu menyehatkan kembali rambut dan membantu penyerapan zat besi yang diperlukan dalam pertumbuhan rambut. 
  • Vitamin D. Alopecia adalah kebotakan yang terjadi akibat rambut rontok. Dan seringkali dikaitkan dengan kadar vitamin D yang rendah. Karena itu vitamin D adalah salah satu yang paling dikenal sebagai vitamin penumbuh rambut.
  • Vitamin E. Vitamin ini juga masuk dalam kategori yang dikenal sebagai vitamin penumbuh rambut, karena telah terbukti melalui penelitian. Menggunakan suplemen vitamin E selama 8 bulan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sebesar 34,5 persen. 

5. Suplemen dengan kandungan pendukung lainnya

Selain daftar yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa kandungan lainnya yang juga dapat mendukung pertumbuhan rambut, yaitu:

  • Zat Besi. Selain anemia, kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan rambut rontok. Karenanya kamu perlu mendapat asupan zat besi yang cukup untuk menghindari kebotakan dan kerontokan rambut.
  • Zinc. Mampu memperbaiki jaringan rambut dan mendukung pertumbuhan rambut. Sera menjaga fungsi folikel bekerja dengan baik. 
  • Protein. Menurut penelitian, kekurangan protein dapat menurunkan pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Penuhi kebutuhan harian protein untuk memiliki rambut sehat dan terhindar dari kerontokan rambut. 

Nah, itulah beberapa obat penumbuh rambut dari bahan alami, kimiawi hingga suplemen penumbuh rambut yang bisa kamu coba. Untuk menghindari rambut rontok dan kebotakan jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan produk perawatan rambut yang kamu gunakan, ya.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

American Acedemy of Dermatology Association. Diakses pada 07 September 2020. Hair Loss:  Who Gets and Causes 

Healthline (2019). Diakses pada 07 September 2020. 10 Tips to Naturally Regrow Your Hair 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 07 September 2020. Hair Loss

Michigan Medicine (2019). Diakses pada 07 September 2020. Hair Loss: Should I Take Medicine to Regrow Hair? 

    Berita Terkait
    register-docotr