Kulit & Perawatan Tubuh

8 Manfaat Masker Telur Putih untuk Kulit Wajah: Kecilkan Pori-pori hingga Cegah Penuaan Dini!

November 13, 2020 | Ajeng Annastasia | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Telur putih selain bisa untuk memasak bisa juga dimanfaatkan untuk kesehatan kulit wajah, lho. Kamu sudah tahu belum apa saja manfaat masker putih telur untuk kulit?

Selain efektif, telur juga salah satu bahan yang relatif terjangkau dan mudah ditemukan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya kamu coba memanfaatkan bahan ini, ya!

Manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah

Telur mengandung tinggi protein yang baik untuk kesehatan. Kamu pun bisa mengolahnya menjadi masker telur putih.

Berikut manfaat masker putih telur untuk wajah:

Mengencangkan kulit

Setiap wanita pasti mau punya kulit wajah yang tampak kencang. Namun, seiring bertambahnya usia, kadar elastisitas kulit mulai berkurang sehingga dapat membuat kulit tidak terasa kencang lagi.

Menggunakan masker putih telur untuk wajah dapat membuat kulit kamu mengencang. Tidak butuh waktu lama, sesaat setelah kamu mengoleskan masker putih telur ke wajah, kamu akan merasakan kulit wajah mulai mengencang.

Baca juga: 5 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Komedo secara Alami

Mengecilkan pori-pori

Telur mengandung zat astringent yang membantu mengecilkan pori-pori. Proses mengecilkan pori-pori ini terjadi dengan mengencangkan kulit. Jika kamu memiliki pori-pori besar, gunakanlah masker putih telur.

Cara membuat masker putih telur untuk memperoleh manfaat ini pun sangat mudah. Untuk hasil yang lebih efektif, kamu dapat mencampurkan 1 buah perasan lemon ke dalam putih telur. Oleskan ke seluruh bagian wajah atau bagian yang berpori-pori besar, seperti area T-zone. Tunggu 15 menit, kemudian bilas dengan air.

Mengurangi produksi minyak yang berlebihan

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena kotoran dapat dengan mudah menempel. Selain itu, produksi minyak berlebih juga memicu timbulnya jerawat dan masalah kulit lain.

Telur mengandung 3,6 gram protein. Protein dalam putih telur pun dipercaya dapat membantu menyerap minyak berlebih pada wajah. Jika bermasalah pada kulit berminyak, kamu harus mencoba perawatan dengan masker putih telur.

Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian keringkan wajah dengan handuk lembut. Oleskan masker putih telur ke seluruh wajah. Tunggu hingga mengering, kemudian bilas dengan air dingin.

Manfaat masker putih telur untuk jerawat

Jerawat dapat muncul karena produksi sebum yang berlebihan. Selain berguna untuk mengurangi minyak berlebih, manfaat masker telur putih juga dapat mengatasi masalah jerawat.

Kandungan zat lysozyme, yaitu zat aktif untuk mencegah jerawat di dalam telur putih ini dapat membantu mencegah sel-sel mati atau bakteri yang membentuk jerawat.

Agar lebih efektif mendapatkan manfaat masker putih telur untuk jerawat, kamu dapat mencampurkan masker putih telur dengan lemon. Lemon mengandung vitamin C yang berguna sebagai antioksidan kulit.

Sebelum menggunakan masker putih telur untuk jerawat, pastikan selalu tangan kamu dalam kondisi bersih. Gunakanlah 2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Ingin Punya Kulit Sehat dan Cerah saat Berpuasa? Simak Tipsnya Yuk!

Mencegah penuaan dini dan kerutan halus di wajah

Manfaat utama masker putih telur adalah dapat mengencangkan kulit wajah. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap masalah penuaan dini dan kerutan halus di wajah.

Telur tinggi akan protein yang membantu menjaga kadar elastisitas kulit serta kolagen yang berguna untuk menangkal kerutan halus pada wajah. Kedua kandungan ini dapat mencegah penuaan dini pada wajah.

Gunakanlah dua minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mengurangi komedo jadi salah satu manfaat masker putih telur

Masker putih telur untuk wajah juga bermanfaat untuk mengurangi komedo.

Ya, hal ini karena kandungan astringent pada putih telur selain dapat mengecilkan pori-pori, juga dapat mengontrol produksi sebum/minyak berlebih. Manfaat lainnya, dapat mengurangi komedo atau blackhead.

Gunakan masker putih telur di area hidung, pipi, atau dagu yang terdapat banyak komedo. Kamu juga dapat menambahkan kertas masker di atasnya untuk membantu pengangkatan komedo.

Mengangkat bulu halus di wajah

Putih telur merupakan salah satu bahan terbaik untuk mengangkat bulu halus di wajah. Cukup dengan mengoleskan putih telur pada bagian-bagian tertentu yang terdapat bulu halus, atau dapat juga pada seluruh wajah.

Setelah itu, gunakan kertas masker atau paper towel di atas masker tadi, lalu oleskan kembali masker putih telur di atas kertas masker tersebut.

Menggunakan kertas maskeratau paper towel dapat membantu mengangkat bulu halus pada wajah. Hasilnya akan terlihat saat kamu mengupas kertas masker, bulu halus pun akan ikut terangkat.

Mengurangi efek kantong mata

Sering tidur larut malam dapat membuat area lingkaran mata kamu jadi tampak menghitam. Lingkaran hitam di sekitar mata atau biasa disebut dengan ‘mata panda’, tentu sangat mengganggu penampilan kamu.

Untuk itu, gunakan masker putih telur di sekitar mata dengan kuas kecil. Tunggu hingga kering, lalu bilas menggunakan air dingin. Pastikan sebelum mengoleskan masker, kamu telah membersihkan kulit.

Jangan lupa gunakan pelembap setelah melakukan perawatan. Kamu dapat menggunakan masker ini seminggu sekali. Tapi, jika kamu memiliki kulit yang berminyak, kamu dapat menggunakannya dua kali seminggu.

Baca juga: Kabar Gembira! Begini Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Permanen

Cara membuat masker putih telur

Untuk membuat masker putih telur untuk wajah caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan alami yang mudah dicari atau bahkan sudah tersedia di rumah.

Nah, berikut ini adalah cara membuat masker putih telur yang bisa kamu coba di rumah.

Masker madu dan putih telur

Tak hanya dapat dijadikan sebagai pemanis alami saja, ternyata madu juga bisa digunakan sebagai bahan masker untuk wajah lho.

Masker madu dan putih telur yang ditambahkan dengan jus lemon, dapat membantu untuk mengencangkan kulit wajah.

Bahan-bahan

  • 1 butir telur, ambil putihnya saja
  • 1 sendok teh jus lemon
  • 1 sendok teh madu

Cara membuat masker madu dan putih telur

  • Campurkan bahan-bahan menjadi satu, kemudian oleskan ke wajah
  • Biarkan mengering selama 15-20 menit
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih

Masker putih telur dan susu

Masker alami ini dipercaya dapat membantu melembapkan kulit wajah. Untuk membuat masker putih telur dan susu kamu bisa mencampurkannya dengan alpukat dan madu.

Bahan-bahan

  • 1 butir telur, ambil putihnya saja
  • ¼ alpukat
  • 1 sendok teh susu
  • 1 sendok teh madu

Cara membuat masker putih telur dan susu

  • Siapkan putih telur, kemudian kocok hingga menjadi sedikit berbusa
  • Haluskan alpukat sebelum mencampurkannya dengan madu dan susu
  • Campurkan putih telur, susu, madu, dan alpukat
  • Oleskan masker ke wajah, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Bilas masker putih telur dan susu hingga bersih menggunakan air hangat

Masker putih telur dan jeruk nipis

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan masker putih telur dan jeruk nipis sebagai masker alami yang bisa kamu peroleh dengan mudah.

Tetapi, bagi kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati ya, karena jeruk nipis dapat menimbulkan iritasi. Akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Bahan-bahan

  • 1 butir telur, ambil putihnya saja
  • Air perasan jeruk nipis secukupnya

Cara membuat masker putih telur dan jeruk nipis

  • Campurkan kedua bahan tersebut, kocok selama kurang lebih 10 detik
  • Oleskan masker alami ini pada wajah
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Bilas wajah hingga bersih

Jangan lupa juga gunakan pelembap setelah menggunakan masker putih telur dan jeruk nipis ini ya.

Masker putih telur dan kopi

Bahan-bahan selanjutnya yang bisa kamu jadikan masker untuk wajah adalah masker putih telur dan kopi. Masker alami ini bisa kamu gunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Bahan-bahan

  • 1 butir telur, ambil putihnya saja
  • ¼ cangkir bubuk kopi
  • Kamu juga bisa menambahkan madu

Cara membuat masker putih telur dan kopi

  • Aduk perlahan putih telur di dalam mangkuk dan tambahkan ¼ cangkir bubuk kopi. Kemudian aduk kedua bahan tersebut
  • Oleskan masker alami ini ke wajah, kemudian biarkan masker mengering sekitar 10 menit
  • Cuci masker hingga bersih

Ketika kamu sudah menggunakan masker putih telur dan kopi ini, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap ya. Menggunakan pelembap wajah dengan SPF 25 akan membantumu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan? Silakan chat kami melalui Aplikasi Grab Health. Dokter terpercaya kami siap membantumu dengan layanan 24/7.

Reference

Medical News Today (2018). Diakses 11 Oktober 2019. Are Egg White Face Masks Good for Your Skin?

Livescience. Diakses 11 Oktober 2019. Egg Whites: Health Benefits & Nutrition Facts

Study. Diakses 11 Oktober 2019. Lysozyme: Definition, Function & Structure Video

Hello Glow. Diakses 13 November 2020. 7 Effective Egg White Masks for Every Skin Type 

Girlstalinsmack.com. Diakses 13 November 2020. How To Make Coffee And Egg White Exfoliating Mask 

    register-docotr