Kulit & Perawatan Tubuh

Kurangi Stretch Mark, Ini 3 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit

August 25, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memiliki kulit yang cantik dan terawat adalah impian setiap orang. Tak heran jika ada banyak yang rela menghabiskan waktu untuk mewujudkan hal ini.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami seperti daun pegagan. Ya, daun ini dikenal berkhasiat dalam merawat kesehatan kulit, lho. Mari simak beberapa manfaat dari tanaman tersebut lewat ulasan di bawah ini.

Baca juga: 3 Fakta Masker Mugwort termasuk Manfaatnya bagi Kecantikan

Mengenal daun pegagan

Dilansir dari Medical News Today, nama ilmiah pegagan adalah Centella asiatica. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia. Pegagan banyak digunakan untuk makanan maupun untuk tujuan pengobatan.

Sebagai anggota keluarga peterseli, pegagan adalah sumber vitamin dan mineral esensial yang sangat baik. Menurut ulasan di International Food Research Journal, 100 gram pegagan segar mengandung nutrisi sebagai berikut:

  1. Kalsium: 171 miligram
  2. Besi: 5,6 miligram
  3. Kalium: 391 miligram
  4. Vitamin A: 442 mikrogram
  5. Vitamin C: 48,5 miligram
  6. Vitamin B2: 0,19 miligram

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan kulit

Pegagan diketahui mengandung senyawa saponin triterpenoid, yang dipercaya berperan besar dalam memberikan manfaat kesehatan khususnya bagi kulit.

Karena khasiatnya tersebut, pegagan sering ditampilkan sebagai bahan utama dalam serum, krim mata, dan minyak kecantikan. Ini juga dapat dikonsumsi sebagai teh atau diambil sebagai suplemen makanan untuk menunjang kecantikan kulit.

Adapun beberapa manfaat tanaman ini untuk kesehatan kulit di antaranya adalah:

1. Menyembuhkan luka

Beberapa tinjauan studi mendukung penggunaan pegagan untuk membantu menyembuhkan luka, termasuk luka bakar. Akan tetapi sebagian besar penelitian tersebut melibatkan hewan atau luka buatan yang dibuat di laboratorium.

Ini menunjukkan bahwa ramuan daun pegagan mungkin tidak memiliki efek yang sama ketika dipakai untuk mengobati luka manusia.

Para penulis juga mencatat, bahwa kurangnya pengawasan medis dan pengetahuan tentang bagaimana pegagan dapat bereaksi dengan obat-obatan, membuat ramuan tersebut berpotensi berbahaya untuk digunakan.

Jadi ada baiknya untuk meminta pendapat dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan luka.

2. Membantu mengurangi munculnya stretch mark

Menurut sebuah review di 2013, pegagan terbukti dapat mengurangi munculnya stretch mark. Diperkirakan bahwa terpenoid yang ditemukan dalam pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Ini dapat membantu mencegah pembentukan stretch mark baru, serta membantu menyembuhkan bekas luka yang ada.

Dilansir dari Healthline, cara menggunakan daun pegagan untuk mengurangi stretch mark adalah dengan mengoleskan krim topikal yang mengandung 1 persen ekstrak pegagan ke daerah yang terkena beberapa kali sehari.

Penting untuk dicatat, bahwa kamu dianjurkan melakukan tes tempel terlebih dahulu sebelum menggunakan obat topikal apa pun, termasuk krim yang mengandung ekstrak pegagan. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko iritasi dan alergi yang membahayakan tubuh.

3. Menjaga kekencangan kulit

Senyawa saponin triternene dalam daun pegagan juga bisa membantu menjaga kulit menjadi kencang. Tak hanya itu, kandungan flavonoid di dalamnya juga dapat bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan jaringan kulit, yang sangat penting dalam menjaga elastisitas kulit dan menghasilkan cahaya awet muda.

Risiko efek samping

Meskipun efek sampingnya jarang terjadi, beberapa orang yang menggunakan pegagan mungkin mengalami sakit perut, sakit kepala, dan kantuk.

Karena pegagan dapat meningkatkan kepekaan kamu terhadap sinar matahari, penting untuk membatasi paparan sinar matahari dan menggunakan tabir surya setiap kali berada di luar ruangan.

Pegagan dimetabolisme oleh hati. Jika kamu memiliki penyakit hati, menghindari suplemen pegagan adalah cara terbaik untuk mencegah cedera maupun kerusakan lebih lanjut. Penggunaan jangka panjang juga dapat menyebabkan toksisitas hati

Karena kurangnya penelitian, suplemen pegagan harus dihindari pada anak-anak, wanita hamil, dan ibu menyusui. Tidak diketahui obat apa yang dapat berinteraksi dengan pegagan.

Baca juga: Suntik Putih, Kenali Efek Sampingnya Sebelum Mencoba

Ayo berkonsultasi kepada dokter profesional melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Medical News Today diakses pada 25 Agustus 2021

Healthline diakses pada 25 Agustus 2021

Very Well Health diakses pada 25 Agustus 2021

Derm Store diakses pada 25 Agustus 2021

    register-docotr