Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Dipencet! Ini Cara Tepat Mengobati Jerawat Meradang dan Bernanah

August 15, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Mengobati jerawat meradang dan bernanah harus dilakukan dengan tepat. Cara yang asal-asalan justru bisa menyebabkan masalah jangka panjang, lho.

Jerawat yang meradang terkadang akan berlanjut menjadi lebih parah karena menimbulkan kemerahan dan pembengkakan. Bahkan kadang menimbulkan rasa sakit dan jaringan parut permanen.

Nah, untuk mengetahui lebih lengkapnya yuk simak ulasan berikut!

Baca juga: Alat Pencet Komedo, Adakah Efek Samping Penggunaan?

Serba-serbi jerawat yang meradang

Dikutip dari Healthline, pada jerawat meradang biasanya terdapat pembengkakan, kemerahan, dan pori-pori yang tersumbat oleh bakteri, minyak, serta kulit mati. Bakteri yang serinmg menyebabkan peradangan pada jerawat disebut juga dengan Propionibacterium acnes atau P. acnes.

Jerawat yang meradang biasanya dapat terjadi pada anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Oleh karena itu, jerawat yang meradang memerlukan perawatan berbeda sesuai dengan jenisnya.

Cara mengobati jerawat meradang dan bernanah

Nah, berikut cara mengobati jerawat meradang dan bernanah yang perlu diketahui:

Perawatan dengan obat bebas

Terdapat banyak sekali perawatan obat untuk jerawat yang meradang, sehingga kamu perlu memilihnya sesuai dengan jenis kulit. Berikut tiga bahan utama yang kemungkinan besar bisa kamu temukan dalam produk obat bebas untuk mengobati jerawat meradang dan bernanah.

1. Benzoil peroksida

Salah satu bahan utama produk obat untuk jerawat meradang adalah benzoil peroksida. Bahan ini bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat yang mungkin terperangkap di pori-pori dan mampu mengurangi peradangan.

Selain itu, bahan satu ini juga bisa mengeringkan kulit sehingga penggunaannya baiknya di totol saja di bagian jerawat yang meradang.

2. Asam salisilat

Asam salisilat merupakan bahan yang memiliki efek menyeluruh dan dapat mengangkat sel kulit mati dari dalam pori-pori.

Produk dengan bahan ini bisa digunakan pada seluruh kulit, namun pastikan untuk tetap menggunakan pelembap karena dapat menyebabkan kulit kering.

3. Sulfur

Produk yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat meradang dan bernanah adalah dengan kandungan sulfur di dalamnya.

Meski seringkali digunakan untuk menangani masalah jerawat ringan dan tidak meradang.

Perlu diingat jika jerawat yang meradang tidak ada perbaikan dengan pengobatan obat bebas, baiknya konsultasikan kondisi kulitmu dengan dokter spesialis kulit ya.

Perawatan medis

Mengobati jerawat meradang dan bernanah umumnya bergantung pada gejala. Maka dari itu, dokter mungkin akan merekomendasikan satu atau kombinasi obat resep dan krim topikal.

Beberapa perawatan medis yang biasa dilakukan untuk mengatasi jerawat meradang dan bernanah, di antaranya:

1. Retinoid topikal

Retinoid merupakan turunan vitamin A kuat yang akan membantu mengangkat sel kulit mati. Selain kemerahan dan pengelupasan, retinoid juga bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV sehingga pastikan kamu juga memakai tabir surya.

2. Isotretinoin

Sama seperti retinoid, isotretinoin juga berasal dari vitamin A sehingga menjadi obat ampuh dalam mengatasi masalah jerawat yang parah. Namun, di balik itu terdapat beberapa efek samping sehingga isotretinoin harus dihindari ketika sedang hamil atau menyusui.

3. Antibiotik oral

Jika dokter kulit mencurigai adanya bakteri yang menyebabkan jerawat muncul, maka pemberian antibiotik biasanya akan dilakukan. Obat ini hanya digunakan sementara untuk mengendalikan bakteri penyebab jerawat.

Baca juga: Jaga Kesehatan Mental Selama #dirumahaja dengan Video Call, Bisa! Begini Penjelasannya!

Tips perawatan kulit untuk mencegah jerawat meradang

Tidak ada perawatan jerawat meradang yang akan berhasil jika tidak disertai dengan tips menjaga kesehatan kulit wajah. Nah, tips merawat kulit untuk mencegah jerawat meradang yakni sebagai berikut:

  • Jangan memencet atau memegang jerawat yang sedang meradang
  • Basuh wajah pagi dan malam dengan pembersih berbahan dasar gel yang lembut
  • Mandi segera setelah melakukan kegiatan yang memicu keluarnya keringat, seperti berolahraga
  • Kenakan pelembap atau alas bedak berbahan tabir surya setiap hari
  • Pilih opsi produk riasan yang bebas minyak dan non-komedogenik

Hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, pewangi, atau bahan pembersih wajah yang kasar karena dapat mengiritasi kulit dan memperburuk peradangan. Konsultasikan perawatan bersama dokter jika jerawat tidak kunjung membaik saat penanganan mandiri sudah dilakukan.

Dokter biasanya akan merekomendasikan pengobatan sesuai dengan jenis dan tingkat keparahan jerawat. Beberapa kombinasi obat mungkin akan dokter berikan untuk mengobati jerawat meradang dan bernanah sehingga tidak menyebabkan jaringan parut permanen.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medical News Today (2020), diakses 12 Agustus 2020. Inflamed acne: Causes, symptoms, and remedies
  2. Healthline (2018), diakses 12 Agustus 2020. How to Get Rid of Inflamed Acne
    Berita Terkait
    register-docotr