Kulit & Perawatan Tubuh

Jenis-jenis Makanan untuk Cegah Pertumbuhan Uban dan Jaga Kilau Rambut, Apa Saja?

February 10, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Seiring bertambahnya usia rambut akan mengalami perubahan warna. Hal ini disebabkan oleh berhentinya proses produksi melanin untuk rambut sehingga menjadi putih. Nah, warna putih ini adalah warna dari keratin, protein yang membentuk rambut. 

Secara umum, pada pria rambut beruban akan muncul pada usia 30-an. Sementara pada wanita, rambut akan mulai beruban pada usia 35-an. Namun tidak jarang rambut beruban juga muncul lebih cepat. Misalnya pada usia remaja atau anak-anak. 

Bila kamu mulai mengalami masalah rambut beruban, cobalah untuk memerhatikan asupan nutrisi karena faktanya rambut beruban dapat dicegah dengan makan nutrisi yang tepat. 

Nutrisi dan makanan untuk menghalau uban

Beberapa makanan dan nutrisi diketahui dapat mempertahankan pigmentasi rambut sehingga efektif menunda uban yang tumbuh. Asupan nutrisi ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang mengalami perubahan rambut beruban sejak usia 30 tahun. 

Jenis vitamin dan mineral di bawah ini membantu memastikan bahwa folikel rambut Anda menghasilkan pigmen (melanin) yang dibutuhkan rambut untuk mempertahankan warna aslinya.

Berikut daftar makanan untuk jaga kilau rambut dan membantu menghalau uban:

Kalsium

Bukan hanya untuk tulang, kalsium juga penting untuk meningkatkan kesehatan saraf, jantung, dan otot.  Termasuk mencegah kondisi rambut beruban. Lewat penelitian, orang dengan kadar kalsium yang rendah diketahui mengalami pertumbuhan uban lebih awal.

Supaya tidak kekurangan kalsium, kamu bisa mengonsumsi produk susu, seperti susu dan yoghurt, sayuran berdaun hijau, sereal, dan ikan.

Vitamin B12

Salah satu penyebab paling umum dari rambut beruban sebelum waktunya adalah kekurangan vitamin B12. Padahal vitamin B12 adalah nutrisi yang penting untuk metabolisme, produksi DNA, dan tingkat energi tubuh secara keseluruhan.

Berdasarkan penelitian, kekurangan vitamin B12 seringkali terjadi bersamaan dengan kekurangan asam folat dan biotin pada orang yang rambutnya mulai beruban lebih awal. 

Untuk memenuhi asupan vitamin B12, kamu bisa makan makanan seperti daging, produk susu, dan sereal.

Vitamin B9

Vitamin B9 (folat atau asam folat) juga berperan untuk menjaga kilau rambut. Nutrisi ini dapat bekerja dengan membantu tubuh memetabolisme asam amino. Di samping itu, vitamin B9 juga berperan dalam metabolisme dan fungsi DNA.

Orang yang kekurangan vitamin B9 mungkin mengalami perubahan pigmentasi pada rambut (ubanan), kulit, dan kuku.

Untuk memenuhi asupan vitamin B9, kamu perlu mengonsumsi makanan kaya folat seperti kacang-kacangan, asparagus, sayuran berdaun hijau, dan buah jeruk.

Vitamin B6

Vitamin B6 merupakan asupan penting untuk metabolisme dan kekebalan. Orang yang kekurangan vitamin B6 mungkin mengalami rambut kering, bibir pecah-pecah, hingga kelelahan.

Untuk memenuhi asupan vitamin B6, kamu bisa mendapatkannya dari banyak sumber makanan. Sumber vitamin B-6 termasuk ikan, unggas, kentang, dan buah-buahan non-jeruk.

Baca juga: Wajib Tahu Pertolongan Pertama saat Keracunan Makanan, Ini Langkahnya! 

Vitamin D

Selain dikenal baik untuk kesehatan tulang, vitamin D juga berperan untuk mencegah tumbuhnya uban.

Melalui penelitian, ditemukan bahwa orang dengan rambut beruban sebelum waktunya juga cenderung mengalami kekurangan vitamin D. Temuan ini menunjukkan bahwa nutrisi juga memengaruhi produksi melanin di folikel rambut.

Kamu bisa memenuhi asupan vitamin D dari paparan sinar matahari, serta dengan mengonsumsi makanan yang mengandung telur, ikan berlemak, dan produk yang difortifikasi.

Mangan

Mangan adalah mineral yang membantu tubuh memetabolisme zat besi dan membuat sel darah baru. Di samping itu, mangan juga berperan dalam produksi melanin. 

Tidak heran, dalam penelitian yang dilakukan tahun 2012 ditemukan bahwa tingkat mangan yang rendah dapat menyebabkan uban muncul lebih cepat. Kamu bisa memenuhi asupan mangan bisa dari konsumsi hati sapi, lentil, almond, cokelat hitam, dan asparagus.

Zat besi

Zat besi juga berperan untuk mencegah rambut beruban. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan International Journal of Trichology menemukan bahwa anak muda di bawah usia 25 tahun yang sudah beruban memiliki kadar zat besi yang rendah dalam tubuhnya. 

Asupan zat besi bisa didapatkan dari daging merah, lentil, dan sayuran berdaun hijau.

Zinc

Zinc adalah mineral yang bertanggung jawab untuk melindungi sel dan DNA sekaligus membuat protein dalam tubuh. Kekurangan asupan zinc diketahui dapat memengaruhi kesehatan rambut. Kamu bisa menemukan zinc dalam kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, dan tiram.

Selain mengonsumsi asupan makanan di atas, untuk mencegah pertumbuhan uban, kamu juga perlu berhenti merokok dan mengelola stres. Gaya hidup yang baik akan membantu meminimalkan tumbuhnya uban. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar pertolongan pertama keracunan makanan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr