Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Malas! Ini Manfaat Double Cleansing untuk Kulit Wajah

January 5, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Double cleansing jangan lagi hanya dipandang sebagai suatu aktivitas yang menyita waktu dan energi tambahan dalam membersihkan wajah. Faktanya, ada berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan teknik ini bagi kesehatan kulit wajah, lho!

Healthline bahkan menyebut kalau double cleansing ini mulai banyak digemari oleh orang banyak dalam aktivitas rutin perawatan wajah mereka. Teknik ini tidak lagi cuma dipraktikkan oleh para penggemar skin care, lho!

Apa itu double cleansing?

Jika diartikan, double cleansing adalah pembersihan ganda. Sesimpel itu pula praktik teknik ini, kamu hanya perlu menggunakan dua pembersih wajah setiap kali melakukan rutinitas perawatan wajah harian.

Yang terpenting, pembersih wajah yang kamu gunakan harus terdiri dari dua pembersih yang berbeda tipenya supaya efeknya pun menjadi maksimal. Biasanya kamu perlu menggunakan pembersih berbahan dasar minyak dan air (oil-based dan water-based cleanser).

Meskipun demikian, bisa saja kamu cukup menggunakan dua pembersih biasa atau water-based jika tidak cocok dengan pembersih oil-based.

Bagaimana cara melakukan double cleansing?

Apapun yang kamu pilih untuk membersihkan wajah, metodenya tetap sama. Oleskan pembersih oil-based ke telapak tangan dan gunakan jari untuk memijatnya secara lembut ke kulit dengan gerakan memutar sekitar satu menit.

Jangan lupakan area di sekitar mata dan batas rambut. Tidak masalah jika kamu memakai pembersih oil-based ini untuk menghilangkan kosmetik di mata selama tidak mengandung wewangian.

Setelah selesai, bersihkan cleanser dengan air agak hangat untuk mencegah dehidrasi. Lalu bersiaplah untuk mengaplikasikan pembersih kedua. 

Dalam keadaan kulit wajah masih lembap, aplikasikan cara yang sama untuk pembersih kedua ini. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting dapat menjangkau seluruh sudut wajah kamu.

Apa manfaat double cleansing?

Ada berbagai manfaat dari praktik ini. Pertama, tentu saja double cleansing ini akan bermanfaat bagi jenis kulit tertentu. 

Salah satunya adalah kulit wajah yang berminyak. Ini karena dua formula untuk membersihkan wajah secara umum akan bekerja dengan lebih efektif untuk melawan minyak berlebih daripada satu formula kuat yang dapat menyebabkan kulit terasa lebih kering.

Selain itu, manfaat lain dari teknik ini adalah sebagai berikut:

Mencegah datangnya jerawat

Pakar kesehatan kulit Annie Chiu dalam laman Byrdie menyebut teknik double cleansing sangat bermanfaat untuk mencegah penumpukan minyak dan bakteri di wajah. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari jerawat.

“Tumpukan minyak di kulit wajah dapat menyebabkan infeksi yang berujung pada timbulnya jerawat,” ucap Chiu dalam laman tersebut.

Dengan menggunakan pembersih oil-based pada awal teknik, maka kamu dapat menghilangkan debu, residu, kosmetik dan tumpukan minyak di wajah yang dapat diproduksi berlebih ketika kamu memiliki jerawat. 

Jika kamu adalah pengguna kosmetik yang tebal atau memiliki wajah yang mudah berminyak, maka double cleansing adalah metode yang tepat untuk kamu.

Memaksimalkan efektivitas produk skin care yang kamu gunakan

Melakukan double cleansing pada malam hari dapat membantu produk skincare yang kamu gunakan untuk dapat diserap dengan lebih baik. Hasilnya, kata Chiu, pori-pori kamu akan bersih dan menjadi lebih siap untuk menyerap serum dan pelembap wajah yang kamu gunakan.

Mencegah over-washing dan over-drying pada kulit wajah

Terlalu sering membersihkan wajah bisa menyebabkan over-washing, jadinya tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak yang hilang karena kebiasaan ini. Dan hal ini bisa dicegah dengan double cleansing.

“Karena over-washing bisa menimbulkan lebih banyak minyak lagi dan justru memunculkan jerawat dan iritasi,” ucap pakar kesehatan kulit Deanne Robinson, M.D.

Selain itu, Chiu dalam laman Byrdie juga menyebut teknik double cleansing bisa mencegah over-drying. “Kamu akan menyadari kalau dua langkah pembersihan akan bekerja dengan baik ketimbang menggunakan satu formula yang kuat untuk melawan over-drying,” kata dia.

Biasanya, lanjut Chiu, kulit akan menjadi lebih kering karena membersihkan wajah dari kosmetik dan mengikis kelembapan alami wajah.

Demikianlah berbagai manfaat dari double cleansing yang perlu kamu pahami. Selalu jaga kesehatan wajah kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
register-docotr