Hidup Sehat

Jangan Minder, Begini Cara Ampuh Hilangkan Bau Mulut!

September 17, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Walaupun bukan penyakit yang mematikan, tetapi bau mulut tentu sangat menganggu kehidupan sehari-hari bukan? Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi bau mulut. 

Penyebab bau mulut 

Pada umumnya orang yang memiliki bau mulut adalah mereka yang aktif merokok. Namun beberapa di antaranya juga ada yang tidak merokok, dan tetap bau mulut.

Dilansir dari East Market Dental, bau mulut ini dikenal sebagai halitosis. Bau mulut ini bisa keluar dari mulut, gigi, atau akibat masalah kesehatan yang mendasarinya. 

Bau mulut yang tidak sedap bisa menjadi masalah sementara atau kondisi kronis. Menurut American Dental Association, setidaknya 50 persen orang dewasa pernah mengalami halitosis seumur hidup mereka.

Berikut ini beberapa penyebab bau mulut melansir penjelasan dari East Market Dental

  • Kebersihan gigi yang buruk

Bakteri memecah partikel makanan yang terperangkap di gigi atau mulut. Kombinasi bakteri dan makanan yang membusuk di mulut menghasilkan bau tidak sedap.

Menyikat dan membersihkan gigi dengan benang secara teratur adalah cara tepat untuk menghilangkan makanan yang terperangkap sebelum membusuk.

  • Makanan dan minuman tertentu

Saat kamu makan bawang bombay, bawang putih, atau makanan lain dengan bau menyengat, perut akan menyerap minyak dari makanan selama proses pencernaan.

Minyak ini masuk ke aliran darah dan berjalan ke paru-paru hingga menghasilkan bau tak sedap. Selain itu, minuman dengan bau menyengat, seperti kopi, juga bisa menyebabkan bau mulut.

  • Mulut kering

Mulut kering juga dapat terjadi jika kamu tidak menghasilkan cukup air liur. Air liur membantu menjaga kebersihan mulut dan mengurangi bau.

Mulut kering bisa menjadi masalah jika memiliki kondisi kelenjar ludah yang terganggu, tidur dengan mulut terbuka, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, termasuk obat tekanan darah tinggi dan gangguan saluran kemih.

Baca juga: 7 Penyakit Akibat Kesehatan Gigi dan Mulut yang Buruk, Salah Satunya Penyakit Jantung!

Cara mengatasi bau mulut

Jika kamu mengalami bau mulut yang parah tak perlu khawatir, dilansir dari WebMD ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut. 

1. Rajin sikat gigi

Plak membuat adanya penumpukan bakteri lengket pada gigi yang menyebabkan bau mulut. Makanan yang menempel pada gigi pun juga menjadi penyebab lain bau mulut semakin parah. 

Oleh karena itu rajin sikat gigi sangat diperlukan, setidaknya dua kali setiap hari, dan bersihkan dengan benang setidaknya sekali. 

Namun, jangan berlebihan saat menyikat gigi. Jika kamu menyikat terlalu keras, hal itu dapat merusak gigi, dan membuatnya rentan terhadap kerusakan.

2. Kumur-kumur 

Selain menyegarkan nafas, obat kumur menambah perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri. Rasa mint yang segar bisa membuat mulut terasa nyaman.

Tapi pastikan obat kumur yang kamu pilih bisa membunuh kuman penyebab bau mulut. Jangan hanya menutupi baunya. Bilas setiap hari dengan obat kumur.

Kamu juga dapat menghilangkan bau mulut dengan berkumur air putih setelah makan. Cara tersebut dapat menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di gigi.

3. Bersihkan lidah 

Lapisan yang biasanya terbentuk di lidahmu bisa menjadi bakteri yang menyebbakan bau. Untuk menghilangkannya, sikat lembut lidah dengan sikat gigi.

4. Hindari makanan yang membuat nafas bau

Bawang dan bawang putih adalah penyebab utama bau muncul timbul. Zat yang menyebabkan bau tak sedap masuk ke aliran darah dan berjalan ke paru-paru.

6. Hindari permen mint setelah makan malam 

Bakteri di mulut sangat menyukai gula. Mereka menggunakannya untuk membuat asam dan menimbulkan bau mulut. Daripada mengonsumsi permen mint, lebih baik kamu mengunyah permen karet tanpa gula.

Gusi merangsang air liur, yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam plak, yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut.

7. Jaga kesehatan gusi

Penyakit gusi menyebabkan bau mulut. Bakteri berkumpul di kantong dasar gigi, yang menimbulkan bau. Jika kamu menderita penyakit gusi, dokter gigi pada umumnya akan menyarankan kamu untuk segera periksa ke periodontis, dan mengkhususkan diri dalam pengobatannya.

8. Hindari mulut kering

Kamu bisa mengalami kerusakan gigi dan bau mulut apabila tidak membuat cukup air liur. Jika mulut kering, minumlah banyak air sepanjang hari.

Cara lain kamu bisa mengunyah permen karet tanpa gula atau isap permen keras bebas gula. Coba juga humidifier di malam hari untuk melembabkan udara di rumah. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Eastmarketdental.com (2020) diakses pada 16 September 2020. WHY DOES MY BREATH SMELL SO BAD?
  2. Webmd.com (2015) diakses pada 16 September 2020. What You Can Do About Bad Breath
  3. Drmassiah.com (2020) diakses pada 16 September 2020. 4 Tips For How to Prevent Bad Breath 
    Berita Terkait
    register-docotr