Info Sehat

8 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk, Berikut Daftar Lengkapnya!

November 28, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Selain bisa meninggalkan bekas, gigitan nyamuk juga dapat menyebabkan gatal dan membangunkanmu dari tidur yang nyenyak. Alih-alih menggunakan losion pada kulit, kamu bisa membentengi diri dari serangga kecil itu dengan tanaman pengusir nyamuk.

Apa saja tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di rumah? Yuk, cari tahu jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Baca juga: Jarang Diketahui! Ini 7 Obat Nyamuk Alami yang Aman Digunakan

Daftar tanaman pengusir nyamuk

Ada banyak tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu tanam di rumah, mulai dari kelompok bunga-bungaan hingga tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bahan makanan. Berikut delapan daftar lengkap tanaman pengusir nyamuk:

1. Bunga lavender

Mengutip Healthline, bunga lavender mampu menghasilkan cairan seperti minyak yang wangi, apalagi jika ditumbuk dan dihancurkan. Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, bau-bauan tersebut cukup efektif untuk mengusir nyamuk dewasa.

Tidak hanya itu, aroma dari bunga lavender juga bisa menjauhkanmu dari nyamuk Culex yang dapat menyebabkan penyakit radang otak Japanese encephalitis.

Lavender memiliki sifat analgesik, antijamur, dan antiseptik. Artinya, selain bisa mencegah gigitan nyamuk, bunga ini dapat menenangkan kulit jika digunakan sebagai losion. Kamu bisa mengoleskannya pada lengan dan pergelangan kaki.

2. Daun kemangi

Selain menjadi pelengkap makanan, daun kemangi merupakan tanaman pengusir nyamuk yang cukup efektif. Menurut sebuah riset, minyak dari daun kemangi mampu memberi perlindungan mencapai 100 persen hingga lebih dari enam jam.

Studi lain oleh peneliti di Universitas Muhammadiyah Palembang yang terbit pada Journal of Agromedicine and Medical menjelaskan, daun kemangi dipercaya memiliki efek sebagai bioinsektisida atau racun serangga. Ini tak lepas dari kandungan senyawa aktif seperti saponin dan tanin di dalamnya.

3. Tanaman serai

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya adalah serai. Selain biasa digunakan sebagai bumbu atau pelengkap makanan, daun serai cukup efektif untuk digunakan mengusir nyamuk dewasa. Ini tak lepas dari zat aktif yang terkandung di dalamnya, seperti sitronelol dan geraniol.

Kedua zat tersebut secara alami dapat membuat daun serai mengeluarkan aroma tertentu yang tidak disukai nyamuk. Bahkan, aroma yang menusuk itu bisa membuat nyamuk mati.

4. Eukaliptus

tanaman pengusir nyamuk
Daun eukaliptus. Sumber foto: www.woodlandtrust.org.uk

Jika kamu ingin mencari tanaman hias yang bermanfaat, pilihlah eukaliptus. Tanaman rambat dengan daun menjuntai tersebut memiliki aroma yang sangat kuat, bisa menjauhkan nyamuk dari rumahmu.

Cukup letakkan pot berisi tanaman eukaliptus di dekat pintu atau jendela, sehingga nyamuk yang berada di dalam atau luar rumah akan pergi dengan sendirinya.

Dengan efektivitasnya yang tinggi, eukaliptus juga sering dijadikan komponen utama pada minyak gosok.

5. Tanaman cengkih

Tanaman pengusir nyamuk berikutnya yang bisa kamu tanam di rumah adalah cengkih. Biasa dijadikan sebagai bumbu makanan, tanaman cengkih cukup efektif digunakan untuk mengusir nyamuk dewasa.

Kebanyakan tanaman cengkih di dataran tinggi memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk.

6. Tanaman lemon balm

Biasa digunakan sebagai bahan minuman dan obat, daun lemon balm dapat berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami. Dikutip dari SF Gate, tanaman ini memiliki zat aktif bernama sitronelal yang tidak disukai nyamuk.

Oleh karena itu, selain lavender, ekstrak dari lemon balm juga kerap digunakan sebagai bahan utama dari produk losion antinyamuk. Meski tak disukai nyamuk, lemon balm memiliki aroma yang menyegarkan bagi manusia.

7. Tumbuhan catnip

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Nepeta cataria ini adalah tanaman yang disukai oleh kucing. Maka dari itu, tumbuhan tersebut diberi nama catnip.

Mengutip dari Science Mag, tanaman catnip memiliki kandungan nepetalakton, senyawa aktif seperti minyak yang cukup efektif mengusir nyamuk.

Bahkan, zat nepetalakton dipercaya lebih berkhasiat ketimbang diethyl-meta-toluamide (DEET) yang biasanya terdapat pada produk losion antinyamuk.

8. Tumbuhan zodia

Tanaman pengusir nyamuk yang terakhir adalah zodia. Menurut sebuah studi oleh peneliti di Universitas Lampung, tanaman yang memiliki nama ilmiah Evodia sauveolens ini bisa berfungsi untuk membunuh nyamuk penyebab demam berdarah.

Khasiat tersebut tak lepas dari kandungan dua senyawa aktif, yaitu evodiamine dan rutaecarpine. Jika diolah menjadi ekstrak, zodia juga bisa bermanfaat sebagai penambah stamina penderita malaria.

Nah, itulah berbagai tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu tanam di rumah. Kamu dapat menanam lebih dari satu tumbuhan di atas untuk mengusir nyamuk dengan maksimal. Selamat mencoba!

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
Berita Terkait
register-docotr